Sunday, July 5, 2015

Selamat Ulang Tahun ke-12, GagasMedia!

No comments
Assalamualaikum...

Yeayy!! Selamat Ulang Tahun ke-12, GagasMedia!

GagasMedia adalah penerbit nasional di Indonesia. Didirikan pada tanggal 4 Juli 2003 oleh FX Rudy Gunawan, Anthonius Riyanto, Moammar Emka, Hikmat Kurnia, dan Andi Dominicus, GagasMedia memilih target pasar remaja hingga dewasa muda. Buku-buku terbitan GagasMedia cenderung chicklit dan teenlit yang fokusnya percintaan dan kehidupan rumah tangga. Namun, GagasMedia juga beberapa kali menerbitkan novel komedi, thriller, fantasi, sastra kontemporer, selama masih sesuai dengan segmen yang dibidik. GagasMedia juga menerbitkan buku-buku nonfiksi bergaya guide, how to, filosofi populer, dan sebagainya.

Sebagai penerbit, GagasMedia berkepentingan untuk menjaring penulis-penulis muda. Komitmen itu diwujudkan melalui berbagai bentuk pelatihan menulis: mulai dari bengkel penulisan, workshop penulisan, kelas menulis kreatif, hingga pemberian beasiswa sekolah menulis. GagasMedia beberapa kali bekerja sama dengan IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) untuk menerbitkan karya-karya peserta. Mereka percaya, ini merupakan salah satu cara menambah jumlah judul buku yang terbit di Indonesia.

Wihh, penerbit yang keren banget, GagasMedia ini yaa. Two thumb up deh... :)

Seperti yang tertulis diatas, GagasMedia didirikan pada tanggal 4 Juli 2003. Itu artinya, pada tanggal 4 Juli 2015 kemarin, penerbit kesayangan aku ini, eh kesayangan kamu juga ya? Oke deh, penerbit kesayangan kita ini berulang tahun yang ke-12. Horee!!!, Selamaaat ^_^


Nah, dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya yang ke-12 ini, GagasMedia kembali mengadakan event yang bernama :

"KADO UNTUK BLOGGER"

Dimana akan ada 12 paket buku (e-book dan print book) yang akan dibagikan kepada 12 blogger terpilih. Ternyata, selain keren, GagasMedia juga penerbit yang baik banget ya, di saat berulang ulang, bukannya kita yang memberikan kado, malah GagasMedia yang memberikan kado kepada kita, para blogger.


Dalam event "Kado untuk Blogger" ini, seperti yang terliat pada gambar diatas, GagasMedia memberikan tantangan berupa 12 pertanyaan yang harus dijawab para blogger. Dan sebagai seseorang yang mengaku sebagai blogger, tentunya, aku juga ingin turut serta memeriahkan ulang tahun ke-12 GagasMedia ini. Kalau beruntung, maka aku bisa mendapatkan salah satu dari 12 paket buku tersebut. Wahh... paket buku!!! Semoga aku bisa beruntung :)

Inilah 12 pertanyaan dari GagasMedia, beserta jawaban-jawaban dari saya,  tentunya :

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!

Pride and Prejudice karya Jane Austen, Sherlock Holmes (A Collector Edition) karya sir Arthur Conan Doyle, Malaikat dan Iblis karya Dan Brown, Love Life karya Ray Kluun, Little Women karya Louisa May Alcott, Ways to Live Forever karya Sally Nicholls, A Three Grows in Brooklyn karya Betty Smith, Contact karya Carl Sagan, The Statistical Probability of Love at First Sight karya Jennifer E. Smith, Ruang Rindu karya Andi Eriawan, Kok Putusin Gue karya Ninit Yunita, Test Pack karya Ninit Yunita

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?

Ways to Live Forever karya Sally Nicholls. Ini adalah salah satu buku yang sukses bikin aku nangis. Bercerita tentang Sam, seorang anak penderita kanker yang penasaran dengan UFO dan berkeinginan menjadi seorang ilmuwan. Sam seakan mengajak dan berusaha menyadarkan kita untuk mensyukuri nikmat sehat yang diberikan Tuhan dan tetap tabah dalam menghadapi kesulitan seberat apapun itu, bahkan termasuk kematian.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

"Adalah picik kalau kita menganggap kita sudah mengetahui seluruh hukum fisika. Nanti di masa depan akan ada fisika abad ke-21, fisika abad ke-22 dan fisika millenium keempat" - Contact karya Carl Sagan, halaman 47.

Kutipan diatas seolah menyadarkan tentang pentingnya menumbuhkan sikap kritis terhadap sistem pembelajaran, serta adanya kecintaan terhadap ilmu pengetahuan.

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya, Hehehe...

Sherlock Holmes. Dengan kejeniusannya itu, aku yakin, aku bisa mengimbanginya, hehehe... Aku akan selalu membantunya memecahkan kasus-kasus yang rumit dan pelik itu. Gak perlu  ada Watson lagi, ahaha.... Dan kami, iya... aku dan Holmes, akan menjadi pasangan yang tak hanya sama-sama jenius tapi juga romantis. ^_^

5.  Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!

Ketika akhirnya Elizabeth Bennet menerima pinangan dari Mr. Darcy.

Padahal, Mr. Darcy yang digambarkan sebagai pribadi yang tertutup dan terkesan sombong itu, sebelumnya, dalam banyak hal, hampir selalu berselisih dengan Elizabeth. Semua itu berawal, ketika Elizabeth dan Darcy berada dalam suatu pesta dansa, dan secara tak sengaja, Elizabeth mendengar Darcy menghina dirinya. Maka dimulailah kebencian Elizabeth dan segala prasangkanya kepada Mr. Darcy. Hal ini yang kemudian menuntun Elizabeth untuk terlibat lebih jauh dengan Mr. Darcy, hingga akhirnya mereka saling jatuh cinta.

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa memilih itu?

Ruang Rindu karya Andy Eriawan. Karena aku adalah penggemar berat Letto dan lagu-lagu karyanya, jadi ketika tahu salah satu lagunya yang berjudul Ruang Rindu dibuat songlit, penasaran banget pengen baca. Dan ternyata, ceritanya memang bagus.

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?

Love Life. Cinta dan Hidup/Kehidupan, dua hal yang saling melengkapi, dua hal yang tak bisa dipisahkan.

8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?

Cover buku-buku dari seri Septimus Heap. Selain unik, aroma penuh sihirnya sudah terasa bahkan sebelum bukunya dibaca.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?

Fiksi ilmiah, sweet romance dan komedi. Saya sangat menyukai perasaan ikut berpetualang dalam cerita-cerita yang didasarkan atau berkaitan dengan sesuatu yang bersifat ilmiah. Mengapa sweet romance? karena hidup ini indah, jadi mari perbanyak juga untuk membaca cerita-cerita manis nan manis. Dan karena saya adalah tipe orang yang suka ketawa, jadi buku-buku bertema komedi adalah salah satu bacaan wajib saya.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?

Jane Austen. Kalau sudah bertemu, ingin mengucapkan terima kasih karena telah menulis cerita-cerita terbaiknya, yang juga hingga kini karya-karyanya itu terus mendapat pujian. Lalu membahas setiap karyanya itu, seperti misalnya bagaimana ide awal ditulisnya cerita Pride and Prejudice, yang kini menjadi cerita favorit saya.

11. Lebih suka baca ebook (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?

Lebih suka buku cetak. Karena setelah dibaca, buku bisa disimpan rapi di rak buku. Dan bagi saya, bisa melihat deretan rapi buku-buku koleksi saya itu adalah suatu kebanggaan dan kebahagiaan yang tak ternilai.

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!

Selamat Ulang Tahun, GagasMedia!. Teruslah bergegas menerbitkan buku-buku berkualitas untuk kami.

Dua belas pertanyaan sudah dijawab. Buat kamu, blogger yang juga ikut serta dalam event GagasMedia "Kado untuk Blogger", bergegaslah buat ikutan. Hari ini, hari terakhir lho...

GagasMedia bisa dikunjungi di :
Situs web : gagasmedia.net
Instagram : @gagasmedia
Facebook : GagasMedia
Youtube : GagasMedia Group
Twitter : @GagasMedia

Sekali lagi, selamat ulang tahun, untuk penerbit GagasMedia, sebagai sebuah penerbitan buku, semoga makin sukses dan bisa lebih berkembang lagi kedepannya dalam menerbitkan buku-buku berkualitas dan populer. Aamiin...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

No comments :

Post a Comment