Friday, February 6, 2015

My Ideal Japanese Winter Vacation : Salju, Salju Oh Salju!

125 comments
Assalamualaikum...

JEPANG!!!



Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang mempunyai empat musim, dimana setiap musimnya mempunyai ciri khasnya tersendiri.

Nah, pada tahun 2001 saat itu aku duduk dibangku SMP kelas satu, masih ingat banget dari perpustakaan sekolahku aku meminjam sebuah buku yang berisi segala sesuatu tentang Jepang. Bukunya dilengkapi gambar-gambar saat musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin tiba. Juga ada gambar-gambar berbagai festival dan acara yang sering diadakan disana. Dan tentu saja ada gambar-gambar mengenai bangunan-bangunan khas dan bersejarah, pakaian dan berbagai jenis makanan khas di Jepang.

Sejak saat itulah aku mulai tertarik dengan negara yang mendapat julukan sebagai Negeri Matahari Terbit ini. Aku juga berharap sekali, suatu hari nanti bisa berkunjung dan liburan ke Jepang. Terutama saat musim dingin. Musim ketika salju tiba.

And the winter comes...
Dan jika memiliki kesempatan berkunjung kesana, waktunya gak sembarangan. Aku ingin pergi ke sana pada bulan Februari. Kenapa?. Nanti aku ceritakan alasannya yaa...

Musim dingin di Jepang, berlangsung dari bulan Desember sampai Februari. Pada saat itu, salju menutupi hampir semua permukaan Hokkaido. Oleh karena Jepang terentang memanjang dari utara ke selatan, maka perbedaan suhu cukup jelas antara Hokkaido yang paling utara dengan Okinawa yang paling selatan. Dan suhu udara pada saat musim dingin,  berada belasan derajat di bawah 0 derajat celcius. 

Brrr.... pasti dingin banget ya. Tapi gak apa-apa, gak masalah. Hal itu tidak akan menyurutkan keinginan aku untuk mengunjungi Jepang saat musim salju. Karena dengan memakai  jaket musim dingin, syal, topi, sarung tangan, tutup telinga, kaos kaki wool, dan sepatu aku pasti tidak kedinginan dan tetap terlihat cantik, hehehe... Meskipun sebenarnya, aku bisa juga memakai itu semua saat ini, tapi kalau memakainya secara bersamaan di Indonesia, pasti agak aneh ya... karena di negara kita tercinta ini, tidak ada musim dingin.

Sekalipun suhu udaranya sangat dingin, tapi...
bermain Yukigassen,
Yukigassen (perang-perangan salju), sesuai namanya ini merupakan permainan perang-perangan dengan saling melemparkan bola-bola salju yang telah dibulat-padatkan oleh tangan

membuat Yukidaruma, dan
Yukidaruma (Boneka Daruma Salju)
adalah patung salju yang dibuat dari salju yang dikerasakan.
Awal mula sebutan 'Yukidaruma' ini karena bentuknya menyerupai boneka Daruma yang melambangkan nasib baik, sehingga patungnya disebut Yukidaruma.
Di Jepang, Yukidaruma terbuat dari 2 bola salju, yang besar dan yang kecil, lalu keduanya ditumpuk menjadi satu mengungkapkan bagian kepala dan tubuh, tidak bertangan dan tidak berkaki.

bermain ski,
Kalau berkesempatan bermain ski, aku ingin bermain ski di Niseko, Hokkaido.
Keistimewaan tempat ini selalu diselimuti salju setiap musim dingin
dengan ketinggian lebih dari 15 meter.
Hal ini menjadikannya Niseko menjadi lokasi utama untuk bermain ski.
pastinya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan buat aku yang belum pernah melihat putihnya salju dan merasakan lembut dan dinginnya salju.

Di Jepang terdapat tiga desa dengan ciri tempat tinggal beratap besar. Ketiga tempat itu adalah Desa Shirakawa, Ono-Gun (Gifu) dan kota Nanto (Toyama). Nah, kalaupun tidak bisa mengunjungi ketiga tempat itu, paling tidak aku berharap bisa mengunjungi salah satunya. Kenapa sih, aku pengen banget berkunjung ketempat-tempat tersebut? Karena menurut informasi yang aku baca, kekhasan tempat-tempat itu terjadi pada musim dingin dengan tampilan dan atmosfir yang tidak dapat diketemukan di tempat lain.

Ketika Shirakawa bersalju,
Subhanallah... Indah sekali yaa...
Hwaahh.... pengen lihat langsung. Dan sepertinya akan mengesankan jika bisa ber-selfie ria di salah satu tempat tersebut.

Oh iya, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sering mengadakan berbagai festival dan acara. Termasuk pada saat musim dingin tiba. Pada awal bulan Februari, selama 7 hari ada festival salju di Sapporo. Di sana dapat dilihat ukiran-ukiran es dan istana salju yang indah.

Sapporo Snow Festival, 3-10 Februari 2015

Istana Salju, Festival Salju Sapporo.
Festival Salju Sapporo adalah festival salju terbesar di Jepang,
yang diadakan di kota Sapporo, Hokkaido.
Tidak cuma di Sapporo, pada awal hingga pertengahan bulan Februari, festival salju juga berlangsung di Ashikawa, Abashiri, dan kota lainnya yang ada di Hokkaido. Nah, hal inilah yang menjadi alasan kenapa aku ingin berkunjung ke Jepang pada bulan Februari. Ada banyak festival salju!

Setelah puas bermain-main dengan salju, mengunjungi Shirakawa dan menikmati keindahan ukiran-ukiran es di Festival Sapporo, yang ingin aku lakukan adalah berwisata kuliner. Menikmati makanan-makanan khas Jepang yang terkenal sehat dan segar di negerinya sendiri. Dan karena musim dingin, sepertinya pas jika menikmati makanan hangat. Seperti Shabu-Shabu, Sukiyaki dan Ramen. Oh iya, Onigiri, Tempura, Ryokucha (Teh hijau Jepang), Mochi, dan Takoyaki juga sepertinya wajib dicicipi selagi di negeri asalnya.

Tapi dari sekian banyak makanan yang ingin aku coba itu, paling pengen banget nyobain Shabu-Shabu yang disajikan bersama saus khas, yang disebut Gomadare. Hmm.... yummy!!!

Shabu-shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare.
Dan jika ke Jepang, sepertinya tidak lengkap jika tidak mencoba singgah dan melihat-lihat rumah tradisionalnya. Dan sepertinya akan terasa lebih lengkap lagi jika bisa bermalam disana dan tidur diatas futon.

Rumah tradisional Jepang
Futon (布団) adalah jenis perangkat tidur tradisional Jepang.
Selain itu, tentu saja... jika berkesempatan pergi ke Jepang, pengeeen banget mencoba memakai Kimono, seperti yang dipakai oleh wanita pada gambar dibawah. Lengkap dengan tata rias rambut dan alas kakinya yang disebut Zori atau Geta.

Kimono (着物) adalah pakaian tradisional Jepang.
Ahh... seandainya semua itu bisa terwujud, pasti akan menjadi salah satu hal yang sangat berkesan dan menyenangkan dalam hidup aku. Semoga harapan untuk bisa berlibur ke Jepang ini bisa segera terwujud, Aamiin... ^_^

Tapi, kalaupun bisa berlibur ke Jepang namun acara liburanku tidak sesuai seperti yang aku rencanakan diatas, gak apa-apa... asal bisa liburan di :
Gala Yuzawa

Pokoknya Jepang, Jepang, Jepang.... Salju, Salju, Salju!!!

Eh mungkin ada yang belum tahu tentang Gala Yuzawa?

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo.

JR-Maglev, salah satu armada Shinkansen
Shinkansen (新幹線) atau kereta peluru  adalah jalur kereta api cepat Jepang
Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. 

Jadi, jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:
Website resmi: http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Facebook page: https://www.facebook.com/id.jprail 

Mengenai transportasi, tenang... ada Tokyo Rail Days. Tokyo Rail Days merupakan program 'short trip' menggunakan kereta yang berangkat dari Tokyo dan dikelola oleh East Japan Railways Company (JR East). Lebih asiknya lagi, kita dapat mereservasi perjalanan kita dari Indonesia.

Dan Saat ini, Tokyo Rail Days Indonesia sedang menawarkan paket wisata ke Gala Yuzawa dengan promo Buy 1 get 1 Free



  

Buat kamu yang juga ingin berlibur ke Jepang, khususnya ke Gala Yuzawa, GRATIS! saat ini sedang berlangsung event :

My Ideal Jepanese Winter Vacation 
Blog Competition.


Selain paket liburan ke Gala Yuzawa, ada hadiah menarik lainnya lho... Informasi selengkapnya mengenai My Ideal Japanese Winter Vacation Blog Competition ini bisa dibaca pada poster diatas atau langsung kunjungi :


Wish us Luck!



  


Gambar-gambar (selain gambar poster Gala Yuzawa dan poster kompetisi) pada tulisan diatas diambil dari :
pengenliburan.com
www.ruwhim.com
ensiklopedibunda.blogspot.com
www.japantimes.co.jp
nexttriptourism.com
dwidayatour.co.id
abbottstravel.com
restocafeconcept.blogspot.com
j-cul.com
desaindesainrumah.com
fashion-history.lovetoknow.com

125 comments :

  1. blognya sudah saya follow atas nama aditya pratama
    follback blog saya ke http://simbalisme.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haai, terima kasih ya... udah difollback juga :)

      Delete
  2. cewek jepang cantik-cantik ya, jadi pengen macarin yang nulis *eh
    btw, band nya juga oke-oke sist (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.... hehehe, mata dan kulitnya yaa khas banget, cantik :)
      nah kalau band- nya aku gak banyak tau, cuma tau L'Arc~en~Ciel aja... terus penyanyi wanitanya paling ngfans banget sama Utada Hikaru ^^

      Delete
    2. jangan mau kalah dooong mueheh
      nah itu laruku, ane juga suka, j-rock juga ngiblat sana kalo kata temen ane hehe
      kl penyanyi cewek, ane justru ga ada yang tau hehe

      Delete
    3. nggak kalah.... aku juga cantik kok... huahaa..
      nah iya J-Rock ya, aku juga pernah baca katanya begitu bahkan masih katanya J-Rock itu juga singkatan ya, Japanese Rock.... aku gak benar apa nggak, lagu-lagunya J-Rock aku juga suka, beberapa sih...

      hihii... masih mending aku dong, tau... meskipun cuma satu, hehe...

      Delete
    4. kamu cantik, ane ganteeeeeng, kata emak sama bapak sih hauhaha
      bener japanis rok mbak :D
      pokalis jirok itu mukanya sebelas tiga belas sama vokalis laruku.

      Delete
    5. Kalo menurut saya sih J-Rock mah ngikutin banget L'Arc En Ciel, dari mulai style sama genre musiknya juga mirip...tapi kalo saya lebih suka waktu Iman (sang vokalis) masih jadi gitarisnya Funky Kopral, funk rocknya dapet banget duaaah...

      Delete
    6. Saya Siapa, kamu siapa? *eh ribet >_<
      oh iya ya... mirip, mirip...

      Eh Iman pernah jadi gitarisnya Funky Kopral?, baru tauu.... Funky Kopral masih ada gak sih.... gak pernah dengar lagi,

      Delete
    7. masih sekarang cuma 3 orang doang, kalo line up Funky Kopral yang paling saya suka pasa jamannya Angga, Bondan, Onci (sekarang gitaris ungu), Iman (J-Rock) sama Bobby :)

      Delete
    8. aku sekarang, udah pernah dengerin lagi :D
      dulu pertama kali tahu yang pas kolaborasi bareng Setiawan Djodi, terus lagu mereka yang paling aku suka Dinda sama Mawarku :D

      Delete
  3. wah, komplit bgt info tentang Jepangnya, jd tau semua..
    ^_^
    kpn ya bs ke Jepang?
    BTW, aku follow blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih... tapi itu cuma rencana liburan saya kalau suatu hari nanti bisa liburan ke Jepang pas disana lagi musim dingin :)
      Gak tau deh bisa kesampaian apa nggak ya, semoga bisa kesampaian ya... kamu juga,

      wahh terima kasiih yaa :)

      Delete
  4. Shirakawa oh indahnya... tp dingin kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setuju kaan, memang indah banget... kalau dingin sih pastinya, tapi sepertinya hawa dingin yang menusuk akan terhapuskan dengan pemandangan indah Shirakawa yang super menakjubkan :)

      Delete
  5. Di Jepang memang byk tempat2 yg menarik dan indah, terutama taman2 bunganya.

    ReplyDelete
  6. salju.... aaak~~~ aku juga pengen De.... pengen genggam salju, tidur-tiduran di atasnya, main lempar salju, bikin boneka salju, trus duduk di depan perapian sambil minum coklat hangat buat hangatin badan ^^ duh, sayang beribu sayang, indonesia beriklim tropis dan gak mungkin si salju mampir kesini :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sherly, lama kau tidak mampir kesini, hehehe....
      ahh iya itu, minum coklat setelah puas bermain salju, bakalan ibarat jadi "a piece of heaven" in my life ya... hehe...

      eh ya udah ikutan ini aja My Ideal Jepanese Winter Vacation Blog Competition. info lengkapnya ada di poster atas ya... siapa tahu kamu bisa ke Jepang dan bisa menikmati salju sepuasnya, hehe

      Delete
  7. saya juga punya cita-cita pengen kesana, keliatannya negara yg bersih banget jepang ini... pasirnya aja putih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jepang memang terkenal dengan keadaan lingkungannya yang bersih, bahkan Jepang menyandang gelar sebagai negara dengan tingkat kebersihan terbaik di dunia.

      Mereka mencintai kebersihan, jadi sama-sama menjaga kebersihan kota,

      Hal baik yang patut dicontoh ya... :)

      Delete
    2. Keren nih jepang, Indonesia harus bisa nyontoh jepang kayanya dr segi ketertiban :)

      btw sudah di follback mba :)

      Delete
    3. Betul, betul, betul.... :D

      Terima kasih ^^

      Delete
  8. Negeri Sakura, hmmm siapa yang ngak pingin ke sana, mungkin suatu saat nanti saya akan mewujudkan hal itu, terima kasih ya mbak informasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bunga Sakura memang identik dengan musim semi di Jepang.
      Iya sama-sama, Semoga bisa segera terwujud ya... :)

      Delete
  9. asyik sekali ya bisa jalan-jalan kesana,saya punya teman kerja disana,setiap kali upload foto sepertinya memang banyak tempat-temppat menarik disana,ada yang mau ngajak saya?, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu sepupu saya kerja disana juga bikin iri, karena liburnya katanya sering jadii bisa sering jalan-jalan juga... foto-fotonya itu lho, tempat-tempatnya keren-keren :D

      eh jangankan Mas Rip, aku juga mau banget kalau ada yang ngajak liburan kesana, hehe

      Delete
  10. asik kayanya jika musim liburan ke jepang :D, hmmm masih cma harapan saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga harapannya bisa segera terwujud :D

      Delete
  11. Bermain di belantara salju pasti asik ya, apalagi kalau nyobaik berseluncur.....kata orang di musim salju jepang semakin ramai di kujungi....kalau sudah begini, tiketnya apa ga sulit di dapat tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betul :D
      Nah kurang tau karena belum pernah beli tiket buat kesana, hehe :)

      Delete
  12. jadi pengen ke sana, gimana kalau sesekali blogger ngumpul dan reunian di sana?. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, setuju, setujuuu banget!!!
      hehehe

      dan akan lebih mengasyikkan kalau semua biaya transportasi, akomodasi, snack dan biaya tak terduga lainnya mas Budi yang nanggung, hehe

      Delete
  13. ohya ta follow blognya, masa gak follback sih. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... terima kasih :)
      sudah difollback juga barusan :D

      Delete
  14. Ke Jepang main salju sepertinya harus siap-siap makanan yang banyak deh,,,,, he, he,he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya karena udara dingin memang membuat orang cepat lapar. Tapi udara dingin juga membuat kalori yang dibakar tubuh lebih banyak. Tappi baik juga buat menurunkan berat badan. :D

      Delete
  15. Wah wah sekarang ke Jepang sudah tidak perlu lagi VISA. Eaaaa jadi kepengen ke Jepang aja nih hiheiheieiheiheiheiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bepergian ke luar negeri, Visa tetap diperlukan kok pak, hehe

      Delete
  16. keren ni saya pengen k jepang tapi blom kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera kesampaian yaa keinginannya :)

      Delete
  17. kapan iya teh di indo ada hujan salju sprti dijepang.. terima kasih telah berbagi dan selamat malam saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpaduan antara letak astronomis dengan letak geografis Indonesia menimbulkan kondisi:
      * Matahari bersinar terus menerus sepanjang tahun
      * Penguapan tinggi, sehingga kelebamban udara juga tinggi
      * Memiliki curah hujan yang relatif tinggi
      * Memiliki wilayah hutan hujan tropis yang cukup lebat
      * Memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau sebagai akibat dari pergerakan angin monsun.

      Jadi, di Indonesia memang tidak akan bersalju. Peluangnya sangat kecil tetapi itu masih dimungkinkan. Dan kemungkinannya sangat-sangat kecil sekali.

      Tapi di Indonesia juga kan ada salju, dipuncak gunung Jayawijaya :)

      Terima kasih kembali :)

      Delete
  18. Replies
    1. salah satunya dalam ketepatan waktu ya :)

      Delete
  19. kapan ya saya ke japan. pengen sih ke jepang. cuma harus cari beasiswa kuliah nih mbak. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera kesampaian :)
      dan salut banget dengan pemikirannya, pengen ke Jepang untuk kuliah
      *two thumb up :)

      Delete
  20. jepang memang salah satu negara yang saya sukai, walaupun negara kita pernah punya history kurang baik dengan negara ini pada masa lampau, banyak sekali yang patut kita palajari ttg kebangkitan jepang ketika dimasa sulit, jepang mari gandeng Indonesia untuk bisa berjaya di Asia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Santika.... aku setuju sekali dengan komentarnya, terima kasih :)

      Delete
  21. Asik kali ya main ke Jepang pas musim salhu gitu.. Bisa main salju kayak Doraemon dan Nobita. Hehe.
    Menarik tuh, gimana sensasi naik Kereta Maglev.. Very fast

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kebayangnya asik banget, :D
      Kereta yang cepat dan nyaman sepertinya :)

      Delete
  22. Jepang sebenarnya bukan tempat favorit saya, tetapi dari berbagai informasi terkadang menggoda hati ini untuk bisa berkunjung ke sana. Oh indahnya kalo ada yang mau ngajak saya gratis ke neggri Samurai itu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin menarik itu, terutama tempat-tempatnya dan hal-hal yang masih tradisional tapi tampildengan sentuhan modern, begitu deh kira-kira... hehe

      Delete
  23. aaak, jepang. aku juga pengen ke jepang. tapi kapan ya hemm
    aku follow blogmu, folback ya dee
    notedreaminggirl.blogspot.com

    tengkyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa segera terwujud yaa :D

      asik, asikk... mkasiih yaa, oke, difollback setelah ini :D

      Delete
  24. Jadi pengen ke jepang, sekalian tamasya dan ketemu cewek cantik dan manisnya, kali aja bisa dibawa pulang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibawa pulang, nanti orang tuanya nyariin lho... :D

      Delete
  25. hampir mirip dengan di Korea ya Jepang ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh emang miripnya dalam hal apa ya, tapi yang aku tahu keduanya juga dijuluki Macan Asia juga ya...

      Delete
  26. saya pecinta kereta api, pengen ngerasain naik Shinkansen, nyaman banget pastinya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya memang begitu, nyaman, cepat dan tepat waktu :)

      Delete
  27. Replies
    1. dan pastinya berkesan di hati... ^_^
      hehe

      Delete
  28. ndak kebayang bagaimana rasanya tinggal di negeri yang bersalju seperti itu, dinginnya luar biasa, tapi jepang memang sangat indahm negeri dengan tingkat peradaban tertinggi di kawasan asia,.. boleh di bilang negeri ini adalah negeri yang tua, sama tuanya dengan china, mulai dari budaya, panorama alam, hingga orang2nya semua sangat menarik, ada beberapa teman yang pernah kesana waktu mereka jadi TKI, sifat dan etos kerja mereka begitu bagus,pantasan saja mereka bisa maju dan sukses, saya pernah bekerja sama dengan tim dari jepang waktu pengerjaan proyek jala raya, waktu itu ada kerja sama antara pemerintah dgn pemerintah jepang, sebagai pemberi bantuan, disiplin tenaga konsultan dari jepang sangat bagus, dan tinggi. mereka tidak banyak omong tapi kerja begitu nyata, kalau bilang mau bangun jam 5 pagi pasti bangun, ndak kayak kebanyakan konsultan dari indonesia, sudah tidak shalat shubuh malah bangunnya jam 9 pagi,..hehhe payah, pokoknya indonesia harus banyak belajar sama orang jepang terutama soal etos dan disiplin kerja, saya doakan semoga sobat De Widiani bisa ke jepang, kalau sudah disana tolong minta di fotokan lokasi makam 47 ronin yang legendaris itu,hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pernah punya pengalaman bekerja sama dengan orang Jepang ya? memang disiplin banget ya....

      hehe... Aamiin, Insya Allah ya...

      dan oh iya, "...pokoknya indonesia harus banyak belajar sama orang jepang terutama soal etos dan disiplin kerja,"
      setuju banget :)

      Delete
  29. cousin saya akan bekerja di japan kelak. harap2nya saya dapat ikutnya ke sana untuk bercuti ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, semoga pas sepupunya bekerja disana bisa mengajak Khairin juga untuk berlibur, sukses untuk sepupunya yaa :)

      Delete
  30. Replies
    1. Iya betul, mbak Erna.... secara saya juga cuma pernah melihat nya baru di tv saja :D

      Delete
  31. kembali lagi ya , izin follow
    follow back jika berkenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiih :)
      Pasti, aku followback abis ini :D

      Delete
  32. wah asyik ya di jepang kalau lagi musim dingin
    bisa bermain ski
    salam kenal n sekalian izin follow ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ^_^
      Salam kenal kemvali, terima kasih sudah follow :)

      Delete
  33. Panjang banget komen dr bos Zulham. Ampe mata pegel bacanya :D
    Ane mengaminkn doa dr bos Zulham.
    Amin..amin..amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....
      tapi aku suka, tandanya bang Zulham menyempatkan waktu untuk membaca dan menulis komentar sesuai dengan apa yang aku tulis, hehe :)

      Aamiin, mkasih yaa...

      Delete
  34. saya juga pingin ke jepang. mudah-mudahan terwujud ya.

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum dan Salam suci kepada puan blog i ni.Maaf yer puan blog kami tumpang laluan promot my blog sedikit.
    hello every body!my name is shafii ly.i am a tuk tuk service in Siem Reap (CAMBODIA).i have been worked as tuk tuk for 5 year now.my tuk tuk fits 1-4 passengers and is really very comfortable.the masses of tiurist i can avoid due to my long year experience,if you come to visit Siem Reap (CAMBODIA) please contect to by email.i have frer pic up from the bus staion and Air port.
    English and Malaysia speaking driver.please wait a few minut to see my blog.
    Email:pee96@yahoo.com
    Shafiily.blogspot.com
    FB:Shafii ly(jackly ly)
    Best regard

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shafii.... nice to know you, and thank you for your information :)

      Delete
    2. hi my dear friend De Widiani,how are you to day?may help me di follback my blog.my blog .sesungguh kami mintak tolong kepada puan De Widiani,saye pun tk tau sangat nk promot my blog ha ha.buat macam mane blh kite follow them and easy to find guest.we are also mulim (tolong menolong la ke jiran sahabat )how a bout weather in japan now,あなたわ げんき ですか?きょわ あめですか。。^_^

      Delete
  36. Segala tentang jepang dijelaskan dengan jelas dan lugas disini dimulai dari musim sampe festival yang ada di jepang kereennnn dahh pokok nyaaa :)
    Salam kenal dan izin Follow Blogg nya yah mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. follow follow enak aja,
      sini sungkem dulu sama pamannya Mbak De

      silakan Kang Cilembu

      Delete
    2. Haai bang Ainnul :)
      ngga segalanya ko, cuma sebagian kecil tentang musim dinginnya, terima kasih sudah follow :)

      Delete
  37. baru tau jepang adanya di asia timur.

    komentar sesuai dengan komentarmu di blog sayah yeuh ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. halahh, pengalaman Kang Lembu jadi atlet sumo juga belum dipostingin

      Delete
    2. Iya sesuai bangeet, ketahuan dibaca... cuma satu kalimat pertama aja >_<

      Sumo ya ....
      dulu bukannya waktu kecil bercita-cita jadi balerina...? Ya Ampun... balerina itu lebih cocok buat perempuan, pak... Nah lebih baik Sumo aja.... ^_^

      Delete
    3. iya betul. tapi kalo kang Cilembu mau maksain main balet, ya nggak papa
      nanti saya potoin deh

      Delete
    4. hehehe....
      video untuk bukti yang lebih konkret :D

      Delete
  38. Mampir ah, udah lama banget rasanya engga jalan-jalan kesini, ternyat udah banyak update :)

    ReplyDelete
  39. naik Fujiyama dong Mbak De, keren banget pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.... iya yaa, selama ini lihat gunung Fujiyama cuma di internet, majalah atau tv aja :D

      Delete
    2. kan saya nonton film di tv, pak...

      Delete
  40. Yang Boku suka adalah setelah main ski, berendam di onsen, lalu makan makanan musim dingin yang halal pastinya (Nggak ada "Butaniku"nya) terus habis itu
    tidur dengan selimut tebal...

    Semoga sukses juga mbak Dee..

    #354 Follow done!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh... semoga bisa kesampaian harapan berlibur di Jepangnya, ya... Boku :)

      Terima kasih sudah follow :D

      Delete
    2. Mas Boku mah pernah jadi orang Jepang, Mbak.

      Delete
    3. hoalaah... maaf, maaf baru tahu saya :)
      iya ya pantesan pemaparannya tentang Jepang expert banget :)

      Delete
  41. Kalo mongin jepang jd keingetan filmnya oshin ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, sayang banget ya gak ditayang ulang lagi... padahal ceritanya bagus :D
      saya nonton nya masih kecil waktu itu :D

      Delete
  42. Wah kapan ya pergi ke jepang dan menikmati shabu2 ala jepang.... follow jg y blog saya abandayzier.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah follow, sudah di follback juga :)

      Delete
  43. Jepang oh Jepang, kapan diri ini dapat menginjakan kaki di tanahmu :D
    Ikutan blog contest rupanya, hehe
    Semoga menang dan dapat hadiah liburan ke Jepang. Aamin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa cepat terwujud ya ^^
      iyaa, hehe... wah, Aamiin, Terima kasih :)

      Delete
  44. Kok saya mendadak pingin ke Jepang ya setelah membaca ulasan panjang dan super lengkap Mbak De Widiani di atas. O iya masih berlaku ndak mbak promo buy 1 get 1 free dari Tokyo Rail Days Indonesia di jp-rail-id.com. Kebetulan saya ingin liburan musim dingin bersama keluarga ke Jepang nih Mbak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut, hehe...
      masih mas, itu diatas ada informasinya, dari 10 Januari s/d 28 Februari 2015 :D

      Delete
  45. O iya maaf balik lagi mbak De Widiani, ndak papa kan mbak kalau blog Mbak De ini saya follow. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa, boleeh banget, mas Dory...
      nanti saya FollBack yaa, abis ini, Terima kasiiih :)

      Delete
  46. Postingannya lengkap banget mbak...
    lagi ikutan kontes ya....

    ReplyDelete
  47. enakan di rumah sendiri tapi ada saljunya, itu baru keren banget

    ReplyDelete
  48. kalau nanti ke Jepang jangan lupa DE bawa sirop merah,kalau kepengen es campur tinggal buka siropnya siramkan ke salju,jadi deh hahahaha.......
    BTW saya do'akan biar cita-citanya pergi ke Jepang terlaksana amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.... dikira salju es serut yang dijual mamang-mamang yg suka di depan SD, tinggal pakai sirop.... tapi ide bagus sih, hehehe

      Aamiin, terima kasih :)

      Delete
  49. tadi disana tak kira dia cuman cuap cuap tentang jepang, eh sekali disini kok artikelnya sama oh teryata ikut kontes, hahahaha

    ReplyDelete
  50. memang indah banget ya negara jepang ini mbak.salah satu destinasi wisata dunia.

    apalagi sekarang disana lg musim dingin,wow....pasti indah banget yambak.hemm,kapan ya saya bisa kesana.

    makasih infonya mbak,dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar kalo Mas Yanto udah gede, boleh deh ke Jepang
      naik gethek sama saya

      Delete
  51. kalo jepang aku pengen ke Shirakawa go.. pernah aku jadiin setting tulisanku, indah.

    ReplyDelete
  52. balik lagi ah cuman mau bilang semoga sukses dengan kontesnya yambak
    amiin

    ReplyDelete
  53. saya dengar ke Jepang kini sudah nda pake VISA ya
    Mohon konfirmasi benarkah demikian

    TTD
    Kang Asep
    Blogger Pontianak

    ReplyDelete
  54. .Istana Saljunya ituloh. :o :D
    .Mampir kesana yuk mbak. Hihi :D

    ReplyDelete