KALENDER ASTRONOMI NOVEMBER 2013

Assalamualaikum.... Yeayyy.... November has come.!!! Dan inilah beberapa peristiwa terkait astronomi yang terjadi pada bulan Novembe...

Assalamualaikum....

Yeayyy.... November has come.!!!
Dan inilah beberapa peristiwa terkait astronomi yang terjadi pada bulan November ini. Check this out :

1 November 2013

  • Elongasi Tertinggi Planet Venus : Pada tanggal 1 November 2013 kemarin, planet Venus berada pada elongasi tertinggi di langit. Elongasi adalah sudut yang dibentuk oleh garis yang menghubungkan Bumi-Matahari dengan suatu planet.
3 November 2013

  • Bulan Baru : Bulan akan berada diantara Bumi dan Matahari dan tidak akan terlihat dari Bumi. Fase ini terjadi pada pukul 07:50 WIB, malam hari. Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mengamati objek-objek langit yang redup seperti galaksi dan gugus bintang karena tidak ada cahaya bulan yang mengganggu.
  • Gerhana Matahari Campuran : Gerhana Matahari Campuran terjadi saat sudut piringan Matahari sama besar dengan Bulan. Gerhana akan dimulai di Samudra Atlantik di lepas pantai timur Amerika Serikat dan bergerak ke timur melintasi Atlantik dan di Afrika Tengah. Durasi maksimum 1 menit 39 detik akan terjadi di Samudera Atlantik di selatan Pantai Gading dan Ghana. Dan hampir dipastikan bahwa seluruh negara di Afrika dapat melihatnya. Kawasan benua Asia termasuk Indonesia kali ini tidak beruntung, karena matahari telah tenggelam pada saat bayangan Bulan merambat diatas Asia.

4 - 5 November 2013

  • Hujan meteor Taurids : Meteor akan muncul dari konstelasi Taurus dan berasal dari dua aliran yang terpisah. Yang pertama dihasilkan oleh butir debu dari Asteroid 2004 TG10 dan Aliran kedua dihasilkan oleh puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet Encke 2P. Diperkirakan akan ada 5 hingga 10 meteor pada setiap jamnya. 

6 November 2013

  • Bulan di Perigee : Bulan berada pada titik terdekatnya dengan planet Bumi, sehingga pada saat seperti ini bulan akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan penampakan bulan pada malam sebelum tanggal 6 November 2013
  • Konjungsi planet Saturnus : Konjungsi adalah suatu keadaan dimana pada saat itu sebuah objek di luar angkasa berada pada satu garis lurus dengan Matahari dan Bumi. Namun, pada tanggal 6 November ini, Sturnus akan berada di belakang matahari jika mengambil sudut pandang dari bumi, sehingga Saturnus tidak bisa dilihat/diamati
8 November 2013
  • Merkurius di Perihelion : Pada sekitaran pukul 02:00 dini hari, Merkurius akan berada di titik terjauhnya dengan Matahari.


15 November 2013
  • Pengamatan Komet ISON dengan mata telanjang sudah bisa dimulai.!!!
    Pengamatan bisa dilakukan saat menjelang pagi (subuh) dengan mengarahkan pandangan ke arah langit sebelah Timur
17 November 2013
  • Bulan Purnama : Fase purnama ini akan terjadi pada pukul 21:16 WIB
17 - 18 November 2013
  • Hujan meteor Leonid : Diperkirakan akan menghasilkan rata-rata sebanyak 15 meteor setiap jamnya. Namun sayang, pengamatan akan terganggu oleh cahaya Bulan.
18 November 2013
  • Bulan di Apogee : Bulan akan berada pada titik terjauhnya dari Bumi
28 November 2013
  • Komet ISON di Perihelion : Komet ISON akan berada pada titik terdekatnya dengan matahari. Yaitu berjarak 1, 17 juta km dari Matahari.
    Ini adalah kali pertamanya komet ini mendekati dan mengorbit matahari sejak 10.000 tahun lalu ia mulai terterik oleh gravitasi Matahari dan memulai perjalanannya, setelah selama ini berada di sabuk Kuiper. Dan pada bulan Novermber 2013 ini, akhirnya Komet ISON C/2012 S-1 ini akan mulai terlihat dari Bumi dan diprediksi akan menampilkan pemandangan yang terang dan spektakuler, bahkan beberapa astronom memperkirakan bahwa Komet ISON ini akan bisa cukup terang untuk dilihat pada siang hari.
Ok, That's for today, 
and Happy watching the sky, people... ^_^

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Referensi :

You Might Also Like

12 Comments