Tuesday, April 21, 2015

Selamat Hari Kartini, 21 April 2015

9 comments
Assalamualaikum...

Pada setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. R.A. Kartini atau Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

R.A Kartini, pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender. Dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang (Door Duisternis Tot Licht) ini, melalui surat-suratnya, Kartini berjuang agar wanita mendapatkan persamaan hak dalam berbagai ranah kehidupan, khususnya pendidikan dan harus tetap menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya.

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG - R.A. Kartini
Diterjemahkan oleh Armijn Pane
Hak cipta gambar : Widiani
Mungkin ada yang lupa atau sama sekali tidak tahu, sejak kapan Hari Kartini mulai diperingati? Hari Kartini mulai diperingati sejak Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Namun, apa makna hari Kartini sebenarnya? Kadang kita lupa akan makna dari hal-hal yang kita peringati. Padahal negara ini bisa lahir dan terus bertumbuh akibat momentum-momentum bersejarah.

Setidaknya, momentum ini bisa membuat rasa nasionalisme kita ada dan bertumbuh, untuk menyegarkan semangat kita untuk membangun bangsa kita, tidak menyerah dengan keadaan yang serba sulit seperti saat ini.

Selamat Hari Kartini :)

Wassalamualaikum... Wr. Wb.

9 comments :

  1. selamat hari Kartini Mbak
    semoga perempuan-perempuan Indonesia mampu mempunyai semangat seperti Ibu Kartini. sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, dan selamat hari Kartini juga, hehe.. meskipun telaaat banget balasnya ^_^
      Aamiin.... :)

      Delete
  2. iya, saya baru tahu nih ternyata sejak 1964 ya beliau dikukuhkan sebagai pahlawan kemerdekaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah benarkah? berarti cukup bermanfaat ya tulisan ini. Yesss!!!
      hehe ^_^

      Delete
  3. Saya punya kutipan dari RA Kartini yang menjadi salah satu kutipan fave saya. April juga adalah bulan kelahiran saya, Saya ultahnya 19 April. Eaaaaaaaaa malah curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh... boleh dishare dong, pak... Kutipan Favoritnya yang mana?
      Barakallah fii umrik, semoga makin sukses dan usianya semakin membawa berkah, Aaamiin.... *meskipun gak tahu, tanggal berapa, hehe

      Delete
  4. Sekejap lewatkan makna tulisanya karena sudah terlewat lampau.. hehe
    Tulisan yang menarik dan terasa gurih di baca :)

    ReplyDelete