Monday, May 26, 2014

Buku "Dibawah Bendera Revolusi" Jilid Kedua Karya Ir. Soekarno

34 comments
Assalamualaikum...

Kaget, Senang dan Terharu.
Itu yang saya rasakan saat saya tahu, bahwa salah satu buku yang saya koleksi termasuk buku langka. Dan bahkan katanya (info dari salah seorang teman dan searching di Google) bernilai puluhan hingga ratusan juta!!!

Waww, Subhanalah...!!!
Kaget, karena saya sama sekali tidak menyangka kalau buku pemberian dari Almarhum Kakek saya itu termasuk buku langka yang di tangan para kolektor buku antik/langka saat ini, buku tersebut dihargai dengan harga jual mulai dari Rp. 5 juta hingga diatas Rp. 100 juta bahkan lebih (sesuai dengan kondisi buku dan tahun terbit). Senang, pastinya karena meskipun saya juga sangat suka dengan yang namanya buku (berbagai genre) dan meskipun saat ini saya sedang mulai berburu buku-buku langka juga, tapi... kalau harus mengeluarkan uang lebih dari Rp. 5 juta untuk membeli sebuah buku, rasanya saya belum bisa. Jadi sangat senang dan bersyukur sekali bisa memiliki buku tersebut tanpa harus membelinya. Terharu, tentu saja... karena saya menjadi salah satu pemilik buku langka tersebut. Dimana saat ini, buku tersebut juga sedang dicari-cari oleh mereka para pecinta dan kolektor buku langka. Sekali lagi, saya sangat bersyukur bisa memiliki buku itu tanpa harus bersusah payah untuk mendapatkannya seperti para kolektor buku langka diluar sana, Alhamdulillah... ^_^

Buku yang saya maksud adalah buku yang berjudul :

"Dibawah Bendera Revolusi" 
jilid kedua cetakan kedua karya sang proklamator kita, Ir. Soekarno. 




Bukunya udah tanpa kotak dan cover selimut, karena saat buku itu diberikan kepada saya, kondisi kotak dan cover selimutnya terlihat sangat memprihatinkan, hingga terpaksa kotak dan cover selimutnya itu dibuang aja... nyesel sih sekarang, hihi... 

Secara keseluruhan, buku "Di Bawah Bendera Revolusi" ini menghimpun tulisan-tulisan Bung Karno di masa penjajahan Belanda. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1959.

Menurut informasi yang saya dapat, sampai akhir tahun 1965, buku "Dibawah Bendera Revolusi" yang sudah beredar luas terdiri dari dua jilid. Nah, berhubung saya tahunya tentang jilid kedua saja dan gak tahu menahu tentang jilid kesatunya, jadi saya akan ceritakan sedikit tentang isi dari jilid keduanya saja ya...

Buku "Dibawah Bendera Revolusi" jilid kedua yang juga merupakan cetakan kedua penerbit Panitya tahun 1965 ini, terdiri dari 598 halaman, memuat 20 pidato kenegaraan Bung Karno setiap tahun dalam rangka memperingati 17 Agustus sejak tahun 1945 sampai 1964.


Ke-20 pidato Bung Karno tersebut adalah :
  1. 17 Agoestoes 1945
  2. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!
  3. Rawe-rawe rantas, malang-malang putung!
  4. Seluruh Nusantara Berdjiwa Republik!
  5. Tetaplah bersemangat Elang Radjawali!
  6. Dari Sabang sampai Merauke!
  7. Tjapailah tata-tentram, kerta rahardja
  8. Harapan dan Kenjataan
  9. Djadilah alat sedjarah!
  10. Berirama dengan kodrat
  11. Tetap terbanglah Radjawali!
  12. Berilah isi kepada hidupmu!
  13. Satu tahun ketentuan (A year of Decision)
  14. Tahun tantangan (A year of Challenge)
  15. Penemuan kembali Revolusi kita (The Rediscovery of our Revolution)
  16. "Laksana Malaekat jang menjerbu dari langit", djalannya revolusi kita!
  17. Re-So-Pim : Revolusi - Sosialisme Indonesia - Pimpinan Nasional
  18. Tahun Kemenangan
  19. Genta Suara Republik Indonesia
  20. Tahun "Vivere Pericoloso"
Dalam kata pendahuluan buku jilid kedua yang diterbitkan pada tanggal 20 Agustus 1964, ketua Panitia Penerbit Dibawah Bendera Revolusi, H. Mualliff Nasution (pembantu terdekat Bung Karno), menulis antara lain sebagai berikut :

"Seiring dengan tekad bangsa Indonesia untuk mengganyang terus proyek Neo-Kolonialis "Malaysia", khusus untuk jilid kedua ini dihimpun 20 buah pidato 17 Agustus dari Presiden Soekarno, dengan maksud bukan sekadar untuk memudahkan penelitian dan peninjauan kembali jalannya Revolusi Indonesia serta bahan perbandingan kemajuan antara babak yang satu dengan lainnya, tetapi dengan maksud utama, adalah agar himpunan 20 pidato 17 Agustus ini, tetap memberi api baru - memberi dorongan dan kekuatan baru - bahkan menjadi pusaka keramat untuk menjadi bimbingan yang menyeluruh ke arah tujuan Revolusi Indonesia, yaitu terbentuknya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Himpunan 20 buah pidato 17 Agustus ini, bukan hanya sekadar untuk penghias lemari-buku dan memperkaya khasanah perpustakaan dengan sebuah buku yang bernilai dokumenter yang menjadi sumber bagi penulisan sejarah Revolusi Indonesia, tetapi adalah agar menjadi pegangan hidup yang senantiasa segar - menjadi sumber ilham yang tiada kering-keringnya - baik bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang, demikian pula agar menjadi bahan penelitian ilmiah bagi ahli politik, ahli sosiologi, ahli hukum dan lain sebagainya.

Karena itu, persembahan himpunan 20 buah pidato 17 Agustus ini kepada rakyat Indonesia, adalah dengan maksud agar kita semua mempunyai pegangan yang sama menggerakkan Revolusi Indonesia menuju kemenangan"

Dalam merenungkan pengalaman selama Orde Baru, bagi banyak orang pada masa itu, terasa sekali terjadi kekosongan kepemimpinan moral yang berbobot dan kekosongan guru bangsa yang bisa menjadi sumber ilham perjuangan. Dengan tetap menghormati sejumlah tokoh di berbagai bidang yang berhak untuk mendapat penghargaan dan penghormatan, maka patutlah diakui bersama bahwa Bung Karno, bagaimana pun juga, adalah pemimpin bangsa yang terbesar selama dan hingga saat ini. Ia besar bukan hanya berkat pandai berpidato atau mengobarkan semangat banyak orang, melainkan (dan, bahkan, terutama sekali) berkat kebesaran ajaran-ajarannya. Dan sebagian besar dari ajaran-ajarannya yang penting itu terhimpun dalam buku "Dibawah Bendera Revolusi".

Nah, adakah diantara yang sedang membaca tulisan ini, yang juga mempunyai buku tersebut?, kalau boleh saya sarankan... simpan baik-baik ya bukunya, karena apapun itu, termasuk buku-buku kuno/lama/antik/langka itu, apalagi yang mengandung nilai sejarah tidak bisa dihargai dengan nilai Rupiah tertentu.

Oh iya, saya lagi berusaha banget nabung buat beli buku jilid kesatunya lho... Udah ada inceran, kondisinya terlihat masih sangat mulus lho... tapi harganya agak lumayan sih... mudah-mudahan aja bisa kebeli, tapi kalau ada yang mau ngasih gratis, boleh bangeeett, hehehe...

Wassalamualaikum... Wr.Wb.

34 comments :

  1. Waww.. bukunya jadul tapi keren, sampai bernilai puluhan juta. anda termasuk orang beruntung kak ade. xixixi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget Dian, hehehh... iya Alhamdulillah :)

      Delete
    2. hehehe.. sip sip mantap :D

      Delete
  2. wah selamaat ya kak ade :) maaf baru bisa bw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, selamat untuk....?,
      it's okay, tidak apa-apa, hehe :D

      Delete
  3. Saya punyanya buku Matematika SMA tahun 1998/1999. Lumayan tebal sih, tapi tidak termasuk buku kuno kali ya, karena mungkin masih banyak dicari di blauran surabaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.... bisa juga jadi buku kuno itu, 3000 tahun mendataaang, ehehee :D

      Delete
  4. pernah punya buku ini waktu jaman kuliah dulu, masih pake ejaan lama tp sayang hilang di pinjam teman2 dan tak kembali lagi. hiks.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cetakan pertama mungkin ya, kalau masih pakai ejaan lama, sayang sekali ya hilang :(

      Delete
  5. aq punya ne yang djilid pertama cetakan kedua.. ada yang berminat membeli?? hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh pengen, mba... dijual berapa ya...? hehee....

      Delete
  6. Aku punya tuh mba, djilid 1 1965. Hehe. Mgkin ada yg minat, drpd gak keurus dirumah. 081229346866

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh... mau, eh no nya aku save ya :D
      thank you infonya :)

      Delete
  7. saya punya buku dibawah bendera revolusi tahun 1964 dan 1965..
    jika ada yang berminat hub..082185668598

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dihubungi mba Novita nya, itu ada no kontaknya :D

      Delete
  8. Raditya, noviana, brapa harga boleh sya dapat buku anda? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berbagi info, sesama kolektor buku DBR ^_^
      Coba hubungi no kontaknya masing-masing, mas Koesno....

      Delete
  9. Saya juga ada buku DBR jilid 1 cetakan ketiga dan jilid 2 cetakan kedua.. jika minat serius silahkan hub 085740985688

    ReplyDelete
  10. saya juga ada buku DBR jilid Pertama Cetakan ke Empat tahun 1965, yg berminat bisa hubungi saya 083875911955

    ReplyDelete
  11. dijual 2,5 juta az... buat tambah2 usaha. lokasi di Jakarta timur

    ReplyDelete
  12. Saya punya. Tapi dah dikasi ke bupati :( .. sesama perjuangan marhenisme di masa orba

    ReplyDelete
  13. saya lelang buku dibawah bendera revolusi (DBR) tahun 1959. jilid pertama, cetakan pertama.
    minat. hub. 081357584500
    wilayah malang

    ReplyDelete
  14. sya punya buku DBR jilid pertama cetakan ketiga thn 1964, sama buku karangan Ir.Soekarno yg brjudul Sarinah cetakan ketiga thn 1963,. minat hubungi 082214131313

    ReplyDelete
  15. Saya mau jual buku DBR Djilid Pertama Tjetakan Kedua tahun 1963,kirakira laku berapa ya??

    Yang minat langsung ajj invite pin saya 52D76903 no telp 0897 9727 988

    Thanks ..

    ReplyDelete
  16. Saya punya buku Di Bawah Bendera Revolusi ini...
    tahun 63 dan 64... keduanya jilid satu....
    Harga masing2 Rp. 600.000 free ongkir se Jawa Bali

    ReplyDelete
  17. Sy jg punya buku DBR oleh Ir. Soekarno Djilid pertama, tjetakan kedua th. 1963 peninggalan ortu...

    ReplyDelete
  18. Aku jg pnya satu jilid kedua..
    Ternyata buku bukan merupakan buku langka

    ReplyDelete
  19. saya baru mengetahui kalau soempah pemoeda adalah the project of big java..dan buku yang mendeskripsikan verelendungs theory beserta neerweed..wow ini fakta

    ReplyDelete
  20. Anepunya jilid 1 dan 2 cetakan asli tahun 1964 barangkali ada yang minat wa ke 082338703419 ane jual dengan berat hati Rp. 5.000.000,-

    ReplyDelete
  21. Untung udah pnya jilid 1 sama 2. Gratis lagi. Sama saya jga dri kakek saya trus ke papa saya. Baru ke saya. Hehe turun temurun getohh. Kondisi jga msih baguss. Sekarang aja lgi baca jilid prtama

    ReplyDelete
  22. sy punya DBR jilid pertama cetakan kedua 1963, asli & masih mulus. serius hub 082244665999

    ReplyDelete
  23. Banyak cita-cita besar Bung Karno yang tidak kesampaian, keburu lengser

    ReplyDelete