Sunday, October 5, 2014

MENGENAL MACAM-MACAM RADIOTERAPI MODERN

No comments
Assalamualaikum...

Radioterapi atau disebut juga terapi radiasi adalah terapi menggunakan radiasi yang bersumber dari energi radioaktif.

Terapi radiasi yang juga disebut radioterapi, irradiasi, terapi sinar-x, atau istilah populernya "dibestral" ini bertujuan untuk menghancurkan jaringan kanker. Paling tidak untuk mengurangi ukurannya atau menghilangkan gejala dan gangguan yang menyertainya.

Tidak hanya sel kanker yang hancur oleh radiasi. Sel normal juga. Karena itu dalam terapi radiasi dokter selalu berusaha menghancurkan sel kanker sebanyak mungkin, sambil sebisa mungkin menghindari sel sehat di sekitarnya. Tetapi sekalipun terkena, kebanyakan sel normal dan sehat mampu memulihkan diri dari efek radiasi. Radiasi bisa digunakan untuk mengobati hampir semua jenis tumor padat termasuk kanker otak, payudara, leher rahim, tenggorokan, paru-paru, pankreas, prostat, kulit, dan sebagainya, bahkan juga leukemia dan limfoma. Cara dan dosisnya tergantung banyak hal, antara lain jenis kanker, lokasinya, apakah jaringan di sekitarnya rawan rusak, kesehatan umum dan riwayat medis penderita, apakah penderita menjalani pengobatan lain, dan sebagainya.

Radioterapi disebut sebagai prosedur utama penanganan kanker otak. Buat teman teman yang sedang menimbang pengobatan kanker otak yang mau dipilih, maka mungkin info tentang alat/teknik radioterapi ini bisa bermanfaat :

BRACHYTHERAPY
Brachytherapy adalah radioterapi yang bersifat internal. Partikel radioaktif (yang berbentuk biji kecil) dimasukkan lewat kateter ke dalam organ tubuh tempat lokasi tumor berada.
Setelah berada di posisi, radioaktif kemudian segera dilepaskan untuk membakar sel sel tumor.
Brachytherapy bisa dilakukan pada kanker: prostat, payudara, usus, paru, serviks, rektum, sarkoma, serta kanker leher dan kepala.

STEREOTACTIC RADIOSURGERY
Teknik bedah dengan memanfaatkan sinar laser ini memungkinkan para penderita kanker, khususnya kanker otak, tidak perlu melakukan operasi pembedahan kepala (buka tempurung kepala) demi mengobati tumornya.
Operasi ini melibatkan penggunaan robot canggih dan sinar laser yang diarahkan tepat ke daerah tumor tuk membakar tumornya.
Istilah lain adalah Cyberknife. Cyberknife digunakan untuk memperlambat pertumbuhan tumor otak yang masih kecil ukurannya, tetapi posisinya sulit dijangkau (jauh di dalam otak).

Jenis jenis tumor yang dapat diatasi dengan Cyberknife ini antara lain:
*kanker yang telah metastase ke otak (dari organ lain)
*tumor syaraf yang pertumbuhannya lambat (accoustic neuroma)
*tumor pituitari
*tumor saraf belakang (spinal cord tumor)

Di Indonesia Cyberknife baru ada di : RSCM dan SILOAM KARAWACI Hospital.

Semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum... Wr.Wb.



sumber :
wikipedia/Radioterapi

No comments :

Post a Comment