Sunday, September 6, 2015

Book Review : Love Detective by Luna Torashyngu

No comments
Oyien terpaksa jadi detektif cinta.

Misinya : menyelidiki cewek idaman lain Abit, tetangga dan sahabat sedari kecil. Saingan kalo balap motor.

Kliennya : Karin, sahabat dan teman sebangkunya. Pacar Abit.

Tersangka : Nadia (teman sekelas dan teman curhat Abit), Erie (adik kelas dan teman Abit satu tim basket sekolah), dan Putri (teman bimbel Abit yang kayaknya kok akrab banget sama cowok itu).

Tapi... jangan-jangan tersangka kasus ini bukan hanya tiga cewek itu!


Identitas Buku
Judul : Love Detective
Penulis : Luna Torashyngu
Kategori : Fiksi, Teenlit
Tebal : 328 Halaman
ISBN : 979-22-1602-2
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Paperback, Cetakan Pertama, Agustus 2014
Rate : 2/5 Bintang

Review
Oyien, yang bernama lengkap Caroline Valentyani ini memiliki hobi yang terbilang ekstrim untuk ukuran seorang cewek. Dia menyukai balap motor liar. Bukan sekedar senang dalam artian menonton balap motor ataupun nge-fans berat sama salah satu pembalap motornya tetapi dia sendiri melakukan balap motor itu sendiri. Tapi, itu sepadan dengan kepribadiannya yang memang tomboy.

Suatu ketika, Oyien dimintai tolong oleh sahabatnya Karin Wulandari yang akrab disapa Karin untuk mencari tahu tentang cewek lain yang disukai Abimanyu Wibowo alias Abit yang tidak lain adalah pacar Karin. Awalnya, tentu saja Oyien menolak permintaan Karin, menurutnya, itu cuma buang-buang waktu saja. Terlebih yang harus ia selidiki dan mata-matai itu adalah Abit, tetangga yang juga sekaligus sahabat Oyien sejak kecil. Namun karena Karin terus saja meminta tolong kepadanya, dengan merasa sedikit terpaksa, akhirnya Oyien pun menerima permintaan Karin jadi detektif cinta.

Dalam penyelidikannya itu, ada tiga cewek yang dicurigai: 
1. Nadia, yang diketahui sebagai teman sekelas dan tempat curhat Abit,
2. Erie, adik kelas Abit. Erie ini diketahui sering menghabiskan waktu dengan Abit. Ternyata kebersamaan itupun hanya sebatas : senior yang melatih juniornya, karena selain sebagai adik kelas, Erie juga masuk klub basket sekolah dimana Abit adalah seniornya.
3. Putri, teman satu bimbingan belajar Abit.

Berbekal daftar nama-nama yang telah dicurigai itu, Oyien mulai melancarkan perannya sebagai detektif cinta untuk menyelidiki hubungan ketiga cewek tadi dengan Abit.

Melalui aksinya, Oyien menemukan sesuatu yang kemudian membuatnya lega. Abit yang memang diketahui baik kepada ketiga cewek itu, tidak menyukai satupun dari mereka. Oyien merasa lega karena dengan demikian, kemungkinan besar tugasnya sebagai detektif yang cukup menyita waktunya itu akan segera berakhir. Namun, ditengah kelegaannya, Oyien justru menemukan kenyataan lain, ketiga cewek itu memang menyukai Abit. Oyien jadi merasa sedikit khawatir. Ia berpikir bisa saja salah satu atau ketiga cewek tersebut melakukan berbagai cara untuk mendapatkan Abit. Oyien merasa kasihan kepada Karin yang sangat menyayangi Abit, ia bertekad untuk bisa selalu menyatukan mereka.

Sementara itu, belum sampai misinya selesai, Abit dan Karin memutuskan untuk berpisah. Hal itu juga yang kemudian memicu pertengkaran Abit dengan Oyien, dua orang yang telah menjalin hubungan persahabatan sejak kecil. Bahkan selama ini hubungan keduanya hampir selalu baik-baik saja.

Merasa bertanggung jawab dengan perannya sebagai detektif cinta, dan memang tidak menginginkan Abit dan Karin berpisah, Oyien malah jadi pusing sendiri ketika Karin memberitahuinya ia akan kuliah di Jepang. Itu artinya setelah UAN yang hanya tinggal beberapa minggu lagi, Karin tidak akan ada lagi di Indonesia. Sungguh, Oyien ingin membantu Abit dan Karin balikan lagi. Ditengah kepusingannya untuk membantu memperbaiki hubungan Karin dan Abit, Oyien semakin pusing dan bingung saat dengan tiba-tiba, Dimas, cowok yang pernah mengalahkannya di balapan liar menyatakan perasaan sukanya kepada Oyien.

Semakin campur aduklah perasaan Oyien, karena sesungguhnya, didalam hatinya, ada sesuatu yang Oyien pendam sejak dulu tanpa ada seorangpun yang tahu. Sesuatu itupun yang dengan perlahan mulai terkuak seiring kasus yang ditanganinya. Sesuatu yang mungkin akan menghancurkan hati orang-orang yang disayanginya.

Bagaimana nasib hubungan Abit dan Karin selanjutnya? Bagaimana pula dengan Dimas, apakah Oyien akan menerima cintanya? Setelah sebelumnya Abit mengaku bahwa ia tidak menyukai salah satu dari ketiga cewek itu, mengapa ia mau berpisah dengan Karin? Mungkinkah sebenarnya ada cewek lain yang sedang disukai Abit?

==========

Buku ini, saya sudah cukup dibuat bingung dari sejak membaca sinopsisnya. Pabeuliiit!! Terlebih dengan penggunaan kata-kata yang tidak sesuai dengan EYD sangat menggganggu saat membacanya.

Terlepas dari kekurangan yang ada, dari kisah yang bercerita tentang cinta, persahabatan dan pengorbanan ini, saya menangkap sebuah pesan bahwa tidak selalu mudah untuk cinta yang tumbuh dari sebuah persahabatan karena pada akhirnya bisa saja kita jadi berhadapan dengan pilihan : mempertahankan persahabatan atau cinta itu sendiri. Namun demikian, ingatlah bahwa cinta akan selalu mampu untuk membuat orang-orang merasa bahagia dengan caranya sendiri, yang kadang terasa misterius dan tak terduga sebelumnya.

No comments :

Post a Comment