Friday, September 1, 2017

Book Review: The Flat Earth Conspiracy by Eric Dubay

4 comments
Saya sudah baca buku ini, versi ebook (bahasa Inggris) beberapa bulan yang lalu. Saya lupa tepatnya kapan, kira-kira ketika Teori Flat Earth saat itu sedang mulai ramai diperbincangkan kembali di sosial media.

Cover ebook The Flat Earth Conspiracy by Eric Dubay


Buku ini pertama kali diterbitkan 9 November 2014 dan diterbitkan di Indonesia pada bulan yang sama, November tahun 2016. 

Cover buku terjemahan berbahasa Indonesia, The Flat Earth Conspiracy
Seperti yang terlihat pada gambar pertama diatas, pada edisi bahasa Inggris tersebut judul buku ini hanya The Flat Earth Conspirasy, tanpa anak judul yang kalau diterjemahkan akan menjadi : "Bukti-Bukti Ilmiah Bumi Itu Datar". Ini embel-embel darimana ya, omong-omong? 

Bagi yang penasaran, berikut adalah blurb buku tersebut dari edisi terjemahannya:

Selama ini kita meyakini bahwa bentuk bumi adalah bulat. Pengetahuan tentang bumi bulat itu diajarkan di semua ruang sekolah di seluruh dunia. Bumi bulat sudah menjadi sistem kepercayaan kita. Namun, ilmu pengetahuan terus berkembang. Apa yang kita yakini sekarang bisa jadi berubah kemudian. Keyakinan bahwa bumi bulat yang sudah mapan selama ratusan tahun itu digugat. 

Seorang peneliti internasional bernama Eric Dubay mengungkap fakta bahwa teori bumi bulat adalah ilusi yang ditanam di otak kita lewat kebohongan sains dan propaganda media selama lebih dari 500 tahun. Teori bumi bulat merupakan bentuk konspirasi terbesar sepanjang masa. 

Dalam penelitian yang dituangkan di buku ini, Eric Dubay mengungkap fakta-fakta mencengangkan yang membuktikan bahwa BUMI INI DATAR, BUKAN BULAT. Banyak fakta yang dikupas dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Salah satu fakta ilmiah yang kuat dan belum bisa dibantah adalah fenomena gerhana matahari dan bulan yang tidak akurat jika dihitung berdasarkan teori bumi bulat. 

Apa saja fakta-fakta tak terbantahkan lain yang membongkar kebohongan teori bumi bulat? Baca buku ini dan Anda akan tercengang!

Sebuah blurb yang cukup menjanjikan dan sangat menarik untuk dibaca ya, bukan? Nah, secara umum buku ini berisi penyangkalan proyek pendaratan di Bulan, eksperimen serta gambar tentang kebenaran bumi datar menurut mereka, yakni para penganut teori Flat Earth (FE), juga kutipan-kutipan dan pendapat/klaim pada era tahun 1800an yang memang saat itu sedang mulai booming klaim bahwa bumi itu sebenarnya berbentuk datar tidak bulat, yang kemudian oleh sebagian orang/kelompok klaim ide tersebut diterima dan berkembang.

Tentu saja tidak ada bukti ilmiah yang mereka sajikan yang menyatakan bahwa klaim Bumi Datar atau Flat Earth ini adalah 100% benar pada buku ini. Sekalipun mungkin bagi sebagian orang paparan-paparan konsep khas FEnya tersebut akan cukup mencengangkan. Jika pembaca cukup jeli, pada judul buku ini ada kata "Conspiracy" (konspirasi), yang kita tahu itu artinya pemufakatan yang ilegal atau tidak sah.

Omong-omong mengenai penulis, siapakah sosok Eric Dubay ini? Eric Dubay adalah salah satu orang yang meyakini bahwa Bumi berbentuk datar. Lebih detail mengenai sosok beliau ini, silahkan googling saja ya, teman-temaan. Yang pasti upayanya membuat pembaca percaya dengan yang diuraikan layak diacungi jempol deh :P

Berdasarkan pengalaman pribadi, dibutuhkan kesiapan mental dan keterbukaan pikiran yaaang selebar-lebarnya serta keikhlasan hati yang benar-benar tulus untuk membaca buku ini, hehe... Iya, sebenarnya tidak ada yang salah dengan buku ini, karena teori Flat Earth itu (pernah) ada, bahkan mungkin akan selalu ada dan menjadi topik pembicaraan yang menarik untuk sebagian/sekelompok orang. Selain itu, tidak bisa kita pungkiri, hingga saat ini, penganutnyapun juga tidak sedikit, entah nantinya akan bagaimana, saya hanya bisa berharap orang-orang akan semakin cerdas untuk menerima setiap informasi yang mereka terima, mampu memfilter mana informasi yang harus dan layak untuk diserap dan mana yang tidak.

Saya sendiri menganggap buku ini sebagai sebuah catatan untuk dibaca siapapun yang ingin mengetahui bahwa; ada lho konsep-konsep lain yang (ilegal) yang kemudian (sayangnya) dipercaya sebagai kebenaran bagi sebagian yang lainnya. Selebihnya saya menganggap buku ini sebagai bacaan fiksi ilmiah belaka. Tidak lebih ;)

4 comments :

  1. Berarti masih ngikut bumi itu bulat aja, ya? Hehehe..
    Aku juga kaya kamu, kalau baca buku2 yang kontroversial begini biasanya aku anggep tambahan sudut pandang doang.

    ReplyDelete
  2. ada lagi ebook bumi datar punya bosdarling udah bahasa indonesia

    ReplyDelete
  3. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  4. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete