Wednesday, September 24, 2014

Keunggulan Air Susu Ibu Bagi Bayi Dibanding Susu Lainnya

4 comments
Assalamualaikum.....

Hai semuanya, lama yaa kita gak saling sharing disini. Kali ini kita bahas apa ya...? Ada yang punya ide...? Atau, gimana kalau kita bahas tentang ASI aja. Setuju?, Okee setuju dong...
*riweuh bangett, tanya sendiri... jawab sendiri -_-

Oh iya, saya bukan seorang ibu yang sedang dalam masa-masa menyusui ataupun seorang ibu hamil yang sedang menanti masa-masa menyusui *eh penting banget ya bikin penegasan ini?, hehehe.... tapi, kapan yaa masa-masa itu terjadi ^_^*,  hanya kebetulan saya habis baca-baca dan sharing tentang ASI, jadinya pengen berbagi juga disini... mungkin bisa bermanfaat buat yang sedang membutuhkan informasi mengenai ASI ini.

ASI... iyaph, ASI alias Air Susu Ibu adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

Adapun hal-hal yang mempengaruhi baik dan tidaknya produksi ASI antara lain adalah faktor makanan, ketenangan jiwa dan pikiran, penggunaan alat kontrasepsi, perawatan payudara,  anatomis payudara, faktor fisiologi, pola istirahat, faktor isapan anak atau frekuensi penyusuan, faktor obat-obatan, berat lahir bayi, umur kehamilan saat melahirkan dan konsumsi rokok dan alkohol

Bila ibu tidak dapat menyusui anaknya, harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau susu formula khusus. Susu sapi tidak cocok untuk bayi sebelum berusia 1 tahun.

ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur 0 sampai dengan 6 bulan. Makanan terbaik anak usia tersebut adalah AIR SUSU IBU bukan yang lain. Bahkan air putih tidak diberikan dalam tahap ASI eksklusif ini. Jadi bagi ibu-ibu atau calon ibu yang ingin program punya anak dari awal niatkan dalam diri untuk hanya memberikan ASI saja pada bayinya selama rentang usia tersebut.

Allah SWT telah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna, oleh karena itu pada ASI, untuk hari 1-3 pun yang keluar tidak banyak hanya sekitar 3-5 ml saja sesuai bentuk lambung anak yang hanya sebesar kelereng. Yang keluar pertama kali juga kolostrum, dimana didalam kolostrum itu banyak terdapat zat antibodi yang memang diperlukan untuk awal perkembangan bayi. Selain zat antibodi, kolostrum jg banyak mengandung sel-sel darah putih, pencahar, growth factor dan kaya akan vitamin A.

Pada hari ke 4 dan seterusnya sudah diproduksi ASI matur/matang yang seperti sehari-hari menjadi makanan bayi.

Keunggulan Air Susu Ibu Bagi Bayi Dibanding Susu Lainnya
1.  Komposisi ASI sesuai untuk pertumbuhan bayi dan bisa berubah setiap saat tergantung kebutuhannya

2. ASI mengandung perlindungan yang bisa menghindarkan bayi dari berbagai  penyakit infeksi

3. ASI mengandung nutrisi yang baik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

4. ASI mengandung laktosa (gula susu) sebagai sumber tenaga dia. Kalau pada susu sapi, laktosa ini kadang yang menyebabkan anak menjadi alergi. Hal ini yang menyebabkan pada anak dengan susu formula dari bahan dasar susu sapi terkena lactose intolerance

5. Protein, pada ASI mengandung protein sebagai zat pembangun atau pertumbuhan. Walaupun dibandingkan dengan jumlah susu sapi, jumlah protein dalam ASI lebih sedikit namun protein yang terkandung dalam ASI itu merupakan protein yang mudah dicerna dan diserap. Berbeda dengan susu sapi, 80% nya merupakan protein yang susah dicerna. Makanya jangan heran pada anak 0-6 bulan yang full ASI jarang buang air besar, karena hampir semua ASI yang masuk terserap tubuh. Lain hal nya dengan yang memakai susu formula pasti buang air besarnya banyak

6. Lemat/fat, lemak pada asi merupakan asam lemak esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, secara alamiah dalam lemak tersebut mengandung enzim lipase yang membantu mencerna lemak tersebut dalam tubuh bayi. Susu sapi ataupun susu kambing tidak mengandung enzim lipase.

7. Anak yang full diberi ASI di usia 0-6 bulan angka kesakitannya sangat rendah. Itu karena ASI tinggi akan vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk daya tahan tubuh anak.
Maka, apabila air susu ibu dijemur di bawah sinar matahari secara langsung, maka dalam beberapa jam akan berubah warnanya menjadi merah seperti darah. Hal tersebut disebabkan reaksi kimia yang dikarenakan air susu ibu mengandung berbagai macam protein dan vitamin.

8. Kandungan zat besi pada ASI dan berbagai jenis susu yang lain hampir sama. Yang menbedakan adalah pada tingkat penyerapannya. Zat besi pada ASI hampir 50% terserap tubuh sedangkan pada susu lain hanya 10% yang bisa terserap tubuh.

9. ASI lebih ekonomis, mudah dan praktis dibandingkan pemberian susu formula karena tidak memerlukan botol susu yang steril

10. Dengan memberikan ASI  maka akan tercipta bonding atau jalinan kasih yang erat antara bayi dan ibunya.

Nah, itulah mengenai keunggulan Air Susu Ibu bagi bayi dibanding susu lainnya. Jadi, buat para calon ibu dan ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui jangan sampai lalai memberikan ASI, karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi.

Special thanks to ibu bidan Sri Pangestusi. Nuhun sharing nya, teteh... sangat bermanfaat dan menambah wawasan ^_^

Wassalamualaikum... Wr. Wb

4 comments :

  1. Selamat sian Mbak Dee semoga kabarnya baik sehat selalu :)
    Ke 10 point artikel Mbak diatas saya setuju sekali. ASI
    Adalah susu yang baik sekali untuk tumbuh kembangnya bayi
    Ketimbang susu kemasan ya Mbak. pokoknya saya support kalau
    Ibu Indonesia Menyusui anaknya sendiri dari pada nyusu sama
    Susu hewan/kemasan. makasih info sehatnya Mbak Dee :)

    ReplyDelete
  2. wah banyak ya keungulannya, alagkah baiknya ibu memberikan asi sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul :)
      Nah sebagai calon Ayah, nanti support istrinya untuk memberikan ASI eksklusif yaa, hehee

      Delete