Bumi Di Kala Senja

Hak Cipta Gambar : ISS Expedition 2 Crew, Gateway to Astronaut Photography of Earth, NASA Penjelasan :  Tidak terlihat terlalu jela...

Hak Cipta Gambar :
ISS Expedition 2 Crew, Gateway to Astronaut Photography of Earth, NASA

Penjelasan : 
Tidak terlihat terlalu jelas dan kemunculannya bukan secara tiba-tiba, itulah batas yang menandai perubahan dari siang ke malam hari dalam pemandangan awan dan laut yang sangat indah di atas planet Bumi kita yang cantik ini. 

Sebaliknya, garis bayangan atau batas itu menyebar dan menunjukkan adanya transisi bertahap menuju ke kegelapan yang biasa kita alami di kala senja hari. Dengan Matahari yang bersinar dari arah sebelah kanan, terlihat dalam gambar awan memantulkan dengan lembut sinar matahari  yang memerah terfilter oleh lapisan troposfer yang penuh dengan debu, lapisan terendah dari atmosfer pelindung planet ini. 

Di bagian yang lain, tampak jelas lapisan tinggi atmosfer di sepanjang tepi teratas dari sisi siang hari Bumi, menyebarkan sinar biru dari matahari yang langsung memudar menyatu dengan kegelapan ruang angkasa. 

Gambar ini adalah sebuah foto digital yang diambil pada bulan Juni 2001 dari Stasiun Luar Angkasa Internasional yang sedang mengorbit pada ketinggian 211 mil laut.

Sumber : Diterjemahkan dari Earth at Twilight

You Might Also Like

3 Comments