Monday, June 2, 2014

Kalender Astronomi Bulan Juni 2014

18 comments
Assalamualaikum...

June, please be nice!!!
Dan berikut adalah peristiwa-peristiwa astronomi yang akan terjadi pada bulan Juni 2014,


3 Juni 2014 : Bulan di Apogee
Bulan akan mencapai titik terjauh (Apogee) dari Bumi yaitu pada 404.956 km dari Bumi.Peristiwa tersebut akan terjadi pada pukul 11:26 WIB.

5 Juni 2014 : Bulan Kuarter Awal
Bulan akan terlihat separuh di langit malam pada tanggal 5 Juni 2014. Fase ini akan terjadi pada pukul 3:39 WIB. Bisa diamati dengan mata telanjang ataupun dengan teleskop.

7 Juni 2014 : Konjungsi Bulan dan Mars
Konjungsi merupakan sebuah fenomena dimana dua obyek yang memiliki jarak relatif jauh antara satu sama lain kemudian bergerak seolah-olah saling mendekat dan berada hampir atau bahkan satu garis lurus. 

Peristiwa seperti itulah yang akan terjadi pada Bulan dan Planet Mars pada tanggal 7 Juni 2014. Bulan akan melewati 2 ° dari Mars di langit malam. Bulan bungkuk akan akan memiliki mag -12,2 dan Mars akan memiliki mag -0.8. Carilah kedua objek ini di langit timur setelah matahari terbenam. Pasangan ini kemudian akan terlihat di barat pada malam hari dan akan tetap terlihat sekitar 6 jam setelah matahari terbenam.

10 Juni 2014 : Okultasi Saturnus
Okultasi adalah suatu peristiwa tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lainnya yang berukuran lebih besar (dilihat oleh pengamat dari Bumi). Akibatnya, benda langit yang tertutupi menjadi tidak terlihat sama sekali karena tersembunyi dibelakang benda lainnya yang lainnya.

Peristiwa ini terjadi setiap bulannya, namun titik pengamatannya berbeda-beda. Seperti pada Juni ini, okultasi Saturnus hanya bisa diamati di wilayah sekitaran Antartika, Afrika Selatan dan Selatan Australia.

Wilayah Indonesia hanya akan melihat Bulan yang berdekatan dengan Saturnus. Namun begitu, pemandangan ini cukup indah untuk diamati.

10 Juni 2014 : Komet 181P/Shoemaker-Levy mencapai Perihelion
Sebuah komet bernama 181P akan mencapai perihelion (jarak terdekatnya) dengan Matahari. Peristiwa ini hanya akan bisa teramati dengan menggunakan teleskop.

13 Juni 2014 : Bulan Purnama
Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan, fase ini terjadi pada jam 04:11 UTC atau pada jam 11:11 WIB, mulai bisa diamati pukul 18:00 waktu setempat di langit Timur.

15 Juni 2014 : Bulan di Perigee
Bulan akan mencapai perigee (titik terdekat) dengan Bumi, yaitu pada jarak 362.062 km dari Bumi.Peristiwa tersebut akan terjadi pada pukul 10:35 WIB.

21 Juni 2014 : Titik Balik Matahari bulan Juni (Solstice June)
Titik balik matahari bulan Juni terjadi jam 10:51 UTC atau pada jam 17:15 WIB. Kutub Utara bumi akan miring ke arah Matahari, yang akan telah mencapai posisi paling utara di langit dan akan langsung di atas Tropic of Cancer pada 23,44 derajat lintang utara. Ini adalah hari pertama musim panas (summer solstice) di belahan bumi utara dan hari pertama musim dingin (winter solstice) di belahan bumi selatan.

24 Juni 2014 : Bulan Sabit di dekat Planet Venus
Bulan akan terlihat menemani Venus di langit pada dini hari hingga Subuh pada 24 Juni 2014. Pemandangan ini bisa diamati dengan mata telanjang dengan syarat, langit cerah.

27 Juni 2014 : Bulan Baru
Fase ini akan terjadi pada jam 08:08 UTC atau jam 15.08 WIB.

27 Juni 2014 : Hujan Meteor June Bootid
Sebuah hujan meteor muncul di akhir bulan Juni 2014, hujan meteor ini bernama June Bootid. Mencapai puncaknya pada 27 Juni dengan intensitas hanya 2 sampai 5 meteor saja per jamnya.

Intensitasnya cukup kecil, namun tidak ada salahnya untuk diamati. Hujan meteor ini bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Dan peristiwa ini tidak membahayakan sama sekali.

30 Juni 2014 : Bulan Di Apogee
Bulan akan mencapai apogee (titik terjauh)nya kembali dari Bumi pada jarak 405.932 km dari Bumi. Peristiwa tersebut akan terjadi pada pukul 02:11 WIB

Semoga bermanfaat yah, selamat menikmati bulan Juni dan semoga langitmu selalu cerah.


Wassalamualaikum... Wr. Wb.
(www.seasky.org - www.vercalendario.info - www.arksky.org - www.lunar-occultations.com)




18 comments :

  1. duh Mbak Dee memang pakar banget soal perbulanan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ah, sharing aja, hehee... terima kasih ya :)

      Delete
    2. perbulanan, perbintangan, dan perbumian.....

      Delete
  2. Replies
    1. pergerakan benda-benda langit adalah tetap dan dapat diperhitungkan, (bukan diramalkan). Jadi, misalnya ketika ada astronom menyatakan bahwa pada tanggal tertentu akan terjadi gerhana matahari, gerhana bulan, hujan meteor, Bulan purnama atau mendekatnya suatu planet dengan bumi, maka itu bukan sembarangan dan itu bukan ramalan, semua ada perhitungannya dan dipastikan akan terjadi.... :))
      terima kasih...

      Delete
  3. Ja ngan trrlalu prcya dengan rmaln mbak....kunjungan prtma

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan ramalan, seperti yang saya tulis di balasan komentar atas, pergerakan benda-benda langit adalah tetap dan dapat diperhitungkan, (sekali lagi, bukan diramalkan)...misalnya ketika ada astronom menyatakan bahwa pada tanggal tertentu akan terjadi gerhana matahari, gerhana bulan, hujan meteor, Bulan purnama atau mendekatnya suatu planet dengan bumi, maka itu bukan sembarangan dan itu bukan ramalan, semua ada perhitungannya dan dipastikan akan terjadi

      Delete
  4. ternyata dibulan juni ini banyak penomena - penomena bulan dan bumi ya kakak

    ReplyDelete
  5. untung hujan meteornya ga berbahaya... :D *selamet dah,, heheh jangan sampe deh tuh hujan meteor menghujani hatiku yang sedang rindu jhahah :)

    ReplyDelete
  6. materinya berat euy...sipp lah buat nambah ilmu :)

    ReplyDelete
  7. Titik Balik Matahari bulan Juni itu berbahaya ndak ya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, seperti yang tertulis diatas : hari itu adalah hari pertama musim panas (summer solstice) di belahan bumi utara dan hari pertama musim dingin (winter solstice) di belahan bumi selatan.

      Delete
  8. Replies
    1. iya betul :)
      Terima kasih kunjungannya... :)

      Delete