Monday, May 5, 2014

5 - 7 Mei 2014, Puncak Hujan Eta Aquarids

4 comments
Assalamualaikum...

Hujan Meteor Eta Aquarids
Hujan Meteor Eta Aquarids, merupakan satu dari dua hujan meteor yang diketahui berulang setiap tahunnya sebagai akibat dari perjalanan Bumi yang melintasi debu Komet Halley. Hujan meteor lainnya yang juga terjadi ketika Bumi melintasi komet Halley adalah hujan meteor Orionids yang terjadi di bulan Oktober.

Darimana diketahui bahwa Hujan Meteor Eta Aquarids akan aktif di akhir April dan awal bulan Mei?
Dimulai pada tahun 1863 ketika H.A. Newton menelaah waktu hujan meteor kuno. Ia kemudian menyimpulkan serangkaian periode yang perlu diperhatikan oleh para pengamat. Di antaranya adalah periode 28 – 30 April yang ternyata memiliki penampakan hujan meteor di tahun 401 AD, 839 AD, 927 AD, 934 AD, dan 1009 AD.

Secara resmi, hujan meteor Eta Aquarids ditemukan pada tahun 1870 oleh Letnan Kolonel G. L. Tupman saat sedang berlayar di laut Mediteranian. Saat itu ia melihat dan mencatat 15 meteor yang tampak pada tanggal 30 APril da 13 meteor lagi pada tanggal 2 dan 3 Mei.   Selain Tupman, W.F. Denning yang menelaah kembali catatan Italian Meteoric Association, menemukan adanya catatan dari pengamatan 45 meteor dari tanggal 29 April – 5 Mei 1870. Hujan meteor ini akhirnya dikonfirmasi sebagai hujan meteor tahunan terjadi setahun kemudian pada tanggal 29 April 1871 saat Tupman kembali mencatat kemunculan 8 meteor.

Pengamatan Eta Aquarids memang jarang, namun di sepanjang tahun 1876, A.S Herschel menemukan sumber si hujan meteor yang kemudian menarik minat para pengamat. Dari hasil perhitungannya Herchel menemukan kalau komet Halley yang pada tanggal 4 Mei berada dekat dengan Bumi. Setelah melakukan analisa pada pengamatan Tupman di tahun 1870 dan 1871 ia menemukan kalau prediksinya sesuai.

Pengamatan Hujan Meteor Eta Aquarids Mei 2014
Dibulan Mei 2014 ini hujan meteor Eta Aquarids akan menyapa kita saat bulan sedang mencapai bulan separuh atau kuarter pertama, sehingga pengamatan hujan meteor akan dapat maksimal dilakukan, karena tidak ada cahaya Bulan di malam hari yang akan mengganggu pengamatan. 

Hujan Meteor Aquarids ini merupakan hujan meteor berkala yang terjadi sejak 19 April hingga 28 Mei 2014. Sedangkan saat puncaknya akan terjadi pada hari Selasa, 6 Mei 2014 dengan intensitas 60 meteor setiap jam nya. Dengan titik radiant berada di konstelasi Aquarius, observasi meteor disarankan pada saat dini hari mulai pukul 02.00 WIB.

Dimulai pada malam tanggal 5 Mei 2014 hingga 7 Mei 2014, kita bisa mengamati Puncak Hujan Meteor Eta Aquarid.

Rasi bintang Aquarius
Screenshot Stellarium dengan pengaturan :
Waktu : 6 Mei 2014 jam 02:00 WIB dini hari
Lokasi : Sumedang - Jawa Barat - Indonesia
Hujan meteor kali ini terlihat di rasi bintang Aquarius. Terbitnya di Timur saat tengah malam hingga pagi menjelang. Hujan meteor ini bisa diamati di SELURUH WILAYAH INDONESIA dan bisa diamati dengan Mata Telanjangtanpa perlu bantuan teleskop/binokuler.

Wishing you clear Skies!!!

Wassalamualaikum... Wr.Wb



Referensi :
Forum Astronom Amatir Indonesia,
Time and Date/2014 Eta Aquarids meteor shower,
Wikipedia/Eta Aquariids

4 comments :

  1. Di desa saya belum pernah ada dan melihat hujan meteor
    itu Mbak De,, seperti apa yah jenis hujanya.? tapi jangan deh hhehhe

    ReplyDelete
  2. jadi pengen liat teh, tapi waktunya jam berapa yah kira2 biar bisa liat hujan meteor ..

    ReplyDelete
  3. Wah di Pulau Dollar kox belum tampak y ...

    ReplyDelete
  4. wah saya gk sempat menyaksikan nih, sayang banget...

    ReplyDelete