Tuesday, November 11, 2014

Buku Baru dan Tempe Goreng Kremes

8 comments
Assalamualaikum... ^_^

Jadi, begini ceritanya... Waktu itu, aku lupa tepatnya kapan. Ibuku bilang mau ke toko buku, otomatis dong, aku girang banget, nitiiip... hahaha >_<. Waktu itu, aku nitipnya beli buku, judulnya Ensiklopedi Juice. Tapi ternyata sepulangnya dari toko buku itu.... Guys, tau gak ibuku beli buku? Bukan buku dengan judul "Ensiklopedi Juice" seperti yang aku pesan kan sebelumnya. Tapi.... beliau membeli buku dengan judul, "Hidangan Ramadhan dan Lebaran"!!!


Setelah aku protes, kalau buku yang dibeli itu salah, dengan mudahnya beliau menjawab : "Itu tuh.. didalam buku ini juga ada resep juice nya juga..."
Yaa ya yaa... Ok, mau gimana lagi... Lagian debat sama ibuku gak bakalan menang, ahahaa....

Dan setelah beberapa waktu buku tersebut ketumpuk-tumpuk dan tak tersentuh. Waktu itu, cuma sempat dibuka plastik segelnya aja, terus disimpan... Finally, kemarin aku buka-buka dan baca buku itu. Wahh.... resep-resep yang tertulis di dalamnya, sepertinya mudah untuk dipraktekan... bahan-bahannya mudah didapat dan gambar-gambar saran penyajiannya pun sangat menarik. Sampai akhirnya terbersitlah, hehehe... keinginan untuk mempraktekan beberapa resep yang sangat menarik menurut aku. Terutama resep Tempe Goreng Kremes. Yaphs... i love tempe.

Sukseskah saya mempraktekan resep tersebut...?
Oh, tentu saja... This is it, Tempe Goreng Kremes ala Chef (?) Widiani,

Walaupun tanpa garnish, proses pembuatan kremesnya dilewat,
dan terlihat nampak biasa saja, tapi rasanya oke lho, hehe....
 
Penasaran, apa saja bahan-bahan dan cara membuatnya...? Aku bagikan juga kok disini, silahkan dicatat yaa...

Tempe Goreng Kremes

Bahan-bahan :
300 gram tempe, 2 sdm tepung tapioka, 100 gram tepung beras, 175 ml air/santan, dan minyak untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan :
1 sdm bawang putih iris, 1 sdt ketumber, 1 1/2 sdt garam

Cara membuat :

  1. Iris tempe dengan ketebalan 0,5 cm, angin-anginkan sebentar, sisihkan.
  2. Campur bumbu halus, tepung beras, tepung tapioka, dan air/santan, aduk hingga rata.
    Jika suka boleh menambahkan irisan bawang daun juga, seperti yang saya lakukan.. jadi terlihat ada potongan-potongan bewarna hijau dari potongan bawang daun ^_^ 
  3. Masukkan irisan tempe ke dalam adonan tepung, lumurkan hingga rata.
  4. Panaskan minyak di dalam wajan anti lengket. Goreng tempe hingga kering dan kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan kembali minyak yang baru. Goreng sisa adonan tepung bumbu dalam minak panas dengan cara menuang adonan menggunakan saringan yang berlubang agak besar agar gorengan berbentuk serpihan-serpihan tepung.
  6. Hidangkan tempe goreng dengan ditaburi serpihan kremes 

Informasi nilai gizi :
Resep diatas, bisa cukup untuk 3 porsi, dengan kandungan kalori pada setiap 1 porsinya sebanyak 370 kalori, 20,7 gram protein dan 12,6 gram lemak.

Selamat mencoba....
Oh iya, jika nanti hasilnya tidak sama seperti yang terlihat pada foto diatas, karena pada foto diatas gak banyak kremesnya, itu karena saya melewatkan langkah ke-5. Kenapa...? Karena waktu itu, saya lapar, gak sabar pengen nyicip dan udah excited banget pengen motret tempenya ^_^

Sampai jumpa di resep berikutnya ya, kapan-kapaaan.... 

Wassalamaualaikum...Wr. Wb.

8 comments :

  1. Waah siang siang gini heiheihiee
    COba resepnya ahhh

    ReplyDelete
  2. Asiikkk, teh Dee belajar masak nih... :D

    ReplyDelete
  3. Haha tempe goreng kremes bisa dipake buat mahasiswa yang mau tampilan baru dari sebuah tempe biasa tuh :D

    ReplyDelete
  4. kelihatan nya maknyus nih tempe goreng nya ;)

    ReplyDelete
  5. Bikin buat anak kost kayak saya dong satu! :D

    ReplyDelete
  6. Duh, aku seneng masak, dan kalo dikasih buku resep gituan... aaaah~~ surga duniaa~ wkwkwk *lebay? abaikan.

    boleh juga nih Dee dicoba, maknyusss pastinya. boleh kali yaa dilempar ke aku sini tempe kremesnya.. hehehe

    ReplyDelete
  7. ini bukannya tempe goreng tepung? kok tau 370 kalori darimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai penampilan tempenya, silahkan baca paragraf terakhir ya :)
      tau tentang kandungan kalori, dari buku yang saya post gambarnya diatas... bahwa jika tempe sebanyak sekian, memiliki kandungan kalori sebanyak sekian. :D

      Delete