Selamat Hari Buku Sedunia, 23 April 2014

Assalamualaikum... Selamat Hari Buku Sedunia!!! Iya betul, hari ini tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Hari...

Assalamualaikum...

Selamat Hari Buku Sedunia!!!

Iya betul, hari ini tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia.
Hari Buku Sedunia atau World Book Day ini dirancang oleh UNESCO sebagai sebuah perayaan buku dan literasi yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia pertama kali melaksanakannya di tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca. Jadi, tahun 2014 ini merupakan kali ke-8 Indonesia memperingati Hari Buku Sedunia.

Bagaimana awalnya hingga tanggal 23 April terpilih sebagai Hari Buku Sedunia? Mungkin ada yang bertanya seperti itu....?
Begini ceritanya... Tanggal 23 April merupakan tanggal simbolik untuk dunia sastra. Mengapa? Karena pada tanggal yang sama di 398 tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 1616, Cervantes, Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega semuanya meninggal dunia. Tahu dong siapa mereka? Iya... mereka adalah para sastrawan dunia yang karya-karyanya tak lekang oleh waktu. 

Selain itu, tanggal 23 April juga merupakan tanggal lahir dan meninggalnya penulis terkemuka lainnya seperti Maurice Druon, K. Laxness, Vladimir Nabokov, Josep Pla dan Manuel Meijia Vallejo. 

Pemilihan tanggal tersebut merupakan pilihan UNESCO. Lebih tepatnya lagi yaitu pada tahun 1995 melalui Konferensi Umum UNESCO di Paris diputuskanlah tanggal 23 April sebagai World Book Day. Tujuannya untuk mendorong setiap orang (khususnya para kaum muda) untuk menemukan kesenangan dalam membaca, dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengarang-pengarang besar yang telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan sosial dan kultural manusia. 

Nah, oleh karena itulah, tanggal 23 April terpilihlah sebagai Hari Buku Dunia.

Lalu, bagaimana perayaan Hari Buku Sedunia di Indonesia dan di negara-negara lainnya pada tahun ini? Saya sendiri gak tahu banyak, lagi full stay at home... Tapi sepertinya, kalau ngintip di sosmed dan internet ada banyak bentuk perayaan seru terkait Hari Buku Sedunia ini di luar sana...

So... for all booklover in the world, happy World Book Day!!!

Yukkk.... jadikan hari ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan lagi minat baca kita. Jadi ingat qoute-nya salah satu penulis Indonesia, Asma Nadia : "Buku tak hanya sebagai pengisi waktu luang. Judul yang tepat bisa membantumu mengubah keadaan dan masa depan"

Bagi saya sendiri, sebuah buku dengan berbagai variasi cerita dan informasi yang tertulis didalamnya, merupakan teman yang sangat menyenangkan. Karena seorang teman bisa datang dan pergi begitu saja, tetapi menurut saya, sebuah buku tidak akan pernah begitu...
Entahlah itu adil atau tidak, karena membandingkan seorang teman dengan sebuah buku, hehehe... *peace*

Oh iya, ini sebagian dari koleksi saya, yang sudah saya baca ^_^


And now... i'm currently reading Pride and Prejudice by Jane Austen. Kalau kamu... lagi baca buku apa? ada penulis favorit? Siapa...?? share dong di kotak komentar... Terima kasih sebelumnya.

Wassalamualaikum... Wr.Wb

You Might Also Like

11 Comments