6 Langkah Mudah Memasang Widget Slideshow Instagram di Blog

Haai, kamu seorang Blogger? kamu juga pengguna Instagram? Jika ya, pasti kamu ingin menampilkan foto-foto yang kamu posting di Instagram it...

Haai, kamu seorang Blogger? kamu juga pengguna Instagram? Jika ya, pasti kamu ingin menampilkan foto-foto yang kamu posting di Instagram itu di blog kamu juga kan?. Karena dengan cara ini, mungkin akan menarik lebih banyak pengikut dan mendekatkan kamu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan kamu.

Nah, kali ini aku mau berbagi cara untuk memasang widget foto dari Instagram di blog dengan platform Blogger. Caranya sangat mudah, disini aku menggunakan aplikasi SnapWidget. Berikut langkah-langkahnya,

1. Buka website SnapWidget


2. Scroll ke bagian bawah, dan klik "Create Your Free Widget" untuk Instagram. Ada beberapa pilihan, yaitu Grid, Board, Scrolling dan Slideshow, kamu tinggal pilih mana yang kamu inginkan. Sedangkan yang aku pilih ini untuk hasil tampilan berupa slideshow


3. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk membuat akun SnapWidget. Bisa dengan menggunakan alamat email, atau akun Facebook kamu.

4. Setelah itu, akan tampil form yang harus kamu isi. Dibawah ini contoh form sudah aku isi dengan akun instagram aku,


Keterangan:
> Username: Tulis username akun Instagram kamu.
> Description: Isi sesuai dengan deskripsi atau bio akun Instagram kamu. Kalau menurut aku, ini optional. Jadi, boleh diisi ataupun tidak.
> Thumbnail Size: Isi sesuai dengan resolusi gambar yang kamu inginkan.
> Untuk Photo Border, Background Color, Hover Effect, Sharing Buttons dan Responsive silahkan tentukan sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan juga.

Aku sarankan untuk selalu klik tombol  Preview  terlebih dahulu, sebelum akhirnya klik  tombol Get Widget, agar tampilan widget Instagram yang kamu buat benar-benar sesuai dengan yang kamu butuhkan.

5. Klik "Get Widget" maka akan muncul pop-up box berisi kode HTML widget. Lalu klik "COPY TO CLIPBOARD" 


6. Masuk ke akun blog kamu. Pada dashboard klik "Tata Letak", klik "Tambahkan Gadget", pilih "HTML/JavaScript". Lalu PASTE kode HTML tadi dan beri judul sesuai dengan yang kamu inginkan. Kemudian klik "Simpan" dan klik "Simpan Setelan". Selesai 


Gimana? Mudah ya... sekarang foto-foto keren kamu di Instagram jadi bisa dipamerkan ditampilkan di blog kamu juga. Untuk hasil widget slideshow yang aku buat diatas, tampilannya bisa kamu lihat di bagian kanan blog aku ini. 

Jangan lupa, untuk follow aku akun Instagram aku yaa, hehe... *teteep* di @ade_reads komen atau DM aja kalau mau di follback. See you there!


- - - UPDATE - - -
Ternyata, entah mulai kapan, aku juga gak tahu persis untuk membuat widget (baik itu widget untuk Facebook, Instagram ataupun Twitter) di SnapWidget dibutuhkan Log In dengan akun-akun terkait. Yaitu memasukkan username dengan password, jika kamu ingin tetap melanjutkannya klik Authorize sebagai syarat bahwa kita mengizinkan SnapWidget terhubung dengan akun Facebook, Instagram atau Twitter kita. Setelah itu, apalagi jika kamu menggunakan PC milik orang lain, untuk keamanan, jangan lupa untuk Log Out dari akun-akun media sosial kamu itu ya ;)

You Might Also Like

0 Comments