Saturday, May 9, 2015

Planet Bumi Terletak di Rasi Bintang Apa?

6 comments
Assalamualaikum...
Happy Saturday Night, People!! ^_^

Ditempat saya, di kota Sumedang tercinta, malam ini langitnya cerah sekali, dihiasi kerlap-kerlip bintang dan terangnya penampakan planet Jupiter dan Venus di arah langit sebelah barat.

Nah tadi, ketika saya dan saudara-saudara saya duduk-duduk diteras sambil mengobrol dan menikmati cerahnya langit malam, tiba-tiba salah satu saudara saya bertanya : "De, kalau planet Bumi letaknya di rasi bintang apa?"

Setelah sebelumnya berusaha menjawab sejelas-jelasnya pertanyaan mereka tentang mengapa bintang terlihat kerlap-kerlip sedangkan planet tidak, sambil agak gelagapan, kembali saya berusaha menjawab pertanyaan mereka. Sebenarnya heran juga, duhh.... pertanyaan begini kok kenapa ditanyakan ke saya, da aku mah apa tuh, ahahaa.... Tapi, kalau cuma saya jawab dengan : "Gak tau...." atau "Coba-coba googling, itu kan lagi pegang smartphone kan...??". Ahhh.... sekalipun mereka saudara-saudariku, ya gengsi dong, masa jawabnya begituh, hehehehh....

Jadi, planet Bumi kita yang tercinta ini, letaknya di rasi bintang apa?


A true-color NASA satellite mosaic of Earth.
Source : Solar System Exploration
Sebelumnya, mari kita pahami atau ingat-ingat lagi tentang pengertian rasi bintang. Rasi bintang atau disebut juga dengan istilah Konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi (bentuk atau wujud) khusus.

Jika memang demikian, kita tidak punya definisi pasti dong bahwa planet Bumi terletak di rasi apa, betul tidak?
Betul. Lain halnya kalau misalnya kita pergi ke Planet Mars lalu melihat Bumi, maka kita akan melihat bumi berada di rasi bintang tertentu yang berbeda-beda setiap waktunya.

Dan berdasarkan yang saya ketahui sebelumnya, penjelasan seperti itulah yang saya sampaikan kepada saudara-saudara saya untuk menjawab pertanyaannya tadi. *flips hair*

Nah, buat siapapun yang membaca tulisan saya ini, seandainya ada kekeliruan pada apa yang saya tulis diatas, silahkan dikoreksi yaa...

Terima kasih,
Wassalamualaikum... Wr.Wb.

6 comments :

  1. Mba anak Astronomi yah? bisa jelasin sama sodara'a padahal ga buka mbah google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya anak ibu sama bapak saya, mas.... Eh iya dong, saya gitu looh... hehehe

      Delete
  2. eh,,,bagaimana dengan Milkyway
    itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Milky Way (dalam bahasa yunani) atau yang juga kita kenal dengan Bimasakti adalah galaksi tempat bumi kita berada dan merupakan salah satu dari jutaan galaksi yang ada di alam semesta.

      Delete
  3. keren bahasannya kak., lama tak jumpehhe.,
    ricahyap/blogspot/com

    ReplyDelete