Sunday, October 4, 2015

Happy 4th Anniversary Klub Buku Indonesia!

1 comment
Haai, selamat hari Minggu.. ^_^

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari klub (kata benda) adalah ; 1. perkumpulan yang kegiatannya mengadakan persekutuan untuk maksud tertentu; 2. gedung tempat pertemuan anggota suatu perkumpulan.

Mengacu kepada pengertian klub yang pertama, dan sudah menjadi kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendirian, maka, penting bagi kita untuk meluangkan sebagian waktu kita untuk bergabung dan berada di sebuah perkumpulan. Ada banyak perkumpulan yang bisa kita ikuti sesuai dengan minat kita masing-masing. Misalnya, perkumpulan tersebut bisa berasal dari hobi, kepentingan dan atau tujuan yang sama.

Mengapa bergabung dengan sebuah perkumpulan itu penting? Karena, bergabung dengan satu atau bahkan mungkin beberapa perkumpulan sekaligus, sejatinya bisa menambah pengalaman dan belajar untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai makhluk individu dengan menggunakan peran kita sebagai makhluk sosial. ^_^

Begitu pula dengan saya, sampai sejauh ini, saya bergabung dengan beberapa perkumpulan sekaligus. Salah satunya adalah sebuah perkumpulan yang berisi para pecinta buku. Mereka adalah orang-orang yang gemar membaca. Dimana melalui perkumpulan ini, kami, para anggotanya yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, eh kayaknya sih ada  juga yang berasal dari luar negeri, plus beragam usia sifat dan karakter pula, banyak berbagi informasi tentang buku dengan genre bacaan yang beragam, baik itu buku-buku dalam negeri ataupun buku-buku luar negeri. Dan nama perkumpulan yang saya ikuti tersebut adalah Klub Buku Indonesia.

Nah, pada tanggal 6 Oktober 2015 nanti, Klub Buku Indonesia akan genap berusia 4 tahun. Panjang bener ya preamble-nya, haha... whatever,

Happy 4th Anniversary Klub Buku Indonesia!!!


Semogaaa... :
1. semakin menjadi sebuah klub buku yang lebih baik lagi, yang bisa membuat kita para anggotanya selalu merasa senang berada di dalamnya.

2. semakin bermanfaat, baik itu bagi para anggotanya sendiri ataupun orang-orang di luar sana

3. semakin banyak lagi aktivitas sosial atau aktivitas-aktivitas positif lainnya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan minat membaca bagi setiap warga negara Indonesia demi terwujudnya Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca, sebagaimana visi yang diusung Perpustakaan Nasional dalam rencana strategis baru tahun 2015-2019
*aku ngomong apaa*

4. tetap menjadi sebuah wadah bagi kami para anggota, saya khususnya untuk belajar membina hubungan yang baik dengan banyak orang

5. dan gaess... semoga persahabatan kita semakin, semakin, dan semakin erat yaa :)

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang keempat ini, kami, para anggota Klub Buku Indonesia lagi seru-seruan di media sosial dengan hashtag #4TahunKBI, mulai dari tanggal 3 sampai dengan 6 Oktober 2015 ini, dengan masing-masing tema yaitu kesan selama bergabung dengan KBI, bahasan paling seru, dan KBI Idol yaitu tentang siapa anggota KBI yang paling digandrungi oleh anggota KBI lainnya beserta alasannya.

Berhubung tantangan hari pertamanya terlewat, tapi saya pengen full ikutan semua tantangannya, jadi biar adil semua challenge tersebut akan saya tulis pada satu post blog ini. Baiklah, mulai yaa...

Kesan selama bergabung dengan KBI
KBI, Klub Buku Indonesia ini adalah sebuah klub buku yang ajaib bagi saya!!. Pertama kali gabung dengan klub ini pada tanggal 6 Juli 2014, detail ya? Iya untung aja ada Snap Bird. Thank you, Snap Bird, berkatmu saya jadi mudah mencari tweet-tweet saya yang lampau, haha... Nah, waktu itu, jujur agak-agak deg-degan, dan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti : Wahh, klub buku Indonesia? Seperti apa ya? ah, minder deh, bacaan aku kan cuma yaa...apalah-apalah... eh ini kata-katanya siapaa? aku pinjem deh yaa, hehe...

Dan... setelah mas Arwan, yang kemudian saya tahu sebagai salah satu sesepuh KBI ini menerima request saya untuk bergabung dengan grup Whatsapp KBI. Ya betul, selama ini, para anggota KBI terhubung melalui grup messenger Whatsapp. Beberapa jam setelah gabung, hwoww... seperti yang saya bilang tadi, klub ini ajaib. Klub ini jauh dari ekspektasi saya terhadap sebuah klub buku. Tidak bermaksud membanding-bandingkan, selain KBI, saya memiliki perkumpulan buku lainnya, dimana yang sering dibahas di klub tersebut ya tentu saja, melulu tentang buku. Kalau udah menyerempet-nyerempet ke arah curhatan pribadi atau hal-hal lain diluar tentang buku, ya kita biasanya saling mengingatkan untuk saling japrian aja. Tapi gak di KBI, kami bahas semua hal disini. Mulai dari musik, film, resep masakan, hobi, curhatan pribadi, tentang si anu yang dijodoh-jodohin sama si anu yang juga sesama member KBI, wkwkk... bahkan perkembangan tentang IPOLEKSOSBUDHANKAM kadang dibahas jugaa. Tidak hanya itu, sifat dan karakter yang beragam, serta ego setiap anggota kadang bisa begitu terpampang dengan jelas sekalipun komunikasi kami hanya melalui teks. Eh unttuk yang bagian terakhir ini, entah deh mungkin cuma perasaan aja yang kebanyakan nyimaak, hehehe...

Namun, apalah arti semua itu, toh, kami masih punya satu kesamaan. Kami sama-sama senang membaca. Dan justru dengan keterbukaan itulah, saya merasa nyaman berada diantara mereka. Omong-omong saya udah dua kali left dari grup messenger-nya. Oh, no.. no... no.. saya left bukan karena hal-hal lain, tapi murni karena gadget saya lagi ngadat aja waktu itu. Saya banyak belajar dari sifat dan karakter mereka yang beragam. Saya tidak lagi merasa minder dengan bacaan-bacaan ataupun genre yang kadang tidak banyak disukai oleh anggota-anggota KBI lainnya. Saya senang dan bangga bisa menjadi bagian dari Klub Buku Indonesia. :)

Bahasan paling seru di KBI
Oh iya, saya belum kasih tahu ya, jadi di KBI ini, setiap harinya kami punya jadwal bahasan harian dimulai antara pukul 19.00-21.00 WIB s/d selesai, yaitu :
#SeninEYD 
(PIC: Dida)
1. Percakapan setiap anggota grup WAJIB menggunakan bahasa INDONESIA yang baik dan benar.
2. Dilarang menyingkat kata, memakai emotikon, dan menggunakan bahasa 4l4y.
3. Saling membetulkan kesalahan sesama anggota.

#SelasaTokoh
(PIC: Eko)
Mendiskusikan tokoh-tokoh dunia maupun Indonesia oleh tim Selasa Tokoh.

#RabuFilm
(PIC: David)
Mendiskusikan film-film dunia maupun Indonesia, terutama yang diadaptasi dari buku, diisi oleh tim Rabu Film.

#KamisBuku
(PIC: Dhila)
Mendiskusikan buku-buku dunia maupun Indonesia oleh tim Kamis Buku.

#JumatKuis 
(PIC: Vy)
1. Kuis dengan sistem poin.
2. Materi kuis berasal dari pembahasan yang berlangsung di dalam grup, buku-buku, tentang anggota dan kebiasaan anggota grup, dan lainnya.
3. Setiap bulan akan dipilih satu orang pemenang kuis yang memiliki poin terbanyak, untuk dinobatkan sebagai anggota "Ter-KBI".

#SabtuBerbagi
(PIC: Muna)
Saling berbagi ilmu, diisi oleh pemateri dari anggota grup yang memiliki latar belakang pendidikan atau keahlian di bidang Psikologi, Astronomi, Agama, Filsafat, Bahasa dan Sastra, Komunikasi, Ekonomi, dan lainnya. 

#MingguSharing
(PIC: Putri)
Mendiskusikan hal-hal yang bersifat formal maupun tidak formal, terkait isu terkini yang sedang berkembang, cerita pribadi anggota grup, informasi umum, dan lainnya. Setiap anggota grup boleh mengajukan ide pembahasan dan menjadi pemateri yang membahas idenya tersebut.

Selain itu, pada setiap awal bulan kami berdiskusi untuk menentukan judul buku yang akan menjadi buku bacaan wajib bagi setiap anggota yang kemudian akan kami diskusikan di akhir bulan. Pembahasannya di mulai dari review cerita, unsur-unsur intrinsik, penokohan, latar cerita, sudut pandang, gaya bahasa, alur, tema dan amanat serta contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, tentu saja sudah ada baaanyak sekali bahasan yang didiskusikan di KBI. Dan kalau harus disuruh memilih bahasan mana yang paling berkesan, sebenarnya agak susah... Setiap bahasan memiliki kesan masing-masing juga tidak jarang memberikan point-point yang menambah wawasan saya... yuhuuu....

Tapi baiklah, saya akan memilih satu bahasan yang paling berkesan buat saya yaitu ketika kami sedang membahas salah satu buku karya penulis Dwitasari yang berjudul Kekasih Terbaik. Saat itu, begitu hebohnya antusiasme para hater dan lover anggota KBI saat berdiskusi tentang buku tersebut yang akhirnya merambah juga ke buku-buku lainnya karya dari penulis yang sama. Hal lain yang membuat bahasan tersebut menjadi bahasan paling berkesan bagi saya adalah... ya, karena yang membawakan review buku tersebut adalah saya. Iya, saya pemirsaa. Saya yang saat itu tidak tahu apa-apa tentang Dwitasari dan karya-karya beliau.

KBI Idol
Gaess.... buat aku, kita semua ini satu. Aku benar-benar gak bisa kalau harus menyebutkan satu nama dari kalian sebagai idola aku. Aku sayang kalian. Aku bangga jadi teman kalian. Dengan berbagai genre bacaan kalian yang beragam itu, aku mengidolakan kalian semua.

Tidak dipungkiri, dalam sebuah perkumpulan, pasti, kadang ada saja muncul hal yang membuat kita merasa tidak nyaman. Tapi, seperti yang aku bilang tadi, semoga, dengan bertambahnya usia klub kita tercinta ini, persahabatan kita menjadi semakin erat lagi. Meskipun kita, aku khususnya belum pernah bertemu kalian didunia nyata.

Dan ya... itulah tentang saya dan salah satu perkumpulan yang saya ikuti, Klub Buku Indonesia.


Tertarik bergabung bersama kami? Hubungi Klub Buku Indonesia melalui :

Email : klubbuku@yahoo.com
Twitter : @KlubBuku 
Instagram : @klubbuku 

Sekali lagi, Happy 4th Anniversary Klub Buku Indonesia!

  

1 comment :