Book Review - Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik karya Renee Baron & Elizabeth Wagele

Assalamualaikum... Buku berjudul Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik yang ditulis oleh  Renee Baron &...

Assalamualaikum...

Buku berjudul Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik yang ditulis oleh Renee Baron & Elizabeth Wagele ini merupakan buku pertama yang aku baca di bulan Juli ini. I don't know why... sekarang-sekarang ini lagi malas baca buku, hehee... Tapi, buku bertema psikologi ini, semalam saya baca sampai selesai lho... makanya ini ngantuknya masih sangat berasaaa sekali...

Mungkin diantara yang sedang membaca tulisan ini, ada yang sudah membaca juga buku ini? Bagus banget kan ya bukunya....

Buat yang belum baca, ini aku kasih bocoran yaa...

Identitas Buku
Judul : Eneagram, Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik
Judul Asli : The Enneagram Made Easy: Discover the 9 Types of People
Penulis : Renee Baron dan Elizabeth Wagele
Bahasa : Indonesia
Penerjemah : Leinovar Bahfein
Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
Jumlah Halaman : 213
Ukuran buku : 150x230mm
Jenis Cover : Soft Cover
Kategori : Pengembangan diri
ISBN : 979-16-0006-6
Rilis pertama di Indonesia : November 2005
Beli di : Alinea BookCorner Sumedang
Harga : Rp. 32.900,-

Review
Kepribadian manusia selalu menjadi tema yang menarik untuk dicari tahu, bukan? Apalagi kepribadian diri kita sendiri. Selain dengan mengikuti berbagai tes psikologi untuk mengetahui “Seperti apakah diri kita sesungguhnya”, ada satu metode yang bisa digunakan untuk mengetahui kepribadian manusia yaitu menggunakan Enneagram.

Eneagram membagi tipe kepribadian manusia menjadi sembilan tipe yaitu perfeksionis, penolong, pengejar prestasi, romantis, pengamat, pencemas, petualang, pejuang dan pendamai.

Eneagram adalah studi tentang sembilan tipe dasar manusia. Studi ini memberi  penjelasan mengapa kita seperti ini dan memberi pengarahan tertentu bagi pertumbuhan seseorang. Enegram juga merupakan sarana penting untuk mengembangkan hubungan dengan keluarga, teman dan rekan kerja.

Eneagram telah ada sejak ratusan tahun lalu. Asal persisnya tidak diketahui, namundiyakini telah diajarkan secara lisan  dalam kelompok Sufi rahasia di Timur Tengah. Guru mistis Russia, G.I Gurdjieff lalu mengenalkan studi ini ke Eropa tahun 1920-an dan akhirnya sampai di Amerika Serikat pada tahun 1960-an.

Sistem Eneagram digambarkan dengan suatu lingkaran yang berisi sebentuk bintang bertitik sembilan. Dalam bahasa Yunani, "Enea" adalah berarti "angka sembilan" dan "gram" artinya "sebuah gambar". Jadi,  Eneagram berati "sebuah gambar bertitik sembilan"


Sedikit penjelasan tentang gambar diatas, setiap tipe pada Eneagram berhubungan langsung dengan 2 tipe lainnya yang disebut sebagai panah. Tipe 1 berhubungan dengan tipe 7 dan 4, tipe 2 dengan tipe 8 dan 4, dst (lihat gambar). Dinamika hubungan antar tipe ini terjadi sebagai berikut : jika dalam keadaan rileks tipe 1 akan mengambil karakter positif dari tipe 7, dan jika dalam keadaan tertekan akan mengambil karakter negatif dari panah sebaliknya, yaitu tipe 4.

Eneagram mengajarkan bahwa di awal kehidupan, kita belajar untuk mrasa aman dan untuk menghadapi kondisi dalam keluarga dan keadaan diri sendiri dengan mengembangkan suatu strategi yang didasari talenta dan kemampuan kita.

Dengan memanfaatkan Eneagram, kita dapat lebih memahami orang lain dan mempelajari sejumlah alternatif dalam pola perilaku kita sendiri. Kita terbebas dari strategi pengatasan masalah yang usang dan mulai memandang kehidupan dari sudut pandang yang lebih luas.

Berikut adalah gambaran ringkas kesembilan tipe kepribadian manusia :

Tipe 1 Perfeksionis (The Perfectionist)
Realistis, penuh pertimbangan, dan memegang prinsip. Mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal tinggi.
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.

Tipe 2 Penolong (The Helper)
Hangat, peduli, pengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.
Tipe kedua dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.

Tipe 3 Pengejar Prestasi (The Achiever)
Energik, optimis, percaya diri, dan berorientasi tujuan.
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.

Tipe 4 Romantis (The Romantic)
Memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, dan pengertian.
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.

Tipe 5 Pengamat (The Observer)
Memiliki suatu kebutuhan akan pengetahuan, dan adalah pribadi yang introvert, pnuh rasa ingin tahu, analistis, dan berwawasan.
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.

Tipe 6 Pencemas (The Questioner)
Bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman, kelompok, dll. Kisaran kepribadian tipe ini cukup luas, mulai dari menarik diri dan kaku hingga berani mengungkapkan pikirannya dan melawan.
Orang tipe 6 termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.

Tipe 7 Petualang (The Adventurer)
Terus terang, mengandalkan diri sendiri dan protektif.
Tipe 7 termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.

Tipe 8 Pejuang (The Asserter)
Energik, penuh vitalitas, dan optimis. Orang-orang bertipe ini ingin memberi sumbangsih kepada dunia.
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.

Tipe 9 Pendamai (The Peace maker)
Mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, dan mendukung. Pribadi semacam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

Bagian akhir buku Eneagram ini berisi penjelasan tentang tipe-tipe kepribadian yang sudah diakui, yaitu Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dan kecocokannya dengan tipe-tipe dalam Eneagram. MBTI sendiri adalah suatu inventori kepribadian yang berlandaskan pemikiran dari Carl Gustav Jung, seorang psikiater asal Swiss. Inventori ini mengukur kecenderungan individu berdasarkan empat skala : ekstraversion atau introversion, sensing atau intuition, thinking atau feeling, serta judging atau perceiving. Terakhir, terdapat tabel hubungan antara sistem dalam Eneagram dan MBTI.

Beberapa hal yang menjadikan buku ini menarik dan penting untuk dibaca, menurut saya :
  1. diterjemahkan dengan baik
  2. disertai ilustrasi-ilustrasi yang menarik, jadi membacanya pun tidak membosankan...
  3. tersedia kuis di masing-masing bab tipe kepribadian, sehingga dapat membantu pembaca untuk menemukan tipe kepribadiannya dalam Eneagram
  4. disajikan juga gambaran tentang bagaimana individu dari suatu tipe ingin diperlakukan, sehingga membantu kita dalam bergaul dengan orang-orang disekitar dan memahami tipe mereka sedikit-demi sedikit
Dan masih menurut saya juga, berikut beberapa hal yang menjadi kekurangan buku ini :
  1. tidak jelas apakah kedua puluh pernyataan yang ada di tiap tipe tersebut didapat menggunakan metode penyusunan alat tes yang baik, sehingga memang benar-benar mampu menggambarkan tiap tipe dengan tepat.
  2. tabel perbandingan sistem dalam Eneagram dan MBTI tidak disertai penjelasan, sehingga menyulitkan pembaca (khususnya saya) untuk memahami arti tabel tersebut.
Secara keseluruhan, buku ini cocok bagi pembaca yang ingin mengenali kepribadiannya, namun tidak ingin membaca buku psikologi tentang teori kepribadian yang terkadang pembahasaannya tidak mudah untuk dipahami.
Yang saya rasa setelah membaca buku ini, sesuai dengan judulnya, buku ini membantu mengenali kepribadian kita dengan lebih asyik.

Dari gambaran ringkas kesembilan tipe kepribadian manusia yang tertulis diatas, kamu termasuk tipe atau tipe-tipe mana saja?

Oh iya, gak usah bingung, seandainya setelah mencocok-cocokan perilaku kamu, tipe kamu itu gak cocok dengan satu tipe saja. Kenapa bisa begitu? karena pada pembahasan tipe kepribadian seperti ini, bisa jadi seseorang itu termasuk ke dalam salah satu tipe dan tipe lainnya secara bersamaan

Berdasarkan buku ini, setelah saya coba kuisnya dan mencocokan perilaku saya sehari-hari, ternyata saya termasuk ke dalam tipe the perfectionist, the helperthe observer and the peace maker.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


You Might Also Like

41 Comments