Friday, June 6, 2014

Jenis-Jenis Kanker Otak

12 comments
Assalamualaikum...

Kanker otak adalah keganasan yang terjadi pada jaringan otak manusia yang merupakan sekumpulan massa sel-sel otak yang tumbuh abnormal, di luar kendali. Sebagian besar kanker otak dapat menyebar melalui jaringan otak, tetapi jarang menyebar ke area lain dari tubuh.

Never Give Up!!!
Tidak seperti jenis kanker lainnya, kanker otak atau syaraf tulang belakang jarang menyebar ke organ jauh. Mereka menyebabkan kerusakan karena mereka menyebar secara lokal dan menghancurkan jaringan otak normal di tempat di mana mereka muncul. Namun, kanker otak atau sumsum tulang belakang jarang dianggap "jinak". Kecuali mereka benar-benar telah diangkat atau dihancurkan, sebagian besar kanker otak atau tumor syaraf tulang belakang akan terus berkembang dan akhirnya mengakibatkan kematian.

Menurut penjelasan dari situs www.cancerhelps.co.id, Kanker otak primer dapat dimulai pada satu jenis jaringan atau sel-sel di dalam otak ataupun sumsum tulang belakang. Beberapa tumor mengandung campuran jenis sel. Tumor di daerah yang berbeda dari sistem saraf pusat dapat diobati secara berbeda dan memiliki prognosis yang berbeda.

A. Glioma  
Glioma adalah istilah umum untuk sekelompok tumor yang mulai dalam sel glial. Sejumlah tumor dapat dianggap glioma, termasuk glioblastoma, astrocytomas, oligodendrogliomas, dan ependymomas. Sekitar 4 dari 10 kasus kanker otak adalah glioma. Bila dihitung case kanker otak ganas, sekitar 8 dari 10 adalah glioma.

  • A1. Astrocytomas
    Kebanyakan tumor yang timbul di dalam otak itu sendiri bermula dalam sel glial yang disebut astrosit. Tumor ini disebut astrocytomas. Statistiknya sekitar 3 dari 10 kanker otak.

    Kebanyakan astrocytomas dapat menyebar luas ke seluruh otak dan menyatu dengan jaringan otak normal, yang dapat membuat mereka sangat sulit untuk diangkat dengan operasi. Kadang-kadang mereka menyebar di sepanjang jalur system saraf utama. Sangat jarang bagi mereka untuk menyebarkan ke luar otak atau sumsum tulang belakang.

    Astrocytomas sering diklasifikasikan sebagai kelas rendah, menengah, atau kelas tinggi, berdasarkan bagaimana sel lihat di bawah mikroskop.
    a. Astrocytomas kelas rendah : tipe yang paling lambat berkembang
    b. Astrocytomas anaplastik : tumbuh pada tingkat moderat
    c. Astrocytoma kelas tertinggi (atau glioblastoma) :
    Tipe C ini merupakan yang paling cepat berkembang. Tumor ini membuat sekitar dua-pertiga dari astrocytomas dan merupakan tipe paling umum dari kanker otak (ganas) yang menyerang orang dewasa.
  • A2. Oligodendrogliomas
    Tumor ini mulai pada sel-sel otak yang disebut oligodendrocytes. Seperti astrocytomas, sebagian besar dapat menyusup ke jaringan otak di dekatnya dan tidak bisa sepenuhnya diangkat oleh operasi. Oligodendrogliomas kadang tersebar di sepanjang jalur system saraf pusat tetapi jarang menyebar di luar otak atau sumsum tulang belakang. Tipe yang sangat agresif dari tumor ini dikenal sebagai oligodendrogliomas anaplastik. Hanya sekitar 3% dari tumor otak berjenis oligodendrogliomas

  • A3. Ependymomas
    Tumor ini berasal dari sel ependymal, yang garis ventrikel. Ependymomas dapat menghalangi arus keluar system saraf pusat dari ventrikel,  yang menyebabkan kondisi yang disebut hidrosefalus

    Tidak seperti astrocytomas dan oligodendrogliomas, ependymomas biasanya tidak tumbuh menyusup ke jaringan otak normal. Akibatnya, beberapa (tetapi tidak semua) ependymomas dapat benar-benar diangkat dan disembuhkan dengan operasi. Ependymomas syaraf tulang belakang memiliki peluang terbesar untuk disembuhkan melalui operasi pembedahan. Ependymomas dapat menyebar di sepanjang jalur CSF tetapi tidak menyebar ke luar otak atau sumsum tulang belakang. Bentuk paling agresif-nya dikenal sebagai ependymomas anaplastik dan biasanya tidak dapat disembuhkan dengan operasi. Hanya sekitar 2% dari tumor otak berjenis ependymomas

B. Meningioma
Meningioma timbul dari meninges, lapisan jaringan yang mengelilingi bagian luar dari otak dan sumsum tulang belakang. Meningioma berkontribusi pada sekitar 1 dari 3 kanker otak primer dan kanker sumsum tulang belakang. Mereka adalah tumor otak yang paling umum pada orang dewasa.

Risiko tumor ini meningkat sejalan dengan usia. Mereka sekitar dua kali lebih umum terjadi pada wanita. Dalam beberapa kasus tumor ini bersifat genetic (diturunkan), terutama pada mereka dengan neurofibromatosis (sindrom tumor jinak pada jaringan syaraf). 

Meningioma menyebabkan gejala dengan menekan otak atau syaraf tulang belakang. Sekitar 4 dari 5 meningioma bersifat jinak, dan sebagian besar dapat disembuhkan dengan operasi. Tetapi beberapa meningioma tumbuh sangat dekat dengan struktur vital dalam otak dan tidak bisa disembuhkan dengan pembedahan saja. Sejumlah kecil meningioma bersifat ganas dan mungkin kembali berkali-kali setelah operasi atau bahkan menyebar ke bagian lain dari tubuh. 

C. Medulloblastomas 
Medulloblastomas adalah tumor yang berkembang dari sel neuroectodermal (sel saraf primitif) di otak kecil. Mereka adalah kanker yang tumbuh cepat dan sering menyebar ke seluruh jalur cairan serebrospinal, tetapi mereka dapat diobati dengan terapi radiasi dan kemoterapi. Medulloblastomas terjadi lebih sering pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Mereka adalah bagian dari kelas tumor disebut tumor neuroectodermal primitif (PNETs) yang dapat terjadi pada otak besar dan di tempat lain dalam sistem saraf pusat. 

D. Gangliogliomas 
Tumor yang mengandung neuron dan sel glial disebut ganglioglioma. Ini sangat jarang terjadi pada orang dewasa dan memiliki prospek kesembuhan tinggi dengan operasi saja atau operasi yang dikombinasikan dengan radioterapi.

Semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

12 comments :

  1. jadi merinding saat baca isi artikelnya, dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semoga dijauhkan dari jenis penyakit yang satu ini ya, mas Budy :)

      Delete
  2. Artikelnya sangat lengkap... Terima kasih atas ilmunya.

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, semoga bermanfaat yah...
      Pulau Dollar....? dimana ya? hehe, salam kenal kembali, terima kasih :D

      Delete
  3. ternyata kanker otak macam2 jenisnya.. jd ngerti..
    smoga kita slalu diberi kesehatan lahir batin.. amin

    ReplyDelete
  4. terimakasih ilmu nya, semoga dengan begini kita selalu tak henti bersyukur atas nikmat sehat yang diberi pada kita sampai detik ini. Dan tak berhenti berdoa dan tak putus asa bagi yang mengalami cobaan sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...

      oh ya... : "...tak henti bersyukur atas nikmat sehat yang diberi pada kita sampai detik ini."

      ^ Setuju sekali, semoga banyak yang baca apa yang Mixer Blog tulis di komentar atas, :)

      Delete
  5. mengingatkan saya pada pelajaran saya, thx kak dee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, oh iya ya... bang Herman sekolahnya di bidang kesehatan yah, sukses yah... :D

      Delete
  6. waallaikumsalam

    dengan mampirnya sayake web informatif dan gudang ilmu kesehatan ini ilmu dan wawasan saya jadi nambah nih, kali ini saya jadi tau deh jenis jenis kanker otak yang audzubillhimindjalik jangan sampe terkena kankerotak...hiii
    makasih yah suguhannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh... ini terlalu berlebihan, hehe...
      aamiin, semoga kita bisa lebih mensyukuri nikmat sehat yang telah diberikan Allah SWT :)

      Delete