Saturday, March 21, 2015

Craft Tutorial : How to Make a "Tiga Hati" Bookmark

3 comments
Assalamualaikum...

Masih ingat 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle...?

Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. Dan salah satu diantaranya adalah seperti yang telah saya praktekkan, yaitu membuat bookmark atau pembatas buku dari benda-benda bekas.

Beberapa waktu yang lalu, saya membuat sebuah bookmark yang saya namai : 

"Tiga Hati" Bookmark


Mengapa dinamai "Tiga Hati"? Meskipun dibuat dari benda-benda bekas seadanya dan nampak sederhana, ini bukan sembarang bookmark. Karena bookmark ini memiliki filosofi tersendiri. Penasaran apa makna filosofinya? Akan saya jelaskan, sekarang yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah bagaimana cara membuatnya.



1. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, benda-benda yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah :
- Kertas aluminimum foil bekas pembungkus makanan
- Papan bekas SIM card
- Seal tape bening yang besar
- Double tape
- Gunting


2. Lilit papan bekas SIM Card dengan menggunakan seal tape besar tadi. Ini dimaksudkan untuk menutupi bagian bekas letak SIM Card supaya permukaannya menjadi rata.

3. Sesudah dililit dengan seal tape, bungkus papan bekas SIM Card tersebut dengan kertas aluminimum foil bekas.

Setelah selesai ketiga langkah diatas, perhatikan gambar berikut :


4. Tampak bagian depan papan bekas SIM Card yang telah dibungkus kertas aluminium foil.

5. Tampak bagian belakang papan bekas SIM Card yang telah dibungkus kertas aluminium foil.

6. Buat ornamen atau gambar tiga bentuk hati. Oh iya, aku lupa tidak mengikutsertakan kertas dan pensil/spidol pada gambar sebelumnya >_<. Kamu bisa menggunakan kertas bekas yang masih memiliki sisi atau bagian yang masih bersih. Supaya matching dengan warna perak, beri warna ornamen bentuk hati tersebut dengan warna pink. Pink is my favorite color ^_^
Setelah itu, gunting ketiga bentuk hati tersebut dan tempelkan pada bagian yang tadi saya sebut sebagai bagian belakang papan SIM Card yang telah dibungkus kertas aluminium foil.

Sehingga hasilnya seperti ini :

Cara membuatnya so simple dan hasilnya cantik kaaan.....? ^_^
Seperti yang saya sampaikan diatas, bahwa bookmark yang saya buat ini mengandung sebuah makna filosofi. 

Pertama dari bentuknya. Mengapa saya memilih simbol hati, karena simbol hati adalah simbol yang sejak lama digunakan untuk menunjukkan spiritualitas, emosi, moral, dan pada masa lalu, juga sebagai pusat kecerdasan manusia.

Kedua dari jumlahnya. Terdiri dari tiga bentuk hati. Mengapa tiga? Seperti yang kita ketahui bahwa setiap ibadah yang diperintahkan Allah adalah untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara seimbang. Hubungan vertikal yaitu hubungan kita kepada Allah (Hablumminallah), sedangkan hubungan horizontal adalah hubungan kita kepada sesama makhluk Allah (Hablumminannas).

Itulah yang menjadi alasan saya mengapa memilih tiga bentuk hati. Yang mana bentuk hati pertama sebagai penggambaran cinta dan hubungan yang baik kita, sebagai makhluk kepada sang Khalik-nya, Allah SWT (Hablumminallah). Dan bentuk hati kedua sebagai penggambaran sekaligus reminder juga agar selalu ingat tentang cinta dan hubungan yang baik antara kita dengan sesama makhluk Allah SWT (Hablumminannas). Sedangkan bentuk hati ketiga, saya jadikan sebagai ilustrasi cinta saya kepada benda yang bernama Buku. Karena salah satu kenikmatan tak ternilai dari Allah SWT kepada kita adalah kenikmatan membaca.

Jadi intinya adalah sekalipun kita sangat gemar membaca jangan sampai mengulur-ulur apalagi sampai melupakan waktu beribadah. Setelah selesai membaca beberapa buku seri, ingatlah, sudah berapa juz pula yang dibaca?. Selain itu, membaca buku seharian dirumah terutama dikamar memang sangat menyenangkan, namun jangan sampai lupa untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitar. Ini sih selfreminder banget, hehehe...

Nah, jadi... selain turut serta dalam program 3R tadi, bookmark sederhana nan cantik ini juga memiliki makna filosofi yang sangat dalam bukan...? ^_^

Tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

3 comments :

  1. jadi inget jaman waktu SD, penggaris plastik yang lentur digunting buat bookmark

    ReplyDelete
  2. wah karya penuh filisofi bagus mba super kreatif

    ReplyDelete
  3. kreatif banget nihh (y)

    maaf baru bisa visit balik :D karena tidak ada koneksi internet jadi jarang bukan blog hehe :D

    ReplyDelete