Hujan Meteor Geminid Desember 2013

Assalamualaikum...  Hai Skywatcher.... pernah mendengar pernyataan bahwa hujan meteor geminid adalah rajanya hujan meteor? Ya, itu kar...

Assalamualaikum... 

Hai Skywatcher.... pernah mendengar pernyataan bahwa hujan meteor geminid adalah rajanya hujan meteor? Ya, itu karena hujan meteor ini dianggap paling baik di langit, memproduksi hingga 120 meteor per jam pada puncaknya. Woww... amazing kan... ^_^
Jadi, penampakan hujan meteor yang satu ini, selain memiliki kelebihan dalam kecemerlangan juga dijamin akan memberikan pertunjukan yang sangat menghibur.

Nah, pada tahun 2013 ini hujan meteor geminid bisa disaksikan dan diamati pada akhir pekan ini. Kapan tepatnya? Menurut prediksi para astronom, tepatnya pada tanggal 14 Desember 2013 puncak hujan meteor tersebut akan terjadi.

Menurut informasi dari situs Universe Today, hujan meteor ini akan tampil maksimal dan menarik untuk disaksikan di langit malam. Puncak hujan meteor Geminid bisa mulai disaksikan pada hari Jumat 13 Desember 2013 pukul 13:00 Universal Time (UT) atau hingga pukul 10:00 UT pagi pada Sabtu 14 Desember 2013.

Lesatan 'bintang jatuh' ini akan mencapai titik maksimalnya selama beberapa jam, sekira pukul 02:00 UT pada Sabtu pagi. Sayangnya, hanya wilayah tertentu yang paling optimal untuk menyaksikan fenomena tersebut. 

Meteor-meteor pada hujan meteor geminid dihasilkan oleh objek seperti batu yang diidentifikasi oleh satelit NASA, IRAS, sebagai 3200 Phaeton pada tahun 1983. Tiap bulan Desember, planet Bumi melewati repihan benda antariksa yang mengelilingi 3200 Phaeton.

Meteor akan memancar dari konstelasi Gemini,
tetapi dapat muncul di mana saja di langit
(stellarium)
Astronom mengatakan bahwa wilayah Atlantik akan menjadi tempat ideal untuk melihat fenomena hujan meteor. Oh iya, hujan meteor Geminid pertama kali teridentifikasi oleh R.P. Greg di Manchester Inggris pada 1862. 

Lesatan hujan meteor ini diklasifikasi berkecepatan sedang. Astronom mengungkap, rata-rata bintang jatuh ini bergerak 35 kilometer per detik, meninggalkan jejak panjang dan bersinar. 

Namun sayangnya, bulan akan ada beberapa hari sebelum fase sempurna dan akan menerangi langit malam, membuat meteor lain yang lebih redup tidak kelihatan.

Tapi jangan sedih yaa, karena sekitar pukul 4:30 (waktu lokal), bulan akhirnya akan tenggelam, membuat langit gelap gulita sekitar satu jam. Itu akan menjadi kesempatan kamu untuk melihat penampakan dua meteor per menit, atau 120 per jam.

Happy watching the sky, people...

Wassalamualaikum... Wr.Wb



Referensi :

You Might Also Like

26 Comments