Tuesday, July 1, 2014

Panduan untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Jantung

8 comments
Assalamualaikum...

Memiliki otak yang sehat adalah penting pada usia apa pun, apakah anda berusia muda atau tua. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa hidup secara sehat untuk otak kita, terutama waktu kita setengah umur (umumnya antara umur 40 sampai 65 tahun), dapat mengurangi risiko mengalami demensia di masa kita berusia lanjut. 

Demensia (bahasa Inggris: dementia, senility) merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.

Untuk hidup secara sehat untuk otak, kita perlu menjaga otak kita, jantung kita dan tubuh kita. Itu semuanya penting.

Diterjemahkan dari situs Your Brain Matters, berikut uraian secara umum  dan singkat tentang panduan untuk menjaga kesehatan otak, jantung dan tubuh kita,

Menjaga Otak Kita Selalu Aktif itu Penting
Jaga agar otak anda terus ditantang dan tetaplah aktif bergaul. Para ilmuwan menemukan bahwa menantang otak kita dengan kegiatan-kegiatan baru membantu membentuk sel-sel otak yang baru dan memperkuat hubungan antara sel-sel tersebut. Ini membantu memberi otak lebih banyak 'cadangan' sehingga otak sanggup mengatasi tantangan secara lebih baik dan tetap bekerja dengan baik jika ada sel-sel otak yang rusak atau mati.

Pilihlah kegiatan yang menantang dan yang menyenangkan yang bisa anda lakukan. Tantanglah diri anda sesering mungkin dan pelajari hal-hal baru yang anda temukan sepanjang hidup anda. Ikut serta dalam pergaulan dan berinteraksi dengan orang-orang lain membuat sel-sel otak kita terlatih dan memperkuat hubungan-hubungan di antara mereka. Pergaulan yang menyangkut kegiatan mental dan kegiatan fisik memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kesehatan otak dan mengurangi risiko menderita demensia.

Demensia bukan berupa penyakit dan bukanlah sindrom. Pikun merupakan gejala umum demensia, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu mereka lambat laun kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional, sering hal tersebut menjadi tidak terkendali.

Cobalah lakukan beberapa kegiatan ini juga :
  1. Temui dan sapalah keluarga dan teman-teman untuk menjaga otak anda tetap aktif - lebih baik lagi, bertemulah dengan mereka sambil berjalan kaki
  2. Luangkanlah waktu untuk mencoba bermain main kartu atau bermain games dengan teman-teman atau jadilah anggota suatu klub yang sesuai dengan minat anda
  3. Belajarlah memainkan alat musik
  4. Belajarlah hal-hal yang baru atau ikutlah serta dalam kegiatan-kegiatan yang anda sukai seperti melukis, kerajinan tangan atau orienteering (mencari jejak)
  5. Daftarkan diri pada kursus singkat, misalnya untuk belajar hal baru seperti yoga atau fotografi, dengan demikian, anda akan belajar keterampilan baru dan berkenalan dengan orang-orang baru
Menjaga Jantung kita Tetap Sehat itu Penting
Apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi yang tidak diobati dengan efektif, dapat merusak saluran-saluran darah di otak dan mempengaruhi cara kerja otak dan kemampuan berfikir.



Penting melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dan mengikuti nasihat dokter anda atau ahli kesehatan. Jagalah tekanan darah, kolesterol, gula darah dan berat badan pada tingkat yang sehat untuk anda, dan ikutilah
nasihat perawatan mereka.

Sudah terbukti bahwa merokok meningkatkan risiko menderita demensia. Untuk menjaga agar otak anda tetap sehat, merokok harus dihindari.

Berikut beberapa tips yang harus diingat untuk menjaga kesehatan Jantung kita :
  1. Tanyakan kepada ahli kesehatan anda mengenai bagaimana cara mengurangi berat badan yang sehat.
  2. Periksakanlah tekanan darah anda secara teratur.
  3. Apa yang baik bagi jantung juga baik untuk otak – bicarakan dengan dokter anda mengenai memeriksa tekanan darah, kolesterol, gula darah dan berat badan secara teratur.
  4. Jika umur anda lebih dari 45 tahun, ketika melakukan pemeriksaan jantung, periksakan juga tentang risiko mendapat stroke (serangan otak).
  5. Hindarilah merokok
Dan Menjaga Badan Tetap Bugar dan Sehat Itu Juga Sangat Penting
Makanlah secara sehat dan ikut sertalah dalam kegiatan fisik secara teratur. Otak anda memerlukan berbagai gizi, cairan dan energi agar dapat bekerja dengan baik.

Hindari banyak makan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh (mentega, gorengan, makanan deli yang terproses, kue-kue, roti-rotian dan biskuit). Pilihlah berbagai makanan yang di antaranya ada sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh (wholegrains), kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. Makanlah ikan, daging tak berlemak dan masaklah dengan minyak monounsaturated atau polyunsaturated (minyak canola, zaitun, bunga matahari dan minyak kacang).

Jika anda minum minuman keras, anda sebaiknya minum tidak berlebihan, jangan lebih dari dua ukuran standar per hari. Lebih baiknya lagi hindari dan berhentilah meminum-minuman keras.

Kegiatan fisik secara berkala sangat bermanfaat bagi kesehatan otak Ini membantu pasokan aliran darah dan oksigen ke otak.

Usahakan melakukan olah raga ringan atau sedang paling sedikit 30 menit setiap hari. Pilihlah kegiatan yang anda sukai untuk melakukannya seperti berjalan, berenang, menari, tai chi atau bergabunglah dengan klub olah raga lainnya sesuai minat anda.

Berikut beberapa tips agar badan tetap bugar dan sehat :
  1. Belajarlah menari atau berdansa – ini baik sekali untuk melatih tubuh dan otak anda
  2. Makanlah makanan dari berbagai kelompok makanan dan kurangilah makan lemak jenuh (saturated fats)
  3. Masukkan zat asam lemak (fatty acids) omega 3 yang berasal dari ikan yang banyak minyaknya dan sumber-sumber lain seperti kacang walnut ke dalam makanan anda.
  4. Nikmatilah dua macam buah setiap hari – buatlah salad buah, termasuk ketika makan pagi.
  5. Masukkan lima macam sayuran ke dalam makanan anda setiap hari
  6. Masukkan paling sedikit 30 menit kegiatan fisik ke dalam kegiatan anda sehari-hari
Semoga bermanfaat, dan ayo hidup sehat!!! ^_^

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

8 comments :

  1. tipsnya sangat bermanfaat .. maksiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Terima kasih kembali :D

      Delete
  2. Mantap kak ade tips'nya.. :D
    Insyaallah ane coba nih dirumah :D hehehe

    ReplyDelete
  3. Salah satu tips agar badan tetap bugar dan sehat adalah "Belajarlah menari atau berdansa".
    Waah...
    kayanya ga bingiit untuk ane. g tau kenapa, kl menari dan berdansa itu bikin ane malu.

    ane pilih nomor 2-6 ajj deh:

    2. Makanlah makanan dari berbagai kelompok makanan dan kurangilah makan lemak jenuh (saturated fats)
    3. Masukkan zat asam lemak (fatty acids) omega 3 yang berasal dari ikan yang banyak minyaknya dan sumber-sumber lain seperti kacang walnut ke dalam makanan anda.
    4. Nikmatilah dua macam buah setiap hari – buatlah salad buah, termasuk ketika makan pagi.
    5. Masukkan lima macam sayuran ke dalam makanan anda setiap hari
    6. Masukkan paling sedikit 30 menit kegiatan fisik ke dalam kegiatan anda sehari-hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bisa disesuaikan kok, dengan kemampuan dan juga kebutuhan masing-masing....

      Delete
  4. Kl ane pilih makanan yg terbuat dari gandum. seperti Quaker Oat yg mudah di temui di minimarket2 dekat rmh. dan cara penyajiannya jg mudah

    ReplyDelete