Craft Tutorial : How to Make an Origami Dress

Assalamualaikum... Haai, saya sangat menyukai Origami. Meskipun, bentuk-bentuk Origami yang saya buat adalah bentuk-bentuk yang sederh...

Assalamualaikum...

Haai, saya sangat menyukai Origami. Meskipun, bentuk-bentuk Origami yang saya buat adalah bentuk-bentuk yang sederhana saja. Bagi saya, Origami adalah aktivitas yang menantang, hehe... Iya betul. Karena meskipun Origami hanya aktivitas lipat melipat kertas atau kain, kadang ada bentuk-bentuk yang tidak mudah untuk dikerjakan. Itulah mengapa saya sebut Origami sebagai sesuatu yang menantang... dan, ada kebanggaan tersendiri ketika Origami yang saya buat sesuai dengan harapan :)

Origami (折り紙, dari ori yang berarti "lipat", dan kami yang berarti "kertas" dalam bahasa Jepang) merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Nah kali ini, saya akan berbagi langkah-langkah mudah membuat Origami Dress, yang cantik seperti ini,



Meskipun sudah sejak lama saya menyukai dan sering membuat Origami, ini adalah pertama kalinya saya berbagi tutorial membuat Origami Dress. Dan sebenarnya, di luar sana ada baaanyak juga yang berbagi tutorial ini, hehe.... 

Langsung saja? Baiklah..... 
Dan yang kamu butuhkan hanyalah kertas berbentuk segi empat, berukuran 20 x 20 cm.

Saya suka sekali memakai dress, terutama dress dari kain batik.
Maka, Origami Dress yang akan saya buat ini juga menggunakan kertas bermotif batik.
Kalau tidak ada, kamu bisa menggunakan kertas apa saja.
Bahkan kertas bermotif batik yang saya gunakan ini adalah kertas
bekas pembungkus kado, jadi kertasnya gak mulus ya... ada bekas lipatan-lipatannya :D

Berikut adalah langkah - langkah mudah membuat
Origami Dress

1.  Lipat dua kertas

2.  Lipat ke dalam kedua sisi

3. Lakukan hal yang sama pada satu sisi lainnya.
Sehingga hasilnya seperti pada gambar diatas.

4. Balik kertas

5. Lipat ke tengah pada bagian lipatan kedua sisi

6. Lakukan hal yang sama seperti langkah ke-5 untuk sisi yang lainnya.
Sehingga hasilnya seperti pada gambar diatas.

7. Balikkan kertas

8. Lipat kertas ke belakang,
Sisakan bagian atas kira-kira 1 cm.

9. Sisakan sedikit bagian pada bagian bawah, lalu lipat lagi ke depan.
Sehingga hasilnya seperti yang terlihat pada gambar diatas

10. Balikkan kertas,
lalu lipat bagian atas seperti yang terlihat pada gambar.
Ini untuk membuat bagian leher dress.

11. Buka lipatan bagian bawah dress

12. Balikkan kertas,
lalu tarik ke depan bagian atas dress

 13. Lipat ke tengah pada bagian atas,
lalu lipat juga bagian bawah dan buat berbentuk melebar 

14. Lakukan langkah ke-13 tadi untuk bagian sisi yang lainnya.
Sehingga hasilnya seperti terlihat pada gambar diatas

 15. Lipat ke luar bagian kertas yang tersisa pada bagian atas,
ini untuk membentuk lengan pada dress

Balikkan.
Dan Origami Dress, Selesai.
Selanjutnya, selain digunakan sebagai ornamen, Origami berbentuk dress ini juga bisa digunakan sebagai bookmark atau pembatas buku,




Dan jika ingin lebih rapi dan awet, pada bagian-bagian kertas yang terbuka bisa direkatkan dengan menggunakan selotip yang berwarna bening. Tertarik ingin membuatnya? Selamat mencoba... ^_^

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

You Might Also Like

18 Comments