Tuesday, December 25, 2012

MALAM INI Jupiter dan Bulan Satu Garis Lurus

53 comments
Assalamualaikum....

Malam ini, Planet Jupiter akan berdekatan dengan Bulan sekitar 0,5 derajat. Mereka akan terbit di langit timur pada sore ini pukul 18.00 WIB dan akan tenggelam pada 26 Desember 2012 pukul 03.00 WIB.


Gambar dari Stellarium
Ingin mengamatinya dengan mata telanjang? 
Tentu saja bisa, kamu akan seperti melihat Bulan yang bersebelahan dengan bintang, dan bintang itu adalah planet Jupiter. 

Ada hal menarik jika mengamati dengan teleskop, kamu bisa melihat dengan jelas rotasi planet Jupiter dan titik badai merah raksasa juga dapat diamati. Tidak hanya itu, Ganymede, satelit alaminya juga dapat diamati dengan teleskop.

Jadi, selamat menyaksikan kemesraan Jupiter dan Bulan sepanjang malam ini yaa, tapi gak boleh iri lho.... hehehe....



source :
Forum Astronom Amatir Indonesia dengan sedikit perubahan

53 comments :

  1. wiih serasi ya, hhe
    tugas mlm ini sukses. 69

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... iiya tuh, bikin ngiri degh, :D
      Terimakasih ya.....

      Delete
  2. slmat mlm sobat ma'af sobat lma gk berkunjung tambah bagus'j,ni postingannya jga artikelnya trmksi banyak sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, selamat pagi menjelang siang, maaf komennya baru saya balas :D
      Terimakasih yaa, udah berkunjung...

      Delete
    2. mlm mbk gk pa2 yng pnting dah di bls heheh

      Delete
    3. Hallo... tuh kn saya telat balas lagi, hehe... sukses selalu yaa untuk Brebes VS Lamongan :D

      Delete
  3. Pemandangan yang jarang terjadi, mungkin beberapa puluh tanhun lagi akan ada kejadian seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak jarang juga, Bersyukur buat yang bisa liat "kemesraan" Bulan dan Jupiter kemarin malam, ditempatku hujan derass :(

      Delete
  4. Pengen liat, tapi Sayang cuaca di kendari lagi Mendung,, jadinya gak kelihatannn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, ditempatku juga hujaaan.... :(
      Btw, terimakasih kunjungan dan komentarnya yaa,

      Delete
  5. HAdir kembali membawakan bakwan yang enak ..wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaiii.... lama gak bersua kita, aku juga jarang mampir nyicip bakwan disana, hihii.... yummy bgt nih langsung dilahap, hehe...

      Delete
  6. Info yang bagus non,tapi sayang di daerah saya hujan dari pagi hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terimakasih...
      betul, cuacanya gak mendukung banget ya, ditempatku juga hujan...
      terimakasih kunjungan dan komentarnya :D

      Delete
  7. wohh baru nemu blog yang isinya antariksa.. siip nice share kawan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Ringo.. salam kenal :)
      Terimakasih yaa....

      Delete
  8. Wah, mendung mba, ga bisa dilihat disini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.... sayang banget ya, tapi gak apa-apa gak cuma mbak aja yang gak liat aku juga :(

      Delete
  9. saya gak liat kawan. gak tau infonya..hehehe
    maaf baru bisa berkunjung disini.
    oiya kawan, jangan lupa mampir di blog baru saya ya..hehe
    sekalian di follow.

    terimakasih kawan. dan tugas 6^_^9 disini beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih... siapp langsung meluncur dan follow ditempat sobat, :)

      Delete
  10. wah udah terlewatkan ternyata harinya,, sayang gk sempet liaat,,
    sip,, nice post,,
    jngan lupa kembali berkunjung,,
    salam sahabat,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kunjungan dan komentarnya yahhh....
      Oke, kunjungan balikku, ditunggu saja ya :)
      pastiii mampir kok,

      Delete
  11. wah, sejajar ya, mantep mbak, :D heheh

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. hmm... mungkin karena mendung Cik Nur,
      saya juga gak liat,

      Delete
  13. hmm di kota ku.. langit hujan, gelap.. bintang aja nda nampak

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa... ditempatku juga gitu
      mkasih yaa udah mampir disini :D

      Delete
  14. Waduhh kelewatan saya..tapi makasih infonya kawan..

    ReplyDelete
  15. pengamat luar angkasa beraksi
    dee awdee calon astronot nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahh... lebay nih :)
      tapi mkasih yaa, Amiin... Amin, Amiiin... jadi Astronot :)
      hehehe

      Delete
  16. Wah telat donk liat jupiter sama bulan gandengan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. telat mampir kesininya sih, hehe... terimakasih kunjungannya yah :D

      Delete
  17. ASyik nya.....
    hmmm
    salam kenal ya...
    beri komentar pada desain dan blog puisi saya di sini ya...

    http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyikk banget donk, heheh....
      salam kenal dan salam persahabatan untuk mas Ahmad saadillah :)
      siap langsung menuju ke TKP :D

      Delete
  18. Aduuuh.. telat lagi.. telat lagi mau melihat'nya.. hehehe..

    gak pa2 deh yang penting bisa sikat 69 disini.. lanjuutt.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir untuk kesekian kalinya sambil melihat jupiter dan jalanin kewajiban disini.. hehe.. :D

      Delete
    2. yuph... kan itu juga tak kalah penting, sikaaaat menyikaaat, heheh...
      terimakasih yaa bang Andy :D

      Delete
  19. Siang dee.., iya beneran tuh.., tadi malam saya juga lihat, berjejeran dengan bintang.., eh ndak tau'nya ternyata itu planet Jupiter.. :D..
    hehehe.., salam 6^_^9 dee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh... iya Jupe tuh, Jupiter maksudnyaaa :D
      Terimakasih ya :D

      Delete
  20. wuyyy mantap lah... plus +1 untuk pengamat planet-planet yang bertebaran dibimasakti jagad raya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkk terimakasih ya +1 nya, sangat berarti banget buat saya :D

      Delete
  21. Kereen nih infonya,, menarik untuk dibaca... kunjungi balik yah...

    ReplyDelete
  22. keren e fotonya,,
    itu kira" foto asli ya de..?
    sukses di sini..
    jalan2x dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuph asli tapi bukan foto, cuma screenshot dari stellarium :D
      terimakasih kunjungan dan komentarnya yah :D

      Delete
  23. mantap infonya sob.. :) tugas 69 beres

    ReplyDelete