Wednesday, May 6, 2015

Cara Mengatur Email yang Masuk dari Facebook

No comments
Assalamualaikum...

Facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka. Saat ini hampir setiap orang memiliki akun dari jejaring sosial yang satu ini. Setiap notifikasi (pemberitahuan) yang berhubungan dengan kamu, seperti pesan, komentar pada status kamu, kiriman kronologi dan lainnya akan terkirim ke alamat email kamu. Ini sebenarnya memudahkan kita untuk mengetahui adanya notifikasi Facebook tanpa harus membuka Facebook.

Sumber gambar : kategerry.com
Namun, pernahkah kamu merasa kerepotan dengan notifikasi email dari Facebook, yang masuk ke alamat email yang kamu gunakan saat mendaftar untuk membuat akun Facebook tersebut? 

Bagaimana pula kalau jumlah email notifikasi Facebook kamu sudah mencapai ratusan? Bisa saja ada email penting lainnya yang berada diantara email dari Facebook yang kemudian terlewat untuk dibaca, terlebih jika kamu punya inisiatif untuk langsung menghapus saja semua email masuk. Jadinya email penting lainnya ikut terhapus juga. Seperti yang pernah saya alami beberapa waktu yang lalu :(

Padahal, sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi. Setelah saya sedikit utak-atik akun Yahoo! saya, ternyata ada cara yang sangat mudah untuk mengatur email-email notifikasi dari Facebook tersebut kedalam folder tersendiri sehingga tidak tercampur dengan email lainnya.
*Dan sayapun merasa bodoh sekali, kok hal begini aja baru tahu sekarang :( 

Berikut cara mengatur email yang masuk dari Facebook ke dalam folder khusus secara otomatis pada akun Yahoo!.

1. Buka akun Yahoo! kamu.

2. Siapkan  Folder Baru yaitu dengan cara klik tanda +, yang ada disebelah kanan file Folder.


3. Sehingga muncul tampilan jendela "Tambah Folder Baru". Beri nama folder baru yang akan kita buat dengan nama Facebook, lalu klik "Simpan"


4. Klik tombol "Bantuan" yang berada di pojok kanan atas, lalu klik "Pengaturan".


5. Sehingga muncul tampilan jendela "Pengaturan", lalu klik "Filter" dan klik "Tambah".


6. Maka akan muncul tampilan jendela seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :


7. Lalu isi, seperti berikut dan klik "Simpan" :


8. Selesai. Tutup tampilan jendela "Tambah Filter Baru" dan folder untuk email notifikasi dari Facebook pun sudah jadi.


Dengan demikian, semua email-email yang masuk dari Facebook akan masuk ke folder khusus tadi. Meskipun sebenarnya, Facebook juga sudah menyediakan pengaturan tersendiri untuk mengatur notifikasi email ini, sehingga email yang masuk dari Facebook tidak membludak.


Cara ini juga berlaku untuk membuat folder-folder khusus lainnya untuk memisahkan email notifikasi yang masuk dari Twitter, Instagram dan jejaring sosial lainnya ataupun email-email penting lainnya yang ingin kamu tempatkan pada folder tersendiri, tidak lagi bercampur dengan email lainnya dalam kotak masuk. 

Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum... Wr. Wb.

No comments :

Post a Comment