Friday, September 11, 2015

Gerhana Matahari Sebagian 13 September 2015

1 comment
Gerhana adalah fenomena astronomi yang terjadi sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. Istilah ini umumnya digunakan untuk gerhana Matahari ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, atau gerhana bulan saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Namun, gerhana juga terjadi pada fenomena lain yang tidak berhubungan dengan Bumi atau Bulan, misalnya pada planet lain dan satelit yang dimiliki planet lain.

Pengertian, Proses Terjadi dan Lama Waktu Berlangsungnya Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi pada waktu bulan berada di antara bumi dan matahari, yaitu pada waktu bulan mati, dan bayang-bayang bulan yang berbentuk kerucut menutupi permukaan bumi. sehingga sebagian menutupi Matahari.

Apabila Gerhana posisi Bulan terletak berada pada satu garis lurus , di antara Bumi dan Matahari maka akan tertutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.matahari terjadi. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi. Penyebab lain adalah letak Bulan yang lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Gerhana matahari tidak dapat berlangsung melebihi 7 menit 40 detik. Pada saat terjadi gerhana Matahari orang dilarang melihat langsung dengan mata telanjang ke arah Matahari. Jika dilakukan maka mata dapat mengalami kerusakan permanen dan mengakibatkan kebutaan.

Macam-Macam Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin. Untuk masing-masing dari ketiga jenis gerhana Matahari tersebut silahkan baca : Mari Lebih Memahami Tentang Gerhana Matahari, karena pada postingan kali ini, hanya akan diinformasikan tentang gerhana Matahari sebagian, khususnya yang akan terjadi pada tanggal 13 September 2015.

Menurut publikasi info gerhana dari situs Cuaca Perak, berikut informasinya :

Gerhana Matahari Sebagian, 13 September 2015
Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan skema dan animasi terjadinya gerhana Matahari sebagian, dibawah ini :

Skema gerhana matahari sebagian
di lihat dari wilayah sebelah Utara sebagai jalur gerhana sentral.

Animasi Gerhana Matahari Sebagian
Sumber Gambar : Night Sky
Sayangnya, gerhana Matahari sebagian yang akan terjadi pada tanggal 13 September 2015 ini, tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia. Gerhana dapat dilihat di Antartika, Perbatasan Samudra Atlantik dan Hindia, dan Afrika bagian Selatan. Proses global fase Gerhana Matahari Sebagian adalah sebagai berikut :


Silahkan berbagi informasi ini dan semoga bermanfaat.

1 comment :

  1. yaaaah ... sayng bangt di indo gk terlihat ....hehe

    ReplyDelete