GERHANA MATAHARI CINCIN 29 APRIL 2014

Assalamualaikum... Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak  semua cahaya Mata...

Assalamualaikum...

Gerhana Matahari adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahaya Matahari sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Matahari Cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. 

Animasi Gerhana Matahari Cincin
Credit : Jeff Teng
Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Fase-Fase Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014
Menurut perhitungan secara astronomi, pada tanggal 29 April 2014 diprediksi akan terjadi Gerhana Matahari Cincin. Adapun waktu fase-fasenya adalah sebagai berikut :

  • Gerhana mulai (kontak pertama dengan Bumi) : jam 03 : 52,6 UT
    atau jam 10 : 52,6 WIB
  • Gerhana Sebagian mulai : jam 04 : 31,7 UT
    atau jam 11 : 31,7 WIB
  • Gerhana Cincin mulai : jam 05 : 58,2 UT
    atau jam 12 : 58,2 WIB
  • Gerhana Cincin berakhir : jam 06 : 08,9 UT
    atau jam 13 : 08,9 WIB
  • Gerhana Sebagian berakhir : jam 07 : 35,3 UT
    atau jam 14 : 35,3 WIB
  • Gerhana berakhir (kontak terakhir dengan Bumi) : jam 08 : 14,4 UT
    atau jam 15 : 14,4 WIB
Keteramatan Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014 di dunia dan di Indonesia.
Wilayah di permukaan Bumi yang dapat menyaksikan gerhana Matahari cincin ini adalah di Antartica. Sementara di selain wilayah tersebut, gerhana ini dapat juga dilihat di Indonesia bagian Selatan, Australia, Samudra 
Hindia bagian Selatan, dan Antartika berupa Gerhana Matahari Sebagian. Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan gambar peta dibawah :
Peta Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014 di dunia
Sumber dan Hak Cipta Gambar : BMKG 
Indonesia
Beberapa daerah di Indonesia yang dapat digunakan sebagai lokasi untuk mengamati gerhana ini adalah daerah Yogyakarta, Jawa Timur bagian Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Di semua daerah ini, gerhana yang teramati adalah berupa Gerhana Matahari Sebagian. Peta keteramatan gerhana ini di daerah-daerah tersebut ditampilkan pada gambar berikut :

Peta Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014 di Indonesia
yang akan termati berupa Gerhana Matahari Sebagian
Adapun waktu teramatinya kejadian Gerhana Matahari Cincin 29 April 2014 untuk beberapa kota di Indonesia dapat dilihat pada tabel dibawah ini :


Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



You Might Also Like

14 Comments