My Ideal Japanese Winter Vacation : Salju, Salju Oh Salju!

Assalamualaikum... JEPANG!!! Jepang adalah  sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di s...

Assalamualaikum...

JEPANG!!!



Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang mempunyai empat musim, dimana setiap musimnya mempunyai ciri khasnya tersendiri.

Nah, pada tahun 2001 saat itu aku duduk dibangku SMP kelas satu, masih ingat banget dari perpustakaan sekolahku aku meminjam sebuah buku yang berisi segala sesuatu tentang Jepang. Bukunya dilengkapi gambar-gambar saat musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin tiba. Juga ada gambar-gambar berbagai festival dan acara yang sering diadakan disana. Dan tentu saja ada gambar-gambar mengenai bangunan-bangunan khas dan bersejarah, pakaian dan berbagai jenis makanan khas di Jepang.

Sejak saat itulah aku mulai tertarik dengan negara yang mendapat julukan sebagai Negeri Matahari Terbit ini. Aku juga berharap sekali, suatu hari nanti bisa berkunjung dan liburan ke Jepang. Terutama saat musim dingin. Musim ketika salju tiba.

And the winter comes...
Dan jika memiliki kesempatan berkunjung kesana, waktunya gak sembarangan. Aku ingin pergi ke sana pada bulan Februari. Kenapa?. Nanti aku ceritakan alasannya yaa...

Musim dingin di Jepang, berlangsung dari bulan Desember sampai Februari. Pada saat itu, salju menutupi hampir semua permukaan Hokkaido. Oleh karena Jepang terentang memanjang dari utara ke selatan, maka perbedaan suhu cukup jelas antara Hokkaido yang paling utara dengan Okinawa yang paling selatan. Dan suhu udara pada saat musim dingin,  berada belasan derajat di bawah 0 derajat celcius. 

Brrr.... pasti dingin banget ya. Tapi gak apa-apa, gak masalah. Hal itu tidak akan menyurutkan keinginan aku untuk mengunjungi Jepang saat musim salju. Karena dengan memakai  jaket musim dingin, syal, topi, sarung tangan, tutup telinga, kaos kaki wool, dan sepatu aku pasti tidak kedinginan dan tetap terlihat cantik, hehehe... Meskipun sebenarnya, aku bisa juga memakai itu semua saat ini, tapi kalau memakainya secara bersamaan di Indonesia, pasti agak aneh ya... karena di negara kita tercinta ini, tidak ada musim dingin.

Sekalipun suhu udaranya sangat dingin, tapi...
bermain Yukigassen,
Yukigassen (perang-perangan salju), sesuai namanya ini merupakan permainan perang-perangan dengan saling melemparkan bola-bola salju yang telah dibulat-padatkan oleh tangan

membuat Yukidaruma, dan
Yukidaruma (Boneka Daruma Salju)
adalah patung salju yang dibuat dari salju yang dikerasakan.
Awal mula sebutan 'Yukidaruma' ini karena bentuknya menyerupai boneka Daruma yang melambangkan nasib baik, sehingga patungnya disebut Yukidaruma.
Di Jepang, Yukidaruma terbuat dari 2 bola salju, yang besar dan yang kecil, lalu keduanya ditumpuk menjadi satu mengungkapkan bagian kepala dan tubuh, tidak bertangan dan tidak berkaki.

bermain ski,
Kalau berkesempatan bermain ski, aku ingin bermain ski di Niseko, Hokkaido.
Keistimewaan tempat ini selalu diselimuti salju setiap musim dingin
dengan ketinggian lebih dari 15 meter.
Hal ini menjadikannya Niseko menjadi lokasi utama untuk bermain ski.
pastinya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan buat aku yang belum pernah melihat putihnya salju dan merasakan lembut dan dinginnya salju.

Di Jepang terdapat tiga desa dengan ciri tempat tinggal beratap besar. Ketiga tempat itu adalah Desa Shirakawa, Ono-Gun (Gifu) dan kota Nanto (Toyama). Nah, kalaupun tidak bisa mengunjungi ketiga tempat itu, paling tidak aku berharap bisa mengunjungi salah satunya. Kenapa sih, aku pengen banget berkunjung ketempat-tempat tersebut? Karena menurut informasi yang aku baca, kekhasan tempat-tempat itu terjadi pada musim dingin dengan tampilan dan atmosfir yang tidak dapat diketemukan di tempat lain.

Ketika Shirakawa bersalju,
Subhanallah... Indah sekali yaa...
Hwaahh.... pengen lihat langsung. Dan sepertinya akan mengesankan jika bisa ber-selfie ria di salah satu tempat tersebut.

Oh iya, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sering mengadakan berbagai festival dan acara. Termasuk pada saat musim dingin tiba. Pada awal bulan Februari, selama 7 hari ada festival salju di Sapporo. Di sana dapat dilihat ukiran-ukiran es dan istana salju yang indah.

Sapporo Snow Festival, 3-10 Februari 2015

Istana Salju, Festival Salju Sapporo.
Festival Salju Sapporo adalah festival salju terbesar di Jepang,
yang diadakan di kota Sapporo, Hokkaido.
Tidak cuma di Sapporo, pada awal hingga pertengahan bulan Februari, festival salju juga berlangsung di Ashikawa, Abashiri, dan kota lainnya yang ada di Hokkaido. Nah, hal inilah yang menjadi alasan kenapa aku ingin berkunjung ke Jepang pada bulan Februari. Ada banyak festival salju!

Setelah puas bermain-main dengan salju, mengunjungi Shirakawa dan menikmati keindahan ukiran-ukiran es di Festival Sapporo, yang ingin aku lakukan adalah berwisata kuliner. Menikmati makanan-makanan khas Jepang yang terkenal sehat dan segar di negerinya sendiri. Dan karena musim dingin, sepertinya pas jika menikmati makanan hangat. Seperti Shabu-Shabu, Sukiyaki dan Ramen. Oh iya, Onigiri, Tempura, Ryokucha (Teh hijau Jepang), Mochi, dan Takoyaki juga sepertinya wajib dicicipi selagi di negeri asalnya.

Tapi dari sekian banyak makanan yang ingin aku coba itu, paling pengen banget nyobain Shabu-Shabu yang disajikan bersama saus khas, yang disebut Gomadare. Hmm.... yummy!!!

Shabu-shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare.
Dan jika ke Jepang, sepertinya tidak lengkap jika tidak mencoba singgah dan melihat-lihat rumah tradisionalnya. Dan sepertinya akan terasa lebih lengkap lagi jika bisa bermalam disana dan tidur diatas futon.

Rumah tradisional Jepang
Futon (ċ¸ƒċ›£) adalah jenis perangkat tidur tradisional Jepang.
Selain itu, tentu saja... jika berkesempatan pergi ke Jepang, pengeeen banget mencoba memakai Kimono, seperti yang dipakai oleh wanita pada gambar dibawah. Lengkap dengan tata rias rambut dan alas kakinya yang disebut Zori atau Geta.

Kimono (着ç‰İ) adalah pakaian tradisional Jepang.
Ahh... seandainya semua itu bisa terwujud, pasti akan menjadi salah satu hal yang sangat berkesan dan menyenangkan dalam hidup aku. Semoga harapan untuk bisa berlibur ke Jepang ini bisa segera terwujud, Aamiin... ^_^

Tapi, kalaupun bisa berlibur ke Jepang namun acara liburanku tidak sesuai seperti yang aku rencanakan diatas, gak apa-apa... asal bisa liburan di :
Gala Yuzawa

Pokoknya Jepang, Jepang, Jepang.... Salju, Salju, Salju!!!

Eh mungkin ada yang belum tahu tentang Gala Yuzawa?

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo.

JR-Maglev, salah satu armada Shinkansen
Shinkansen (ĉ–°ċıı線) atau kereta peluru  adalah jalur kereta api cepat Jepang
Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. 

Jadi, jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:
Website resmi: http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Facebook page: https://www.facebook.com/id.jprail 

Mengenai transportasi, tenang... ada Tokyo Rail Days. Tokyo Rail Days merupakan program 'short trip' menggunakan kereta yang berangkat dari Tokyo dan dikelola oleh East Japan Railways Company (JR East). Lebih asiknya lagi, kita dapat mereservasi perjalanan kita dari Indonesia.

Dan Saat ini, Tokyo Rail Days Indonesia sedang menawarkan paket wisata ke Gala Yuzawa dengan promo Buy 1 get 1 Free



  

Buat kamu yang juga ingin berlibur ke Jepang, khususnya ke Gala Yuzawa, GRATIS! saat ini sedang berlangsung event :

My Ideal Jepanese Winter Vacation 
Blog Competition.


Selain paket liburan ke Gala Yuzawa, ada hadiah menarik lainnya lho... Informasi selengkapnya mengenai My Ideal Japanese Winter Vacation Blog Competition ini bisa dibaca pada poster diatas atau langsung kunjungi :


Wish us Luck!



  


Gambar-gambar (selain gambar poster Gala Yuzawa dan poster kompetisi) pada tulisan diatas diambil dari :
pengenliburan.com
www.ruwhim.com
ensiklopedibunda.blogspot.com
www.japantimes.co.jp
nexttriptourism.com
dwidayatour.co.id
abbottstravel.com
restocafeconcept.blogspot.com
j-cul.com
desaindesainrumah.com
fashion-history.lovetoknow.com

You Might Also Like

125 Comments