Sunday, July 24, 2016

Book Review : Cinta Sepanjang Amazon by Mira W.

1 comment
"Jika aku mencium kakimu memohon ampun, masih adakah harapan untuk membatalkan perceraian kita?"

Aries sangat mencintai istrinya. Dengan cinta sepanjang Sungai Amazon.
"Selama Sungai Amazon masih mengalir," itu sumpahnya di depan Vania. "Cintaku kepadamu takkan pernah kering."

Tetapi ketika Vania ingkar janji dan menyakiti hati suaminya untuk kedua kalinya, masih adakah maaf baginya?
Karena harga pengkhianatannya kali ini adalah harga sebuah nyawa!




Identitas Buku
Judul : Cinta Sepanjang Amazon
Penulis : Mira W.
Kategori : Romance, Fiksi, Drama
Tebal : 368 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2008
Rate : 2/5 Bintang


Review
Vania, adalah seorang mahasiswa tingkat akhir dan pemilik warung internet (warnet) yang berlokasi di kampus tempatnya kuliah. Vania adalah sosok gadis yang cerdas, mandiri dan pekerja keras.

Suatu hari, warnet Vania didatangi oleh Aries, yang terkenal dengan sebutan cowok seratus hari. 

P.L.A.Y.B.O.Y
Iyakk... playboy banget gitu ceritanya -__-

Nah, Ia pun tertarik untuk menaklukkan hati Vania yang sejak pertemuan mereka, Vania yang selalu bersikap judes dan galak kepada dirinya. Hampir kesemua orang juga sih... pokoknya kalau nganu-nganu sama dia, siap-siap diteriakin, dijudesin deh...

Siapa sih Aries? Aries ini adalah calon direktur perusahaan rokok terkenal. Anak konglomerat yang juga anak mami gitu deh...

Kegigihan Aries mendekati Vania, lama-lama membuat hati Vania mulai goyah. Mereka menjalin cinta dan tidak lama kemudian berencana menikah. Secepat itu? yaa... secepat itu...

Tentu saja, rencana tersebut ditentang oleh keluarga Aries karena keluarga Aries menganggap Vania tidak sepadan dengan derajat mereka. Namun Aries nekad menikahi Vania. Ia bahkan keluar dari rumahnya yang megah, meninggalkan keluarganya dan tinggal bersama Vania di sebuah rumah sederhana yang juga sempit. 

Kabur... demi menikah dengan pujaan hati, padahal kan yaa dia anak mami banget, tapi ternyata bisa juga ya dia melakukan itu... Oh inikah kekuatan cinta? ^_^

Aries menjual mobil mewahnya, sebagian ia kembalikan kepada ayahnya dan sebagian lagi ia gunakan untuk mengajak Vania berlibur, mereka berbulan madu ke sungai Amazon. 

Agak-agak gimana gitu ya... Honeymoon, ke Amazon... -_-

Awal-awal pernikahan, rumah tangga mereka berjalan mulus. Hingga kemudian, masalah muncul ketika Guntur, sahabat sekaligus pengawal Aries, ingin terus bersama Aries. Dia selama ini hidup menumpang dirumah kecil Vania. Meskipun mulai merasa kesal dengan keberadaan Guntur, Vania tidak mampu menyuruh Guntur ataupun meminta Aries agar Guntur pergi dari rumah mereka, karena untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka saja, masih kesulitan

Hingga suatu hari, Vania yang pulang kerja, capek..mendapati rumah yang berantakan, dan Guntur yang tak henti-hentinya merokok, bahkan Aries yang selama ini jarang sekali merokok, ikut-ikutan merokok. Saat itu juga, Vania marah dan meminta Aries agar Guntur segera pergi dari rumah mereka. 

Aries? Dia tidak tega kalau harus menyuruh Guntur pergi, ia merasa berutang budi, Guntur selama ini selalu ada untuknya. 

Persahabatan mereka ini ya, patut dicontoh, hehe... 

Mengetahui bahwa dirinya sumber pertengkaran Aries dan Vania, Guntur merasa bersalah, tapi ia tidak tau apa yang harus dia lakukan

Pertengakaran hebat tak terelakkan. Aries pergi dari rumah. Guntur yang emosi karena terus disindir dan diberi sikap tidak menyenangkan dari Vania, setelah bertengkar dan menampar Vania, ia kemudian malah tertantang untuk memperkosa Vania. 

Guntur... Guntur... eh alaah... ckckckk...

Guntur yang merasa telah mengkhianati Aries mengorbankan diri untuk melindungi sahabatnya itu saat Aries berkelahi dengan lawan main biliarnya.

Guntur meninggal dan Aries kembali ke rumah orang tuanya.

Mas Aries ini gimana ya... udah pamitan keluar dari "istana"nya, terus balik lagi... dan yang bikin dua kakaknya Sagitariadan Taurina sebel banget, dengan tangan terbuka, menyambut hangat kedatangan Aries

Di sisi lain, Vania mengalami depresi karena ia hamil... anak Guntur!. 

Vania berniat menggugurkan kandungannya demi menyelamatkan pernikahannya. Karena Ia tidak tahu bagaimana harus memberi tahu Aries tentang kehamilannya. Terlebih ia harus mengatakan bahwa ia mengandung anak Guntur. Dan saat itu, Aries kembali mencari Vania, Aries marah mengetahui Vania berniat melenyapkan calon anaknya. Aries meminta Vania mempertahankan anaknya dan mereka akan bercerai, setelah bayi mereka lahir. Aries tidak tahu tentang peristiwa yang terjadi antara Guntur dan Vania

Aries dan Vania kembali hidup serumah, tetapi saling diam.

Ketika Vania melahirkan, Aries memberi kesempatan tiga bulan untuk Vania tinggal bersama anaknya. Aries telah bertekad akan menceraikan Vania dan membawa anaknya ke hadapan ayahnya. Namun, Vania kabur membawa anaknya tepat ketika Aries telah menelepon ayahnya dan membatalkan perceraiannya dengan Vania.

Vania melarikan diri ke Australia. Bagian yang bisa dibilang gak logis, biaya dari mana? menjualrumah sepetak gitu apa mencukupi?

Di sana, Vania bertemu dengan Rudi, pria 40-an tahun yang menderita kanker hati. 

Vania dan Rudi tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan, ketika tahu umurnya tidak lama lagi, Rudi bertolak ke Jakarta untuk meminta warisannya pada Rangga, kakak Rudi yang menikah dengan kakak Aries, Sagitaria

Sagitaria, kakak Aries yang cerdas, tidak mudah dibodohi. Ketika Sagitaria melihat foto Vania yang ditunjukkan oleh Rudi, Sagitaria memberitahu Aries. Aries menemui Vania dan memaksanya kembali ke Indonesia. Aries menolak menceraikan Vania, meskipun Aries tahu Rudi diambang maut. Namun ketika Arvan, anak Vania, terus merengek memanggil-manggil Rudy dengan sebutan "Papa", Aries tahu dia tidak ada di hati anaknya

Aries merelakan Vania untuk Rudi. 

Dari hasil tes DNA yang dilakukan Gita kepada Arvan, Aries tahu bahwa Arvan adalah anak Guntur. Dan saat itu pula ia sadar, cintanya untuk Vania tak pernah padam, cintanya tetap sepanjang Amazon. 

Sepuluh tahun setelah kematian Rudi, Aries tetap menunggu Vania di sungai Amazon. Dan apakah Vania juga akan datang menemui Aries? 

=================================================

Cukup kecewa dengan karakter para tokohnya, eh kecuali Aries deh ya.. karakternya diceritakan jadi lebih baik dari sebelumnya. Karakter Vania yang katanya mandiri, itu kemana?? dia malah mau-mau aja hidup bergantung serumah sama Rudi padahal masih berstatus istri Aries.

Secara keseluruhan dan menurut aku, iya... ini hanya menurut aku aja ya... karakter tokoh-tokohnya lemah... semua peristiwa terjadi begitu saja dan serba kebetulan. Beberapa bagian malah gak logis banget kalau menurut aku. Stres aku bacanya.... gak ada tokoh yang bikin aku :
"Hey, oke aku memihak kamu"

Kata-katanya di beberapa bagian dialognya memang menggunakan kata-kata yang kalau menurut aku kasar,tapi banyak juga bagian dialog yang lucu.... komedi romantis banget diawalnya. Sayangnya, makin banyak halaman yang aku baca, ekspektasi aku terhadap jalan ceritanya jauh banget.

Tapi meskipun demikian, ada pesan yang bisa kita dipetik disini, hmm... apa ya, ah oke... selain hendaknya berpikir dahulu secara matang sebelum mengambil keputusan (menikah terutama yaa), juga ada bagaimana kita harus mencoba belajar memaafkan orang yang kita cintai. Memang agak klise dan berat tapi kalau dicoba rasanya tidak ada yang salah bukan? hohoho :P

1 comment :

  1. Deeeeee aku kangen nih maen kemari :'D

    wah wah ceritanya menarik ya. baca review an dari mu rasanya puas banget :D bener noh. duit buat kabur ke australi darimana coba -_-


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete