Friday, April 11, 2014

GERHANA BULAN TOTAL 15 APRIL 2014

15 comments
Assalamualaikum...

Seperti yang telah diinformasikan pada post sebelumnya, bahwa pada tanggal 15 April 2014 dipastikan akan terjadi Gerhana Bulan Total. Gerhana bulan total terjadi jika seluruh permukaan bulan masuk ke dalam umbra. Umbra yaitu bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat terjadi gerhana bulan.

Gerhana Bulan Total yang terjadi pada tanggal 15 April 2014 dapat diamati dari Indonesia bagian Tengah dan Timur pada tahap akhir fase gerhana. Dari situs BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) berikut informasi selengkapnya :

Proses Gerhana Bulan Total 15 April 2014 diilustrasikan pada gambar dibawah ini :

Ilustrasi Proses Gerhana Bulan Total 15 April 2014
sumber/hak cipta gambar : www.bmkg.co.id
Pada gambar tersebut P1, U1, U2, PUNCAK, U3, U4, dan P4 adalah fase-fase Gerhana Bulan Total 15 April 2014. Di bawah ditampilkan waktu-waktu yang berkesesuaian dengan fase-fase gerhana tersebut.

  1. Gerhana mulai (P1) : jam 11 : 52,0 WIB
  2. Gerhana Sebagian mulai (U1) : jam 12 : 58,0 WIB
  3. Gerhana Total mulai (U2) : jam 14 : 06,3 WIB
  4. Puncak Gerhana (Puncak) : jam 14 : 45,6 WIB
  5. Gerhana Total berakhir (U3) : jam 15 : 24,9 WIB
  6. Gerhana Sebagian berakhir (U4) : jam 16 : 33,3 WIB
  7. Gerhana berakhir (P4) : jam 17 : 39,2 WIB

Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana mulai (P1) ke Gerhana berakhir (P4) adalah 5 jam 47,2 menit. Adapun dari fase Gerhana Sebagian mulai (U1) hingga Gerhana Sebagian berakhir (U4) berlangsung selama 3 jam 35,3 menit. Sementara fase totalitas, yaitu dari 
Gerhana Bulan total (U2) hingga Gerhana Total berakhir (U3), berlangsung selama 1 jam 18,6 menit. 

Gambar diatas juga dapat digunakan sebagai panduan untuk mengamati gerhana Bulan Total 15 April 2014. Caranya adalah dengan mengarahkan gambar diatas ke langit dengan menyesuaikan arah mata anginnya. Adapun waktu untuk setiap fase gerhana tersebut adalah seperti yang tertulis diatas.

Gerhana Bulan Total ini dapat diamati di Afrika bagian Barat, Eropa bagian Barat, dan Samudra Atlantik saat Bulan sedang terbenam. Seluruh proses gerhana akan dapat diamati dari Amerika Selatan bagian Barat dan Amerika Utara serta Samudra Pasifik bagian Timur. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di Samudra Pasifik bagian Barat, Australia, dan Asia bagian Timur. Keseluruhan proses gerhana ini tidak akan dapat diamati dari daerah Asia, Afrika bagian Timur dan Eropa bagian Timur. 

Peta Keteramatan Gerhana Bulan Total 15 April 2014 Bagi Pengamat di Indonesia

Bagian akhir gerhana Bulan total pada tanggal 15 April 2014 ini dapat juga diamati dari wilayah Indonesia terkecuali Jawa bagian Barat, Kalimantan bagian Barat dan Sumatera. Peta keteramatan gerhana ini di Indonesia dapat dilihat lebih jelas pada gambar di bawah ini :

Peta Gerhana Bulan Total 15 April 2014 untuk pengamat di Indonesia
sumber/hak cipta gambar : www.bmkg.co.id
Garis miring bertanda U4 yang melewati Maluku menunjukkan fase Gerhana Sebagian berakhir (U4) bersamaan waktunya dengan waktu terbit Bulan di lokasi yang ditandai garis tersebut. Sementara Garis miring bertanda P4 yang melewati Jawa dan Kalimantan menunjukkan proses Gerhana berakhir (P4) bersamaan waktunya dengan waktu terbit Bulan di lokasi yang ditandai garis tersebut. 

Sebagaimana terlihat pada gambar peta keteramatan gerhana Bulan total 15 April 2014 diatas, pengamat di Papua dan sebagian besar Maluku bagian Timur akan mendapati Bulan sedang berada dalam fase Gerhana Bulan Sebagian pada saat Bulan terbit. Untuk selanjutnya pengamat di daerah ini akan mengamati gerhana hingga selesai. 

Sementara pengamat di Maluku bagian Barat, Sulawesi, Nusa Tenggara, sebagian Besar Kalimantan bagian Timur dan Jawa bagian timur akan mendapati Bulan berada dalam fase Gerhana Bulan Penumbra hingga berakhirnya gerhana ini pada pukul 17 : 39 : 12 WIB. 

Adapun pengamat di Jawa bagian Barat, Kalimantan bagian Barat dan Sumatera tidak dapat mengamati Gerhana Bulan Total 15 April 2014. Ini mengingat proses gerhana sudah berakhir pada saat Bulan terbit di wilayah tersebut.

Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

===================================================================================

Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah bukti tanda-tanda kekuasaan Allah. Sesungguhnya keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang, dan tidak pula karena hidupnya seseorang. Oleh karena itu, bila kalian melihatnya, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalat dan bersedekahlah.”

15 comments :

  1. Selamat Malam Mbak Dee, berita yang penting nih Mbak
    Masih jauh hari berita tentang Gerhana bulan diartikel
    Mbak ini sudah disiarkan, sangat bermanfaat untuk saya
    Ketahui nih Mbak. makasih atas infonya salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang saud, padahal belum terpikirkan oleh saya neh info,dan juga belum begitu banyak orang yang menceritakan hal ini, tetapi sudah dibahas disini,,
      mantaf dah..

      Delete
  2. wah beritanya bagus ya, harus liat ni besok?

    ReplyDelete
  3. nah kan, saya malah baru tau. saya akan saksikan besok insya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mass zachh jawa bagian barat ga keliatan gerhananya. Terus mau menyaksikan apaa?

      Delete
  4. Pas di Indonesia, kejadiannya siang ya,,, kurang jelas dong

    ReplyDelete
  5. Gerhana BULAN nya terjadi SIANG HARI, padahal pada tanggal-tanggal tersebut bulan akan selalu kelihatan penuh (besar) dimalam hari. Gimana penjelasannya?

    ReplyDelete
  6. wah sebentar lagi ada pemandangan menakjubkan nih...subhanallah

    ReplyDelete
  7. Moga2 ga mendung y.
    Biar bisa melihat gerhana bulan total walaupun cuma sisanya ajj.

    xi..xi..xi...

    ReplyDelete
  8. Oh yeaa... ane besok mau liat juga. ah.
    ane jawa tengah, atas ane bang @haikal nggak bisa liat.. xixixixi kacian deh luu.. :v :D

    ReplyDelete
  9. Yah daerah ane gak bisa ngeliat gan, padahal penasaran banget nih, kan katanya bulan itu jadi berwarna merah. Soalnya ane ada di kalimantan.

    ReplyDelete
  10. bakalan ramai nih ya sob, tapi tempat saya mendung sob kayakna gk bisa keliatan bulanya :D

    ReplyDelete
  11. aduh aku ketinggalan berita nih , jadi gerhana nya kemarin ya mba

    ReplyDelete
  12. pasti beruntung nih yg bisa nyaksiin langsung fenomena alam ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak... dan saya, adalaha termasuk orang yang gak beruntung T_T
      karena tinggal di Jawa barat....

      Delete