Thursday, October 15, 2015

Rice Crust Pizza

1 comment
This is it....

Ini pizza. Eh iya bukan, ini nasi. Mirip pizza? Tapi ini bukan pizza. Ini nasi. Iyaa, nasi yang dimasak dan hasilnya seperti pizza kaaan? Hehehe.... *maksa*



Jadi, tadi siang itu nonton acara yang membahas tentang pizza. Hwahh... Jadi pengen. Tapi, berhubung disekitaran rumah gak ada yang jual Pizza, cuma adanya yang jual bakwan -_- 
Dan bahan-bahan buat bikin pizza nya pun gak ada, cuma ada saus botolannya aja dan sedikit oregano. Makaa, terpikirkanlah untuk berkreasi dengan nasi. Tapi... Apa lagi? Tadi itu bingung, gimana cara membuatnya ya...??? Hehee

Googling dikit, ternyata ada juga yg berbagi resep membuat semacam pizza tapi dari nasi!!! Keren. Langsung praktek deh. Sayangnya di resep itu pakai telur. Aku gak makan telur. Ahaa...aku punya ide! Jadilah resepnya seperti ini:

Bahan :
> 1/2 mangkuk nasi
> 2 sdm maizena, cairkan. Tapi bikin kental aja jgn terlalu cair. Akan lebih baik menggunakan telur...tapi berhubung aku gak makan telur, gak pakai telur deh
> Garam, merica dan oregano secukupnya
> Margarin
> Saus sambal
> Saus pizza
> Keju untuk toping, bisa juga tambahkan bakso atau daging cincang atau apa aja deh yang kamu suka yang biasanya jadi topping pizza favorit kamu

Cara membuat :
1. Campur nasi dengan cairan maizena kental (atau telur, jika menggunakan telur) garam, merica dan oregano.
2. Panaskan teflon. Setelah panas, gunakan api kecil. Lalu olesi rata permukaan teflon dengan margarin.
3. Tuang nasi ke teflon, ratakan dan tutup supaya matangnya merata. Kalau teflonnya persegi? Ya bikin aja nasinya jadi lingkaran gitu, kan biar mirip pizza. Hahaa....
4. Setelah setengah matang, olesi nasi dengan saus sambal, lalu saus pizza. Olesinya rata aja, biar cepet kering. Taburi keju parut dan topping lainnya sesuai selera.
5. Biarkan sampai nasi matang dan sausnya mengering. Tetap dengan api kecil yaa...

Setelah matang, angkat dan... Pizza nasi siap dihidangkan. Nom... Nom... Nom... Selamat mencoba.

Apa? Oh di foto, pinggiran nasinya gosong?
Ahh, enak kok, jadi ada sensasi kriuk-kriuknya gituu, hehehe... Nah, karena kriuk-kriuk kerak atau crust-nya itulah, makanya makanan ini aku kasih nama Rice Crust Pizza ^_^

1 comment :

  1. Kirain tadi pizza beneran mbak Dee..
    Izin save buat istri atau barangkali nanti Boku
    mau nyoba buat pizza seperti itu :)

    Happy Blogging !

    ReplyDelete