Saturday, November 10, 2012

GERHANA MATAHARI TOTAL, 14 November 2012

24 comments
Assalamualaikum...

Seperti yang telah saya informasikan sebelumnya, bahwa pada tahun 2012 ini ada lima gerhana yang terjadi.
Yaitu Gerhana Matahari Cincin (20 Mei 2012), Gerhana Bulan Sebagian (4 Juni 2012), Gerhana Venus (Transit Venus) atau gerhana Matahari oleh planet Venus (6 Juni 2012 M),  Gerhana Matahari Total (14 Nopember 2012) dan terakhir yaitu Gerhana Bulan Panumbra (28 Nopember 2012).

Dan pada tanggal 14 November 2012, yang hanya tinggal beberapa hari lagi ini, Insya Allah akan terjadi Gerhana Matahari Total.
Gerhana Matahari
tahun 1999 di Perancis
Sumber gambar : Wikipedia
Sebuah gerhana Matahari dikatakan sebagai gerhana total apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Gerhana Matahari 14 November 2012 tergolong sebagai Gerhana Matahari Total yang menjadi gerhana Matahari ke–45 dalam seri Saros 133.
Sumber gambar : Eclipse Maps
Gerhana Matahari yang akan terjadi pada tanggal 14 November 2012 adalah gerhana Matahari kedua sekaligus menjadi gerhana Matahari yang terakhir dalam tahun 2012. Dimana sepanjang tahun 2012 tersebut hanya akan terjadi dua peristiwa gerhana Matahari.
Gerhana Matahari kali ini dapat disaksikan dikawasan di Amerika Selatan bagian Barat, Samudra Atlantik, Australia, Antartika, dan Papua Nugini.

Dari Indonesia, Gerhana Matahari 14 November 2012 ini dapat dilihat dari kawasan Indonesia bagian timur. 
Gambar dibawah menunjukkan peta keterlihatan gerhana matahari 14 November 2012. Daerah yang terkena garis hitam adalah daerah terbaik untuk melihat gerhana. Gerhana juga dapat dilihat dari daerah-daerah yang berbayang warna merah.
Dan dari gambar dibawah pula, kita dapat melihat bahwa memang hanya sebagian kecil saja daerah di kawasan Indonesia bagian timur saja yang dapat menyaksikan gerhana matahari ini. Itupun hanya berupa gerhana matahari sebagian.

Peta keterlihatan Gerhana Matahari 14 November 2012
Sumber gambar : Time and Date
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa untuk kawasan Indonesia, peristiwa gerhana matahari kali ini akan terlihat berupa gerhana matahari sebagian dan hanya dapat disaksikan dari kawasan Indonesia bagian Timur, tepatnya yaitu Papua (Jayapura, Sorong), Maluku (Ambon), Nusa Tenggara Timur (Kupang).

Berikut tahapan dan waktu terjadinya gerhana matahari 14 November 2012.
(Untuk kawasan Indonesia bagian tengah (WITA), waktu berikut ditambah 1 jam dan untuk kawasan Indonesia bagian timur (WIT), waktu berikut ditambah 2 jam atau disesuaikan dengan waktu lokal) 
  • Gerhana mulai :
    pukul 02:38.0 WIB
  • Gerhana Total mulai :
    pukul 03:36.1 WIB
  • Puncak Gerhana (bertepatan dengan Matahari terbit) :
    pukul 05:18.1 WIB
  • Gerhana Total  berakhir :
    06:47.4 WIB
  • Gerhana berakhir :
    07:45.6 WIB

Nah, itulah sekelumit tentang gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 14 November 2012 mendatang. Meskipun amat disayangkan, karena peristiwa ini tidak dapat sepenuhnya kita saksikan dari kawasan Indonesia, negara kita yang tercinta ini... tapi saya berharap semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk siapapun yang membacanya.... See you...

Oh iya... kalau kamu bingung, apa itu Seri Saros yang ada pada caption gambar kedua diatas, aku jelasin yaa...
Seri Saros atau Siklus Saros adalah siklus gerhana (sekitar 6585,3213 hari, atau sekitar 18 tahun 11 1/3 hari), yang dapat digunakan untuk memprediksi gerhana matahari serta gerhana bulan. Satu siklus setelah gerhana, matahari, bumi, dan bulan kembali ke bidang geometri yang relatif sama, dan gerhana yang hampir identik akan terjadi.

Dan untuk sahabat yang muslim, silahkan baca juga mengenai Tata Cara Shalat Gerhana, semoga bermanfaat yaa...

UPDATE

Untuk Menyaksikan Gerhana Matahari Total Ini Secara Langsung, Kamu Bisa Mengakses Situs www.ustream.tv

Wassalamualaikum...



Referensi :
Info Gerhana 
Wikipedia/Siklus Saros
Wikipedia/Gerhana Matahari

24 comments :

  1. wah begitu ya, makasih nih infonya sob, salam 69 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. terimakasih untuk 69 nya yaa..

      Delete
    2. enamsembilan balik, lancaarr :)

      Delete
  2. gerhana adalah salah satu fenomena alam yang indah ciptaan Allah tuhan kita semua,....aku kagum dengan sobat ade lovebook yang begitu antusias dengan ilmu astronomi aku yang tua ini mendoakan kesuksesan sobat,..semoha dapat menjadi ahli astronomi yang handal heheheh tapi sory yang sob,....janda kayak lagi ngambek nih disini hehehehe jadi tugas blogger tidak sempurna sob,..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, Gerhana adalah salah satu bukti kekuasaan Allah SWT.

      Amin, terimakasih sekali untuk doanya, sobat...semoga dikabul Allah SWT :)
      hehee... gak apa-apa, btw, tadi 69 sukses ditempat sobat :)

      Delete
  3. hadir sob,
    kayak 4 hari lagi ni,
    mudah"an aku bisa melihat fenomena langka ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih udah mampir...
      betul, beberapa hari lagi.. iya kalau sobat ada di kawasan Indonesia bagian timur, akan bisa menyaksikan gerhana ini :)

      Delete
  4. di Indonesia Bagian Barat gak bisa menyaksikan ya.. hehehe. :)
    Sukses 6^_^9 disini dek.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak bisa, hikss...
      terimakasih 6^_^9 nya yaa :)

      Delete
  5. wah...udah beli kaca mata 3 dimensi...indonesia bag barat ga bisa liat fenomena ya dee.... hehe

    terima kash ya dee...informasi nya,jadi tahu....deh
    sukses slalu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,.. kacamat 3dimensinya disumbangin saja ke sayah, ehehee

      Iya, sama-sama obat, semoga bermanfaat :)

      Delete
  6. wah bagus ni informasinya,,
    thanks,,

    jangan lupa berkunjung di blog kami,,
    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih...
      siap langsung meluncur ke Dunia Perairan :)

      Delete
  7. perasaan kemaren aq koment disini dee,,kok gak ada ya???jangan" di makan alien lagi nih,, :D
    69 dee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaak ada kok, kemaren di grup c iya, bilangnya abis keliling-keliling disini dan nemu gerhana total, aku kirain komen tapi di cek gak ada tuhh :)
      mkasih bgt yaa 69 nya :)

      Delete
  8. Info yang bagus..

    Udah saya follow balik..
    Tidak lupa kewajiban juga sudah terlaksana 6^_^9

    #Blogger Ciamis

    ReplyDelete
  9. saya liat td gerhana mata hari total...:D

    salam 6^-^9 d pagi hari sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung sekali...
      saya cuma bisa liat streamingnya aja Cairns, Australia

      Delete
  10. Selamat pagi,,, ulasan yg menarik 6^_^9 disini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga, terimakasih sekali 69 nya ya...

      Delete
  11. kok disini gak ada ya?

    eh mau nanya donk kok banyak yg bilang salam 69 sih? -_- maksudnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya di kawasan negara Indonesia..?
      Memang untuk di Indonesia seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Gerhana Matahari 14 November 2012 ini dapat dilihat dari kawasan Indonesia bagian timur, itupun berupa GM sebagian tidak total...

      Delete
    2. owhh... 69 yaa, hmmm... kasih tau gak yaa, hehee...
      beneran mau tau...?

      Delete