Bulan Perigee 11 Agustus 2014

Assalamualaikum... Hai para pengamat langit, sudah tahu kan kalau peristiwa Bulan Perigee akan dapat kita amati lagi lho... pada tangg...

Assalamualaikum...

Hai para pengamat langit, sudah tahu kan kalau peristiwa Bulan Perigee akan dapat kita amati lagi lho... pada tanggal 11 Agustus mendatang.

Bulan Perigee itu apa?
Bulan Perigee adalah istilah untuk menyebut Bulan ketika berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi.

Lalu, apa keistimewaan dari peristiwa Bulan Perigee ini?
Pada saat terjadi peristiwa Bulan Perigee, penampakan Bulan akan “lebih besar” dibanding saat ia berada pada jarak terjauhnya (Apogee) ataupun jarak lainnya selain jarak terdekatnya (Perigee) dari Bumi.

Saat terjadi Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi, Bulan akan tampak lebih besar 14% dan lebih terang 30% dibanding ketika terjadi peristiwa Purnama saat berada di jarak terjauh dari Bumi (Apogee). Perlu diketahui, persentase tersebut hanya penampakan dari Bumi saja, karena ukuran Bulan sebenarnya tidak berubah.

Mengapa bisa terjadi peristiwa Bulan Perigee?
Bulan Perigee terjadi karena orbit Bulan mengelilingi Bumi tidaklah bulat sempurna, melainkan berbentuk elips dimana Bumi berada di salah satu titik fokus elips tersebut.


Bentuk orbit yang demikianlah yang menyebabkan Bulan untuk berada pada jarak yang berbeda-beda dari Bumi setiap waktu. Dalam satu periode orbit, Bulan akan sekali mencapai titik terdekat (Perigee) dan sekali mencapai titik terjauh (Apogee) dari Bumi.

Bulan Perigee 11 Agustus 2014 yang tidak boleh dilewatkan.
Dan seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, pada tahun 2014 ini terjadi 5 kali peristiwa Bulan Perigee. Dari kelima peristiwa Bulan perigee tersebut yang paling pantas dinanti adalah yang terjadi pada 11 Agustus 2014. Karena jarak antara Bumi dan Bulan hanya 356.896 km. Jarak yang merupakan paling dekat dibanding keempat peristiwa Bulan perigee lainnya.


Kita yang tinggal di Indonesia, apakah bisa ikut menyaksikan dan mengamati Peristiwa Bulan Perigee ini?
Dari kawasan wilayah Indonesia, kita mendapat kesempatan terbaik untuk mengamati Bulan Perigee kali ini. Jadi, jangan lewatkan moment in yaa...

Apakah saat peristiwa Bulan Perigee ini memiliki efek negatif atau dapat menimbulkan bencana terhadap Bumi/kehidupan di Bumi?
Peristiwa Bulan Perigee atau yang dikenal juga dengan istilah Super Moon ini tidak akan mengakibatkan bencana. Sekalipun memang benar, bahwa pada saat Bulan sedang berada pada titik terdekat (Perigee) ataupun titik terjauh (Apogee) dari Bumi, ada efek yang ditimbulkan bagi Bumi. Efek tersebut akan tampak pada pasang surut di Bumi ketika Bulan Baru dan Bulan Purnama. Namun, sebesar apapun efek pasang surut pada saat Bulan di perigee, sekali lagi, tidak akan menimbulkan efek bencana.

Semoga bermanfaat yaa... selamat mengamati dan mengabadikan Bulan Perigee 11 Agustus 2014. Semoga langitmu cerah.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

You Might Also Like

6 Comments