Thursday, November 5, 2015

Browser Google Chrome Tidak Dapat Menyambung Ke Internet, Mainkan Saja Dinosaurusnya

2 comments
Hari giniiih, siapa yang tidak tahu Google Chrome. Mungkin sudah hampir setiap orang, tahu, pernah, sering atau bahkan sekarang sedang menggunakannya. Benar kan? Pasti benar. ^_^

Google Chrome adalah sebuah browser atau peramban web gratis yang dikembangkan oleh Google untuk komputer Windows, Mac, dan Linux. Juga dapat dipasang di perangkat Android atau iOS.

Dan jujur saja, meskipun sudah selama bertahun-tahun menggunakan browser ini baik itu di komputer ataupun handphone, saya tidak pernah memperhatikan versi maupun detail lainnya dari browser yang mengusung tagline"fast, simple, and secure web browser" ini.

Hingga suatu hari, saat sedang asyik menjelajah internet tiba-tiba saja aliran listrik di rumah saya mati, yang tentu saja membuat akses internetpun terputus, sehingga tampilan layarnya jadi seperti pada gambar dibawah ini,


Sebelum-sebelumnya, saat akses internet terputus dan saat layar komputer menampilkan tampilan layar seperti pada gambar diatas, biasanya saya membiarkan atau meninggalkan dahulu komputer saya sampai listrik menyala kembali. Saya juga tidak tahu sejak versi keberapa browser ini menampilkan Dinosaurus kecil di layarnya saat akses internet terputus. Dulu, rasa-rasanya tidak ada Dinosaurusnya saat akses internet terputus. Dan pada hari itu, karena agak kesal dengan akses internet yang tiba-tiba terputus itu, saya ingat, saya mengetuk-ngetukkan jari ke keyboard, tepatnya tombol “Space” atau tombol “Spasi”, lalu tiba-tiba gambar Dinosaurus kecil itu tampak bergerak dari kiri ke kanan. Begitu tidak lama bergerak tiba-tiba tulisannya Game Over.

Dari situ, saya mulai sadar kalau ini sebuah game atau permainan. Sambil ragu-ragu saya muat ulang (refresh) halaman tersebut dan akses internet masih dalam keadaan terputus, si Dino muncul lagi!!!.

Tapi, saya bingung, tidak tahu bagaimana cara memainkan permainan Dinosaurus ini. Lalu sambil mencoba-coba, saya coba tekan lagi tombol “Spasi”.

Yeayy!!
Benar saja, si Dino mulai beraksi lagi. Kakinya bergerak-gerak seperti sedang berlari.



Penasaran, saya tekan lagi tombol "Spasi", dan si Dino melompat!




Setelah merasa benar-benar menguasai (hyealaah -__-) permainan ini, yang ternyata, tugas pemain adalah menggerakkan Dinosaurus untuk melewati halang rintang. Si Dinosaurus harus melompati pohon kaktus. Semakin lama dan semakin banyak berhasil Dinosaurus melompati kaktus besar dan kaktus kecil, maka semakin cepat pula Dinosaurus berlari. Setiap kali nilai yang didapatkan oleh Dinosaurus saat berhasil melompati sebanyak 100 kaktus, pemain akan diberi tanda berupa bunyi "beep" yang nyaring.



Jadi intinya, untuk memainkan game Dinosaurus di browser Google Chrome saat tidak tersedia akses internet ini, yaitu :
1. Tekan tombol “Spasi” untuk memulai permainan.
2. Tekan tombol “Spasi” untuk melompati kaktus pohon kaktus.
3. Tekan tombol “Spasi” lagi untuk mengulang kembali permainan.

Buat saya, permainan Dinasaurus yang sederhana ini sangat membantu untuk mengusir kejenuhan saat menunggu akses internet yang terputus. Tapi, kalau akses internetnya mati sampai berjam-jam atau bahkan sampai berhari-hari, yaaa lebih baik mending matikan saja dulu komputernya dan kerjakan aktivitas yang lain, jangan sampai lupa waktu gara-gara main si Dino, hehehe...

Tentu saja, jika memang menginginkannya, kamu juga bisa bermain game Dinosaurus ini tanpa harus menunggu akses internet terputus karena aliran listrik mati, misalnya. Dengan cara, membuat komputer tidak terhubung dengan internet (“disconnect”). Setelah itu, buka browser Google Chrome dan (dari informasi yang saya dapat) pastikan kalau browser kamu adalah versi 38.0.2125.122 ke atas. Lalu, mainkan permainan Dinosaurusnya :)

Permainan Dinosaurus ini juga bisa dimainkan juga di handphone Android. Berikut caranya :
1. Pastikan di handphone Android kamu sudah terinstal bowser Google Chrome.


2. Ubah mode handphone Andorid kamu ke mode Airplane atau matikan sambungan internet atau sinyal WiFi-nya.
3. Buka browser Google Chrome dan biarkan sambungan internet handphone kamu dalam kondisi offline.
4. Ketik alamat web atau sesuatu di kotak pencarian browser Google Chrome.
5. Maka akan muncul Dinosaurus di browser Google Chrome kamu.

 

6. Ketuk atau tap Dinosaurus tersebut, untuk memulai permainan.
7. Ketuk lagi agar Dinosaurus melompat menghindari pohon kaktus.


8. Jika "Game Over", ketuk saja lagi untuk mengulang permainan.

Nah, buat yang belum tahu... ayo mainkan, jangan dianggurin aja si Dinosaurusnya dan lihat berapa nilai tertinggi yang bisa kamu dapatkan. ;)

Buat yang sudah tahu, pasti deh di dalam hatinya bilang, "Hihh, baru tahu?? Dibikin tulisan malah jadi ribet banget...". Ahahaa... sama, saat memainkannya, mudah banget... tapi saat saya menulis ini, ribet juga ya menjelaskannya.

Terima kasih buat yang sudah membaca tulisan ini sampai selesai, dan buat semuanya... jangan lupa untuk selalu bergembira :)

2 comments :

  1. weeeeew baru tau akuuuu setelah sekian lama pake chrome, sungguh cupu dan gaptek -_-

    ReplyDelete
  2. hahahaha aku baru tau deee makasih nih

    ReplyDelete