Monday, November 26, 2012

Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012

| | 60 Komentar

Assalamuaikum...

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan purnama.
Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari dapat diprediksi sebelumnya. Hal ini terkait dengan suatu siklus gerhana yang disebut seri Saros. 
Seri Saros merupakan sebuah siklus terjadinya gerhana secara periodik yang berselang 18 tahun 11 hari 8 jam. Artinya kalau ada dua gerhana yang terpisah atau terjadi dalam selang waktu tersebut, kedua gerhana itu akan memiliki geometri gerhana yang sama. Dalam seri Saros ini, GBP 28 November 2012 merupakan anggota ke-11 dari seri Saros 145, yang jumlah anggotanya sebyanyak 71. Gerhana sebelumnya yang berasosiasi dengan GBP 28 November 2012 ini adalah GBP 18 November 1994. Sementara gerhana yang berasosiasi sesudahnya adalah GBP 9 Desember 2030.

Nah, menjelang akhir bulan November ini, atau lebih tepatnya tanggal 28 November 2012, kembali akan terjadi fenomena astronomi yaitu Gerhana Bulan Penumbra.


Seperti yang terlihat pada gambar diatas,
Gerhana Bulan Penumbra adalah peristiwa masuknya bulan ke dalam bayangan penumbra bumi. Akibatnya, kecemerlangan bulan akan nampak berkurang. Berbeda dengan ketika gerhana umbra terjadi, bulan akan mengalami perubahan bentuk (menjadi sabit padahal saat itu sedang fase purnama) dan warna (ketika seluruh bagian bulan masuk ke dalam umbra bumi, warna bulan akan berubah menjadi kemerahan (gerhana bulan total)).

Dari BMKG, berikut adalah informasi dan ilustrasi fase-fase dan waktu kejadian dari proses Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012 :
  • Gerhana Penumbra mulai :  pukul 19:12:6 WIB
  • Puncak Gerhana :  pukul 21:33:0 WIB
  • Gerhana Penumbra berakhir : pukul 23:53:3 WIB
Ilustrasi proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012
Credit : BMKG
Dari informasi dan gambar ilustrasi di atas dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana Penumbra mulai (P1) hingga Gerhana Penumbra berakhir (p4) adalah 4 jam 40,7 menit. Pada saat puncak gerhana, persentase piringan Bulan yang tertutupi bayangan penumbra Bumi dibandingkan dengan piringan Bulan secara keseluruhan adalah sebesar 94,2%. Piringan yang tertutupi ini adalah bagian yang mengarah ke sebelah Utara pada arah mata angin pengamat.

Indonesia menjadi salah satu kawasan yang mampu menyaksikan gerhana Bulan ini. Seluruh kawasan Indonesia tanpa terkecuali mampu menyaksikan semua tahap gerhana penumbra ini.

Namun sayangnya...
Gerhana bulan penumbra 28 November 2012 ini akan sangat sulit diamati dengan mata telanjang. 
Kenapa? Karena seperti yang telah dijelaskan diatas, saat terjadi gerhana bulan penumbra, tidak ada perubahan bentuk dan warna yang terjadi pada bulan, hanya kecemerlangan cahaya bulan akan nampak berkurang. 
Jadi, untuk dapat mengamatinya harus dilengkapi dengan alat bantu optik, bisa menggunakan binokuler atau teleskop.

Area visibilitas Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012
Credit : BMKG
Pada gambar diatas ditampilkan lokasi di muka Bumi yang dapat dan tidak dapat digunakan untuk menyaksikan GBP 28 November 2012. Di kawasan daratan bumi, gerhana ini bisa disaksikan dari Asia, Australia, sebagian Eropa khususnya Eropa timur, sebagian Afrika khususnya Afrika utara dan timur serta Amerika Utara. 
Pengamat di Amerika Utara tidak dapat menyaksikan proses akhir gerhana, karena gerhana berlangsung pada saat Bulan terbenam. Adapun pengamat di Asia Barat, Eropa dan sebagian besar Afrika bagian Timur Laut tidak dapat menyaksikan proses awal gerhana akibat gerhana berlangsung saat Bulan terbit.
Sementara untuk kawasan lautan, gerhana ini hanya bisa disaksikan dari sebagian besar perairan Samudera Pasifik (kecuali lepas pantai Amerika Selatan) dan Samudera Hindia.

Demikian informasi mengenai Gerhana bulan Penumbra (GBP) yang akan terjadi pada 28 November 2012 nanti, semoga bermanfaat.

Untuk teman-teman yang muslim jangan lupa yaa Shalat Gerhananya.

Firman Allah SWT dalam Q.S An-Nahl (16) ayat 12 :


Wassalamualaikum...



Referensi :

60 comments:

  1. Lagi dua hari..
    sayangnya Nur tidak ada teleskop..
    Andai boleh dilihat dengan mata kasar...seronoknyakan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dua hari lagi Nur :)

      hmm... gak apa-apa, nanti Insya Allah saya publish foto-foto Gerhana bulan penumbranya :)
      Terimakasih telah mejadi The First Commentator, hehehe :)

      Delete
  2. kunjungan mlm mbk. wah jdi ngeri bacanya mbk. trmakasi dah mau berbagi mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiya sama-sama... Terimakasih kunjungannya...
      wahh... kok ngeri..? tidak ada yang mengerikan tuh dari informasi diatas :)

      Delete
    2. siang mbk.. iya,ni emang aq suka yng ngeri2 gkgkgk...?

      Delete
    3. Selamat siang juga...
      owhh... hehehe, ada-ada aja nih :D

      Delete
  3. sekarang masih tanggal 26,,masih ada waktu buat liat,,,cihuy,,,69 tancap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaph... silahkan, selamat menyaksikan, tapi harus dengan teropong atau teleskop lho... :)
      Terimakasih 69 nya :)

      Delete
  4. wah mesti pinjam teropong simbah ni untuk liat gerhana bulan penumbra....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh... betul tuh pinjam saja, terimakasih yaa sudah berkunjung :)

      Delete
  5. mintak jasa baik .nanti publishkan gambr2nya.lg 2 hari ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo... Tirana Aduka, selamat malam... terimakasih kunjungannya :)

      Delete
  6. wah untung maen ke blog ini,kalau tidak,pasti tidak akan tahu apa yang akan terjadi nanti,Terimakasih kawan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, Kawan...
      terimakasih kunjungannya :)

      Delete
  7. infonya sangat bermanfaat sobb... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... senang mendengarnya :)
      Terima kasih untuk kunjungannya :)

      Delete
  8. ane malah baru tahu neh sis kalau mau ada gerhana bulan,BTW artikelnya mengingatkanku pada pelajaran pas dulu waktu masih sekolah,hmmm hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... terimakasih yaa kunujungannya, sukses terus untuk Mahesa Guru :)

      Delete
  9. Informasi yang menarik sobat, baru tau ane kalo ada gerhana bulan Penumbra...
    yang ane inget cuma adanya sinar Umbra dan Penumbra itu pelajaran SD kelas 6 kalo ga salah....

    Sukses ya kawan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, sobat... sukses selalu untuk Angga Wahyu :)

      Delete
  10. Subhanallah..berarti besok malam atau malam ini, ya?
    Makasih infonya..dan salam kenal sekalian ngundang untuk SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama... salam kenal juga :)
      Besok malam, sobat... jgn sampe terlewatkan ya :)

      Delete
  11. Informasi yang bagus sobat... Tanda-tanda Kebesaran Tuhan bagi yang berfikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih,
      Terimakasih sekali untuk kunjunannya :)

      Delete
  12. kak suka tentang angkasa ya?!.. sama kak :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. benarkah? asik dong nemu teman baru yg punya kesukaan yg sama...
      salam kenal yah.. :)

      Delete
  13. Replies
    1. Terimakasih...
      terimakasih juga telah brkunjung :D

      Delete
  14. Wah, bukan main sobatku. Informasi astronomi ini sangat bermanfaat. Terima kasih sharenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...
      terimakasih untuk kunjungan dan follownya, sukses selalu untuk Pak Guru :)

      Delete
  15. Replies
    1. Sipp... terimakasih yaa kunjungannya :)

      Delete
  16. pake lubang sedotan buat ngeliat bisa gak ya.. hehehe.. 6^_^9 sukses disikat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh... ada-ada aja nih, okee.. terima kasih yaa :)

      Delete
  17. Replies
    1. Siyappp... Insya Allah, segera...heheh
      terimakasih kunjungannya :)

      Delete
  18. Uishhh udah pada rame ajha tuh yang koment,,,
    goyang 6^_^9 ajha dah dimari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... heheh... telat sih kemana aja? heheh...
      sipp terimakasih yaa

      Delete
  19. Di depok lagi sering hujan neh Dee, apabila langit mendung apakah penampakan itu masih dpt terlihat ?

    Atau Dee sekali" posting tntg di mana kita bisa membeli teropong minimalis ?? hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau langit mendung tentunya tidak akan terlihat :), mari kita berdoa, semoga cuaca cerah dan ada yg brsedia meminjamkan kita teropong, hihiii.... :D

      Delete
  20. wah hari ini ya?
    asiik nih ntar nonton ahh.. #maklum ndeso..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,...
      heheh... kayak nonton layar tancep aja, heheh... terimakasih kunjungannya yaa :)

      Delete
  21. wah sekarang...
    thanks yah dg artikel ini sekarang saya tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, terimakasih untuk kunjungannya :)

      Delete
  22. kunjungan sore Dee..
    tgl 28 yaa..gerhana bulan nya
    malam ini kn,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul...:)
      terimakasih yaa untuk kunjungannya :)

      Delete
  23. naik ke atas genteng asyik...ngeliat nya ya..hehe

    salam 6^_^9

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwahh... hati-hati jatuh, pak... heheh...
      Terimakasih yaa :)

      Delete
  24. saya ko' gak tau ya...hehehe

    terimakasih mbak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... makanya tuhh diatas aku kasih tau
      iya sama-sama :)

      Delete
  25. Replies
    1. Terimakasih kunjungannya sahabat :)
      selamat malam:)

      Delete
  26. met malam jemuah yg indah.monggo komentar di post bahasa jawa..dibetulin mana yg salah..trimas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayy... Tirana, selamat pagi :D
      Oke, saya meluncur ketempat anda, terimakasih kunjungannya ya :)

      Delete