Thursday, July 23, 2015

Puncak Hujan Meteor Delta Aquarid, 28-29 Juli 2015

No comments
Assalamualaikum...

Salah satu peristiwa astronomi yang tidak boleh dilewatkan di penghujung bulan Juli ini adalah Hujan Meteor Delta Aquarid.

Hujan meteor Delta Aquarid
Hujan meteor Delta Aquarid merupakan hujan meteor yang berasal dari pecahan komet Marsden dan Kracht Sungrazing. Nama delta Aquarid muncul karena hujan meteor yang satu ini memiliki radian di arah konstelasi Aquarius. Hujan meteor Delta Aquarid pertama kali teramati pada tahun 1870 saat G.L. Tupman di Lautan Mediterania melakukan plot 65 meteor di sepanjang tgl 27 Juli – 6 Agustus.

Pada tahun 2015 ini, hujan meteor Delta Aquarids berlangsung antara tanggal 8 Juli s/d 19 Agustus 2015. Pada saat puncaknya, yaitu pada tanggal 28-29 Juli, diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam. Kira-kira setiap 3 menit 1 meteor. Hujan meteor ini tidak akan berdampak apa-apa.

Bagaimana cara melihat Hujan meteor Delta Aquarid ini?
Arahkan pandanganmu ke arah timur mulai jam 20:00 waktu setempat karena meteor-meteor Delta Aquarids sudah bisa terlihat mulai pukul 20.00 – 05.00 waktu setempat.

Meteor-meteor pada hujan meteor Delta Aquarid akan terlihat melesat dari arah rasi Aquarius yang berada tepat di atas pada waktu dini hari, dan dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Secara umum, dari seluruh kawasan di dunia bisa terlihat di belahan bumi selatan.

Konstelasi Aquarius di arah langit sebelah timur
Stellarium versi 0.12.4 dengan pengaturan lokasi : Sumedang - Indonesia 


Nantikanlah sampai radiant hujan meteor yang berada di rasi Aquarius dan are Capricorn semakin menanjak di langit sehingga akan mudah teramati oleh pengamat di dalam kota, yang terhalang bangunan.

Sayangnya, agak tidak mudah mengenali meteor yang lewat dengan cepat karena pada malam puncak hujan meteor ini, sinar Bulan masih sangat terang karena menjelang fase purnama. Belum lagi jika ditambah polusi cahaya, hampir dipastikan sangat sulit melihat hujan meteor tersebut, sehingga akan menggangu terlihatnya meteor-meteor redup saat pengamatan.

Tetapi, jangan patah semangat yaa, carilah area/lapangan yang luas dan bebas polusi cahaya. Meskipun masih ada terangnya Bulan, semoga perburuan meteor Delta Aquarid pada saat puncaknya ini bisa berhasil.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.


Sumber :
stardate.org
earthsky.org
www.seasky.org
www.amsmeteors.org

No comments :

Post a Comment