Wednesday, July 2, 2014

Lama Waktu Berpuasa di Negara-Negara Lain dibelahan Dunia pada Tahun 2014

10 comments

Assalamualaikum...

Bagi umat muslim, ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan adalah wajib hukumnya. Ada yang unik dari ibadah ini, yakni perbedaan durasi waktu menjalankan ibadah puasa di berbagai negara. 

Mengapa demikian? 

Perputaran Bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah lurus melainkan miring. Hal ini menyebabkan dalam waktu tertentu (Maret - September), negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan, dan di waktu yang lain (Oktober - Februari) negara-negara dibelahan bumi selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara.

Nah, berhubung pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan tahun 2014 ini jatuh pada bulan Juli, dimana posisi Matahari mengalami penyinaran penuh pada belahan bumi bagian Utara, karena poros bumi bagian utara condong ke arah matahari sedangkan bumi bagian selatan condong menjauh dari Matahari, akibatnya negara-negara belahan utara mengalami puasa lebih panjang, sedangkan belahan Selatan jauh lebih singkat.

Untuk Indonesia waktu puasa cukup standar dan tidak berubah cukup jauh antara 12-13 jam walaupun di bulan-bulan lain. Pada Bulan Juli ini negara yang paling singkat waktunya melakukan puasa adalah negara Chile sekitar 9 Jam mulai dari pukul 05.30 - 15.00, sedangkan negara terlama waktu puasanya adalah Norwegia, Swedia, dan Finlandia sekitar 21 jam mulai dari pukul 03.20 - 23.20.

Berikut lama waktu puasa di negara-negara lain dibelahan dunia pada tahun 2014 :

Turki : 16 jam, Suriah : 16 jam, Lebanon : 16 jam, Palestina : 15 jam , Irak : 15 jam,

Bahrain : 15 jam , Kuwait : 15 jam , Qatar : 15 jam , Arab Saudi : 15 jam,

Uni Emirat Arab : 14 jam, Maroko : 16 jam, Tunisia : 16 jam, Aljazair : 16 jam

Libia : 16 jam, Mesir : 16 jam, Italia : 17 jam , Yunani : 17 jam, Spanyol : 17 jam

Portugal : 17 jam, Prancis : 17 jam ,  Swedia : 20 jam, Denmark : 20 jam

Luksemburg :17,5 jam,  Rusia : 20 jam, Ukraina : 17 jam, Belanda : 17 jam

Belgia : 17 jam, Swiss : 17,5 jam, Austria : 17,5 jam, Brasil : 9,5 jam

Argentina : 9 jam, Afrika Selatan : 10 jam, Afrika Barat : 13,5 jam

Islandia : 21 jam, Jerman : 20 jam, Polandia : 20 jam, Inggris : 20,5 jam

Norwegia : 20 jam, Finlandia : 20 jam, Australia : 9,5 jam, Kanada : 19 jam

AS : 20 jam, Selandia Baru : 9,5 jam, Indonesia : 12 jam, Malaysia : 12 jam

India : 12 jam, Afghanistan : 17 jam, Iran : 17 jam,

Untuk daerah Kutub Utara mengalami siang terus tanpa malam waktu puasa menetukan daerah terdekat, sedangkan Kutub Selatan mengalami malam terus tanpa siang dan disana sedang mengalami musim dingin ekstrem.

Semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum... Wr.Wb

10 comments :

  1. wuuiih ga kebayang gmn rasanya puasa sampe 21 jam.. lemeees..
    beruntung ya di Indonesia ga selama itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, Alhamdulillah... gak kebagian selama itu kita puasanya, hehehh

      Delete
  2. Yang paling istimewa adalah negara SWEDIA, matahari terbit jam 03.00 dan terbenam jam 21.00. Salut untuk muslim-muslimah yg tinggal di sana.

    Di tungg kunbalnya di healthy4u.tk
    By: Catatan Haikal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul :D

      siap :D
      terima kasih ya...

      Delete
  3. wah... chile kebagian yang enak nih, sebentar banget masa cuma 9 jam, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiya... tapi kalau ada 'enak' pasti lah ada 'gak enak nya' :D, waktu ibadah sambil berpuasanya jadi lebih sedikit.... :)

      Delete
  4. untung kita di Indonesia ya, jadinya puasa di bulan apapun panjang waktunya tidak selisih banyak perbedaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiya Alhamdulillah.... waktunya gak pendek dan gak terlalu panjang juga ya... :)

      Delete
  5. Hai De.. lama nggak komen ya aku. Ngehehe... Seringnya mah jadi silent rider doang >.<

    Eh tapi ya, mau selama apapun jangka waktunya, tapi kalo emang udah niat ya pasti bakalan kuat. Tapi tetep aja, aku nggak bisa bayangin gimana kuatnya orang-orang yang puasanya sampe 20 an jam bahkan lebih. Saluttt..

    ngomong-ngomong De, kamu dapet estafet award loh dari aku. Penasaran? Cek disini yuk De ~> http://tulisandarihatikecilku.blogspot.com/2014/07/dapat-award-yang-pertama-nih.html

    ReplyDelete