Sunday, December 15, 2013

25 Istilah Psikologi yang Harus Kamu Ketahui

73 comments
Assalamualaikum... 

Seperti yang kita ketahui, ilmu Psikologi memiliki tiga fungsi. Salah satunya adalah Menjelaskan. Maksudnya adalah, ilmu psikologi mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa suatu tingkah laku bisa terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.

Nah, berdasarkan fungsi ilmu psikologi tersebut muncul istilah-istilah dari ilmu psikologi yang menjelaskan tentang apa, bagaimana dan mengapa suatu tingkah laku bisa terjadi. Berikut beberapa istilah diantaranya :

Amimism adalah istilah untuk menyebut kesalahan logika yang terjadi pada anak-anak, menganggap benda mati memiliki perasaan dan motif.

Arctophile adalah istilah untuk seseorang yang memiliki kesukaan/mengkoleksi pada boneka beruang (Teddy Bears).

Avoidant adalah istilah untuk menyebut perasaan tidak percaya diri dan sangat sensitif terhadap hal-hal yang negatif, takut dinilai, dikritik dan dipermalukan.


Cellanoma adalah dorongan untuk mengambil ponsel kamu setiap kali orang lain melakukan hal itu.

Cotard's Syndrome adalah keadaan gangguan jiwa dimana si penderita mempercayai bahwa dia sudah mati

Cyber-Love adalah Pola kedekatan yang terjalin dari hubungan yang tercipta dalam sosial media atau interaksi cyber lainnya.
Dysania adalah keadaan di mana seseorang sulit meninggalkan tempat tidurnya saat pagi hari.

Eccedentesiast adalah istilah untuk seseorang yang menyembunyikan rasa sakit mereka di balik senyumnya


Hipotimia adalah keadaan seseorang yang selalu murung dan sedih, selalu mengeluh dan tak punya semangat.

Librocubicularist adalah sebutan untuk seseorang yang suka membaca di tempat tidur.
Lychnobite adalah sebutan untuk orang yang bekerja di malam hari dan tidur di siang hari.


Mondegreen adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketika kamu salah dengar lirik lagu.


Munchausen adalah gangguan yg menggambarkan seseorang yang berpura-pura menjadi sedih/sakit utk mendapatkan perhatian dari orang lain


Mythomania adalah penyakit bohong yang dilakukan secara terus-menerus tapi penderitanya tidak mempunyai rasa bersalah apapun.


Nyctophilia adalah sebutan untuk seseorang yang menyukai kegelapan atau saat malam hari.

Proprioception (kesadaran tubuh) adalah kemampuan otak untuk mengetahui letak bagian tubuh kita tanpa perlu melihatnya.


Retrouvailles adalah istilah untuk menyebut perasaan bahagia seseorang ketika akhirnya bertemu kembali dengan seseorang setelah sekian lama.


Rhotascim adalah istilah medis untuk orang yang kesulitan mengucapkan huruf 'R' (cadel)

Sindrom Narcolepsy merupakan serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk.

Sleep Related Eating Disorder adalah istilah untuk orang yang kerap terjaga tengah malam untuk makan makanan kecil/ringan (snack) lalu tidur kembali.
Sleepwalking atau disebut somnambulisme adalah yang kita kenal dengan tidur sambil berjalan. Penyebabnya bisa gen, lingkungan atau medis.

Somniloquy adalah istilah untuk orang yang memiliki kebiasaan berbicara saat tertidur.

Spotlight Effect adalah ketika kamu merasa seseorang sedang memerhatikan kamu.

Patah hati ternyata bisa menjadi penyebab orang meninggal lho... Nama penyakitnya atau istilah untuk keadaan tersebut adalah Stress Cardiomyopathy.

Textiety adalah rasa resah dan tidak tenang ketika kamu tidak menerima atau mengirim pesan singkat atau SMS


Itulah 25 istilah dalam ilmu psikologi yang harus kamu ketahui... yang mungkin, baru kamu ketahui saat membaca tulisan ini, hehhehe... Semoga bisa menambah pengetahuan kamu yaa... Ingin menambahkan istilah-istilah Psikologi lainnya? Silahkan tulis di kotak komentar.


Wassalamualaikum... Wr.Wb 

73 comments :

  1. wahh , , ,baru baca yang seprti ini aku . . .
    lumayanlah buat nambah wawasan . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, semoga bermanfaat... sering-sering yah mampir kesini, hehe...

      Delete
  2. Untuk istilah psikologi diatas belum ada yang saya kenal tapi inilah istilah yang dipakai para pakar psikologi.

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat bermanfaat, thx. . .

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, maghrib maghrib dapat pengetahuan baru...terimakasih :)

    ReplyDelete
  5. Jujur saja beberapa istilah psikologi yang udah dijelaskan di atas, saya baru tau lewat blog sobat dan mudah2an bisa menjadi referensi nanti jika ada yang bertanya tentang hal ini. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sobat, semoga bermanfaat yaa, hehe

      Delete
  6. klo tiap akhir bulan selalu pusing dan deg-degan apa istilahnya ya, dek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. istitahnya Duite yang artinya nunggu gajian.. :D

      Delete
    2. Aku pernah dengar memang ada istilah khususnya itu, tapi lupa, hehe...

      Nah, atau mungkin itu tuh yang dibilang sama bang Andy :D

      Delete
  7. Replies
    1. hmm... yang mana ya, hanya Tuhan dan bang Andy lah yang tahu :D

      Delete
  8. waah bearti yang sering kita alami itu ada bahasa psikologinya yaa, thanxs sudah berbagi info
    salam kenal
    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul... :)
      sama-sama, salam kenal dan salm blogger kembali dari saya :D

      Delete
  9. Kl ane kayanya yg ini neh ==> Dysania
    xi...xi...xi....

    ReplyDelete
  10. cyber-love termasuk juga yaa istilah baru tau saya, thanks dah sahring artikel bermanfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih komentar dan kunjungannya :D

      Delete
    2. wakakaka... selain cyber crime, ada juga toh cyber love,,,

      Delete
  11. Cyber Love... Rumit tapi menyenangkan, menyenagkan tapi rumit, begitulah....

    ReplyDelete
  12. Amimism... gur waktu gitu deh rasa-rasanya, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gur - gue maksudnya :D

      Delete
    2. huhu... sampe typo-typo gitu, :D
      sama aku juga, kyknya hampir setiap anak pernah seperti itu ya...

      Delete
  13. Semuanya ane baru tao sekarang disini, =)

    ReplyDelete
  14. sedikit agak susah untuk di sebut,tapi bagus juga untuk diingat

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan penting buat diketahui, iya kan...? hehee

      Delete
  15. semua istilahnya baru tau semua ane dek,, mayan buat nambah ilmu,, :) nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Surrya... sip, semoga bisa bermanfaat ya...
      Terima kasih,

      Delete
  16. lumayan sulit-sulit juga ya mbak istilah psikologi. Tapi penting juga untuk diketahui. Jadi mau nggak mau kita harus mengetahui nya supaya bisa sedikit-banyak tahu tentang psikologi. Terimakasih banyak mbak atas share nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali, mba..
      sama-sama, semoga bermanfaat :)

      Delete
  17. menarik bru skrang aku tau,bermanfaat skle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah baca-baca disini :D

      Delete
  18. Susah juga istilahnya, iya ni perlu tahu juga, biar kalau diajak ngobrol sama orang psikolog bisa nyambung he...

    ReplyDelete
  19. hebat !!
    pengen tau dong klo sasaran kerja psikolog apa aja sih????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :)

      Sasaran atau prospek pekerjaan lulusan sarjana Psikologi, antara lain sebagai ahli psikologi tentunya, lalu sebagai trainer, pengajar, peneliti, konselor, konsultan dan politisi. Itu yang saya ketahui, semoga bisa bermanfaat :)

      Delete
  20. klo sebutan u/ org yg punya rasa takut apa ya ? sama sebutan u/ org yg suka melakukan hal-hal ekstrim ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

      Hal yang wajar ketika seseorang mengalami rasa takut akibat dari adanya tekanan yang datang dari manapun, yang menjadi penyebabnya adalah bagaimana bisa seseorang tersebut selalu merasa takut, entah ada sebabnya atau tidak?. Mungkin muncul rasa takut kehilangan, rasa takut gagal, perasaan takut dijauhi, perasaan takut tidak lolos dan yang lainnya. Rasa takut yang seseorang alami akan sangat bermanfaat bagi orang itu sendiri ketika dia memiliki pengendalian diri yang baik, seperti misalnya : Takut tidak lulus sekolah yang akhirnya membuat seseorang semangat bersekolah dan belajar, takut gagal yang akhirnya menjadikan seseorang tersebut yang teliti dan rajin.

      Nah yang ryu maksud itu, rasa takut seperti apa?

      Mengenai sebutan untuk orang yang suka melakukan hal-hal ekstrim, itu bergantung dari hal "ekstrim" apa/seperti apa yang dia lakukan, karena sesuatu yang ekstrim adalah sesuatu yang tak lazim dilakukan oleh orang kebanyakan.

      Sebenarnya pengertian dari kata ekstrim sendiri cukup luas. Itu artinya, kata ekstrim tidak hanya terbatas pada permainan atau kegiatan yang berbahaya saja, tetapi ekstrim juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang aneh, nyleneh, dan di luar perkiraan orang awam. Dalam konteks ini, ekstrim hanya dilakukan oleh orang-orang yang menyukai dunia ekstrimitas saja, sedangkan orang-orang awam (biasa) seperti kita (mungkin) tidak tertarik untuk melakukannya dan bahkan menganggapnya sebagai kegiatan yang "aneh"

      Semoga bisa membantu, terima kasih :)

      Delete
  21. Kalau merasa benar tetapi tetap disalahkan, itu termasuk ke mana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik :)
      Menurut saya, jika keadaannya demikian... perlu adanya introspeksi diri bagi orang yang merasa benar itu. Entah itu cara penyampaiannya ataupun kebenaran tentang informasi yang disampaikan tersebut :)

      Delete
  22. Replies
    1. Terima kasih, semoga bisa bermanfaat :)

      Delete
  23. Wuih .. mantap infonyaa
    Dpt pengetahuan baru
    Thanks infonya
    Bermanfaat banget 👍
    terus berbagi ilmu yaa
    Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih... Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat :)

      Insyaa Allah, sukses terus juga ya :)

      Delete
  24. Makasih kaa :D dapat ilmu baru nih :D
    oh ya, kalau orang ke-geer-an ada istilah psikologinya gak? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ge'er itu menjadi salah satu bagian dari rasa... masuk dala kategori apa ya, hehehe

      Delete
  25. Sangat menbantu, apa lagi saya kuliah ingin ngambil psikolog haha. Terimakasih sekali mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih... Semoga sukses yaa, Terima kasi kembali :)

      Delete
  26. wahh... artikel yg sngt bagus dn berguna :D
    makasihh... ini sgt membantu..
    tp saya lg mencari artikel " Jenis jenis penyakit yang dialami pelaku kekerasan seksual" tp dgn bhs psikolog...
    seperti nya susah di dpt..
    #TRIMAKASIH....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, dan kebetulan saya juga tidak punya tulisan yang membahas itu,
      Semoga bisa segera mendapatkan artikelnya yaa

      Delete
  27. kalau kelainan menganggap keberadaan sesuatu yang sudah mati itu namanya apa ya? misal menganggap hidup orang yg sudah meninggal.

    ReplyDelete
  28. Wah..thank's atas ilmunya. Ada beberapa yg aku idap juga hehe.

    ReplyDelete
  29. makasih untuk ilmunya..
    tapi istilah pluviophile kok belum masuk yah? itu masuk kategori istilah psikologi gak? sebenernya agak gak terima saat beberapa orang mendefiniskan itu sebagai penyakit kejiwaan.. soalnya saya pecinta hujan, masa dibilang sakit? ^^"

    ReplyDelete
  30. istilah psikologi pluviophile kok blm disebutkan??? sebenarnya itupluviophile disebabkan krn apa??? apa jg termasuk bawaan dr keturunan??? mohon segera di jawab y??? krn sya pluviophile.. . terimakasih

    ReplyDelete
  31. mba, saya ingin bertanya ini!!!
    saya sering kali menangis tanpa sebab bukan karena ada masalah tapi air mata ini sering ingin menetes???apakah ini termasuk ke salah satu sindroma??>
    trims mba :)

    ReplyDelete
  32. istilah psikiatri/psikis/mental/bla bla bla untuk orang yang kecanduan mendaki gunung apa namanya?

    ReplyDelete
  33. kalo istilah untuk kesukaan melihat hal-hal yang menyenangkan atau memuaskan seperti contoh di video ini disebut apa ya ? https://www.youtube.com/watch?v=hFXoiNWMsY0

    ReplyDelete
  34. Lah gue banyak banget ngalaminnya -_-

    ReplyDelete
  35. Min mau nanya.. Apa. Sih iatilahnya untuk orang yg merasa benar banget untuk pendapatnya sendiri... Mohon di jelasken.. Trimakasih

    ReplyDelete
  36. Min mau nanya.. Apa. Sih iatilahnya untuk orang yg merasa benar banget untuk pendapatnya sendiri... Mohon di jelasken.. Trimakasih

    ReplyDelete