Planet Bumi di Malam Hari

Assalamualaikum... Planet Bumi!!! Planet tercinta yang kita diami ini adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet ter...

Assalamualaikum...

Planet Bumi!!!

Planet tercinta yang kita diami ini adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru

Pernah terpikir kah saat malam hari tiba bagaimana pemandangan Bumi dari luar angkasa sana? Tapi gimana caranya ya... pasti repot mesti terbang setinggi-tingginya, belum lagi persiapan-persiapan seperti tabung oksigen dan lain-lain... Gak usah repot-repot seperti itu, dari situs Astronomy Picture of the Day, berikut adalah foto keseluruhan Bumi di malam hari yang luar biasa. Dan ini adalah gabungan beberapa foto Bumi di malam hari yang bersih dari awan.

Image Credit : NASA, NOAA NGDC, Suomi-NPP, Earth Observatory
Data and Processing: Chris Elvidge and Robert Simmon
Untuk lebih jelas mengamati gambar diatas, 
silahkan klik
  
APOD Earth at Night
Foto-foto tersebut dikumpulkan pada bulan April dan Oktober 2012 oleh satelit Suomi-NPP di orbit kutub sekitar 824 kilometer (512 mil) di atas permukaan Bumi menggunakan Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS).

VIIRS memberikan resolusi dan kepekaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan instrumentasi kuno pendeteksi cahaya malam global pada satelit DMSP.

Alat ini juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan kamera milik Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang mana melewati titik yang sama di Bumi setiap dua atau tiga hari, sementara Suomi-NPP bisa melewati titik yang sama dua kali sehari pada sekitar jam 01:30 dini hari dan 13:30 siang hari waktu setempat.

Sangat mudah dikenali di sini, lampu-lampu kota menunjukkan pusat-pusat populasi padat, merujuk pada efek dari aktivitas manusia dan pengaruhnya pada dunia.

Inilah yang membuat foto malam hari dari planet kita yang indah ini menjadi pemandangan dari luar angkasa yang paling menarik dan penting.

Thank you for reading...

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

You Might Also Like

25 Comments