Format Transfer BNI SMS Banking

Hai, Hai... Assalamualaikum... Lama ya saya gak nulis disini. Sebetulnya ada banyak hal yang ingin saya tulis dan bagikan disini... tapi,...

Hai, Hai... Assalamualaikum...
Lama ya saya gak nulis disini. Sebetulnya ada banyak hal yang ingin saya tulis dan bagikan disini... tapi, tapi, ya begitu deh, hehehe... Dari sekian banyak hal itu, salah satunya yang baru saja kemarin saya alami, tentang aplikasi layanan BNI SMS Banking yang tidak bisa dipakai.


Saya cerita dulu ya, sudah sekitaran 3 atau 4 tahunan ini saya menggunakan layanan SMS Banking dari BNI dan selama itu pula, seeegala sesuatunya aman-aman saja. Saya download aplikasinya yang ada playstore itu lho.

Nah, selama kurang lebih satu bulan terakhir, saya tidak melakukan transaksi apapun dengan nomor rekening dan aplikasi tersebut. Baru 4 hari yang lalu saya menggunakan aplikasinya lagi. Iyaa, pas harbolnasan kemarin itu transfer kemana-mana kaaan, hahaha... Lalu, kaget, kesel dan panik! Kenapa? Karena, tidak bisa melakukan transfer! Percaya deh, sampai keringetan gak jelas >_<. Di coba sampai beberapa kali, ya siapa tahu aja lagi ada gangguan, maintenance atau apa gitu, tetap aja balasan SMS nya seperti ini:

"Maaf, perintah yang Anda ketikkan salah.
Info: hub BNI Call 1500046 atau cabang BNI terdekat"

Saya kepikiran, apa mungkin karena aplikasinya belum saya update...?. Setelah saya cek, aplikasi tersebut sudah dalam versi terbaru. Akhirnya, saya coba hubungi nomor BNI Call yang ada di SMS. Menurut mbak CS nya, untuk beberapa transaksi, format otomatis dari aplikasi memang sudah berubah dan lebih baik ketik manual perintah transaksi melalui SMS dan dikirim ke nomor 3346. Saat di kasih tahu informasi seperti itu, rasanya kaki tiba-tiba gak napak, badan melayang... kalau dalam bahasa Sunda, ada gendok-gendoknya gitu, haha... Iya lah... sudah berapa banyak pulsa yang aku pakai buat mengulang-ulang mencoba transfer yang TERNYATA formatnya memang sudah berubah, saudara-saudara!. Pengen nangis!

Dan, seperti inilah format transaksi untuk transfer sesama bank BNI dan antar bank:

Transfer Sesama Rekening BNI:
TRANSFER<spasi>[Nomor Rekening Tujuan]<spasi>[Nominal Transfer]

Transfer Antar Bank:
TRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>[KodeBank+Nomor Rekening Tujuan]<spasi>Nominal<spasi>#Kode Referensi#

Saya kasih contoh untuk transfer antar bank yaa, misalnya saya mau transfer Rp. 50.000 ke nomor rekening Mandiri, maka format SMSnya seperti berikut:

TRANSFER ANTARBANK 008nomorrekeningtujuan 50000 ##

Lalu kirim ke 3346, tunggu balasan dan ikuti perintah selanjutnya seperti biasa. Untuk kode Bank, bisa dilihat di aplikasi ya... jadi, aplikasinya lebih baik gak usah di uninstal saja. Tadi, sebelum saya menulis ini saya coba baca-baca dan ternyata sudah ada pengumuman dari pihak BNI mengenai ini, bisa di baca di:


Dan untuk format transaksi lainnya, lebih lengkap bisa di cek di:


Saya tidak tahu karena memang belum melakukan transaksi lagi dengan menggunakan aplikasi, apakah sekarang aplikasinya sudah berfungsi lagi atau tidak. Dan pastinya, yang berbagi pengalaman dan informasi ini sudah banyak banget, tapi siapa tahu aja ada yang nyasar kesini dan membutuhkan informasi ini, semoga bermanfaat yaa... :)

You Might Also Like

0 Comments