Animasi Gerak Planet-Planet dalam Tata Surya

Assalamualaikum... Planet Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasi...

Assalamualaikum...

Planet
Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya.

Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu planetai, yang berarti pengembara. Hal ini disebabkan kedudukan planet terhadap bintang tidaklah tetap. Planet adalah benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan, dan beredar mengelilingi bintang (Matahari). Sebagian besar planet mempunyai pengiring atau pengikut yang disebut Satelit yang beredar mengelilingi planet.

Planet Dalam dan Planet Luar
Planet dalam Tata Surya dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Planet Dalam (Inner Planets) dan Planet Luar (Outer Planets).

Planet Dalam (Inner Planets) adalah planet-planet yang orbitnya di sebelah dalam lintasan asteroid. Termasuk kedalam kategori ini adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Planet Dalam (Inner Planets) dalam sistem Tata Surya kita
dari kiri ke kanan : Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
Credit: Lunar and Planetary Institute

Planet Luar (Outer Planets) adalah planet-planet yang orbitnya disebelah luar lintasan asteroid. Termasuk kedalam kategori ini adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Planet Luar (Outer Planets) dalam sistem Tata Surya kita.
dari kiri ke kanan : Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus
Credit: Lunar and Planetary Institute
 

Animasi Gerak Planet-Planet dalam Tata Surya
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. 

Animasi gerak planet memberikan gambaran kepada kita bagaimana planet bergerak. Animasi ini memudahkan kita untuk mengetahui bagaimana planet bergerak dan sekaligus memperhatikan waktu rotasi setiap planet.

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa terdapat dua kategori planet yang dikelompokkan dengan lintasan Asteroid sebagai pembatas, yaitu planet dalam (inner planets) dan planet luar (outer planets). Begitu pula dengan animasi planet berikut ini, akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu planet dalam dan planet luar. 

Animasi gerak Planet Dalam (Inner Planets) berada pada file dibawah ini, silahkan klik :

dan animasi gerak planet Luar (Outer Planets) berada pada file dibawah ini, silahkan klik :

Pada simulasi diatas akan ditemukan gerak 8 planet yang dibagi menjadi 2 bagian. Kita dapat mengetahui jejak planet dan waktu yang kita butuhkan untuk mendapatkan satu putaran penuh pada setiap planet.

Untuk membuka dan menggunakan program file animasi gerak planet dari kedua link diatas hanya membutuhkan program Windows Media Player Classic.

Nah, jadi untuk mengetahui dan mengamati gerak planet-planet dalam Tata Surya kita ini, gak perlu repot-repot pergi ke luar angkasa... Cukup dengan menggunakan kedua program file animasi diatas.

Wassalamualaikum... Wr. Wb. 

You Might Also Like

22 Comments