Wednesday, February 4, 2015

World Cancer Day (Hari Kanker Sedunia) Diperingati Setiap Tanggal 4 Februari

4 comments
Assalamualaikum...

As we know that, hari ini, 4 Februari 2015 diperingati sebagai hari kanker sedunia.

Semenjak tahun 2000, konferensi kesehatan di Paris, Prancis, menetapkan 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia. Peringatan itu menjadi salah satu wujud perlawanan terhadap kanker.

Hari Kanker Sedunia mengajak semua orang untuk lebih peduli dan meningkatkan pengetahuannya akan penyakit kanker. Jangan salah menyimpulkan kanker pasti berujung kematian atau menganggapnya hanya sebagai masalah kesehatan.

Sebanyak empat poin ditetapkan dalam konferensi tersebut, di antaranya meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, meningkatkan penelitian terhadap kanker, pencegahan, serta perawatan pasien kanker.

Sumber gambar : Worldcancerday.org
Kanker hingga kini masih menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Data yang dilansir situs WHO (World Health Organization) hari ini mencatat ada lima jenis kanker yang paling sering menyerang dan membunuh laki-laki dan perempuan.

Kaum lelaki harus mewaspadai kanker paru-paru, kanker lambung, kanker hati, kanker kolorektal (usus besar), dan esofagus (tenggorokan). Pada perempuan, kanker payudara masih mendominasi diikuti kanker paru-paru, lambung, kolorekta, dan serviks (leher rahim).

Ada lebih dari 100 jenis kanker yang dapat menyerang hampir semua bagian tubuh. Tapi banyak jenis kanker yang sebenarnya dapat dicegah dengan menghindari paparan faktor risiko umum, seperti asap tembakau.

Lebih dari 30% kanker dapat dicegah, terutama dengan tidak mengkonsumsi tembakau termasuk merokok, menjaga pola makan sehat, secara fisik aktif dan moderat penggunaan alkohol.

Penggunaan tembakau merupakan penyebab terbesar kanker di dunia dan 22% kematian akibat kanker. Seperlima dari semua kanker di seluruh dunia disebabkan oleh infeksi kronis, seperti human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan kanker serviks, serta virus hepatitis B (HBV) yang menyebabkan kanker hati.

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menyebar. Pertumbuhan kanker sering menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat bermetastasis (penyebaran kanker) ke tempat yang jauh.

Kepedulian (awareness) inilah yang selalu dikampanyekan melalui Hari Kanker Sedunia yang biasanya diperingati pada 4 Februari. Bahkan masalah kanker ini telah melahirkan adanya gerakan penanggulangan kanker yang terintegrasi di tingkat nasional yang disebut Komite Penanggulangan Kanker Nasional. Selain bertujuan mewujudkan penanggulangan kanker yang terintergrasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat, komite ini juga memiliki visi menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker di Indonesia.

Tahun 2015 ini, Hari Kanker Sedunia diperingati dengan tema Not Beyond Us. Adapun tema ini dipilih untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa mengidap kanker bukanlah akhir dari segalanya.

Tetap semangaaat!!!

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

4 comments :

  1. Hari ini Rabu 4 Februari 2015 sebagai hari KANKER Sedunia.

    ReplyDelete
  2. Memang mengharukan, teman saya terkena getah bening. oleh dokter diultimatum stadium IV. Tapi karena semangat hidupnya tinggi dan berobat di RS Hasan Sadikin Bandung selama kurang lebih 2 bulan... ahirnya kini masih bisa beraktifitas dengan baik.
    Not Beyond Us, memang benar... bukan akhir dari segalanya.
    Terima kasih sudah sharing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, iya sama-sama....
      tentang temannya mas Kurnia itu, saya ikut merasa senang dan salut atas semangat hidupnya yang tinggi... semoga Allah SWT mengangkat penyakitnya, dan beliau kembali sehat tanpa ada kanker lagi di dalam tubuhnya, Aamiin :)

      Delete