Monday, June 30, 2014

Alhamdulillah, Ramadhan lagi...

6 comments
Assalamualaikum...

Ramadhan tiba, Ramadhan tiba...
Marhaban ya Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan... #nyanyi, hihihi....

Alhamdulillah... Ramadahan sudah tiba!!!
Semua umat muslim di seluruh penjuru dunia berbahagia, karena bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan maghfirah, bulan yang oleh Rasulullah SAW dalam khutbah beliau menyambut Ramadhan disebut sebagai bulan yang paling mulia di sisi Allah SWT.

Dan salah satu nikmat terbesar yang Allah SWT berikan adalah nikmat usia hingga sampai pada usia kita saat ini, sehingga bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadahan tahun ini.

Hari ini, Senin, 30 Juni 2014... buat aku merupakan hari kedua dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun 1435 Hijriah ini. Ehh, mungkin ada diantara yang sedang membaca tulisan aku ini, yang pada hari ini merupakan hari ketiga ibadah puasa nya? Tak apa-apa, menurut aku tak usah kita risaukan, permasalahkan dan tak usah kita perdebatkan mengenai perbedaan awal Ramdahan kemarin itu. Kita berdoa saja, semoga suatu hari nanti, In Syaa Allah seluruh umat Islam di Indonesia bisa kompakkan baik itu dalam memulai Ramadhan maupun pada saat merayakan hari Raya Idul Fitri... ^_^

Oh iya tadi malam, baca-baca buku yang membahas tentang puasa dan menemukan tiga hadits ini, tapi pastinya udah banyak yang tahu dan hafal juga ya... :
"Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah SWR berkata: ‘Kecuali puasa, maka AKU yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena AKU’.” (HR. Muslim)

Di antara waktu di mana doa tidak tertolak adalah ketika sedang berpuasa, sebagaimana sabda Rasulullaah saw. “Ada tiga orang yang tidak tertolak doanya; seorang yang berpuasa sehingga berbuka, seorang pemimpin yang adil, seorang yang terdzalimi" (HR. Ibnu Hibbân).

"Barangsiapa yang di dalamnya (bulan Ramadhan) memberi ifthar kepada orang berpuasa, niscaya hal itu menjadi (sebab) ampunan dari dosa-dosanya, dan pembebasan dirinya dari api neraka." (HR. Ibnu Khuzaimah)

Selain itu, banyak ahli kesehatan yang meneliti tentang manfaat puasa, dan  menemukan bahwa puasa memberi banyak manfaat salah satu diantaranya adalah kesehatan pencernaan. Selain kesehatan fisik, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan batin, membangkitkan kekuatan dan ketakwaan hati, juga ketundukan kepada Allah SWT.

Nah, mumpung sisa dari hari-hari Ramadhan tahun ini masih membentang panjang, sekitar 3 mingguan lebih lagi... mari tingkatkan ibadah dan tebalkan iman. Tapi tentunya... bukan hanya berpuasa, tapi juga ibadah-ibadah lain seperti tilawah Al Qur'an, shalat tarawih, bersilaturahmi dengan saudara-saudara sesama muslim, dan ibadah-ibadah sunnah lainnya. 

Mudah-mudahan kita dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya.

Finally... Wish you happy Ramadhan and Happy Fasting for you all moslems people in the Earth!!!

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

6 comments :

  1. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Teh Ade :)
    Mohon maaf Lahir dan Bathin yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama... pak Eka, mohon maaf lahir dan batin juga, selamat menunaikan ibadah puasa... :)

      Delete
  2. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa teh Ade

    saya setuju untuk meningkatkan ibadah puasa ditahun ini, yuk sama - sama tingkatkan ibadah dan tebalkan iman

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuhun, mamang :)
      aamiin... semoga segala sesuatunya penuh berkah, diridhoi Allah SWT, dan doa-doa baik kita juga diijabah allah SWT :)

      Delete
  3. Semoga lancar ibadah puasannya :)

    ReplyDelete