Sunday, November 25, 2012

Kenapa Bentuk Orbit Planet Dalam Tata Surya Kita Berbentuk Elips?

| | 20 Comments

Assalamualaikum...

Dalam ilmu fisika, suatu orbit adalah jalan yang dilalui oleh objek, di sekitar objek lainnya, di dalam pengaruh dari gaya tertentu. 

Orbit pertama kali dianalisa secara matematis oleh Johannes Kepler yang merumuskan hasil perhitungannya dalam hukum Kepler tentang gerak planet. Dia menemukan bahwa orbit dari planet dalam tata surya kita adalah berbentuk elips dan bukan lingkaran atau episiklus seperti yang semula dipercaya.

Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah...
Kenapa Bentuk Orbit Planet Dalam Tata Surya Kita Berbentuk Elips?

Orbit Planet
hmm... mau tau kenapa...? berikut penjelasannya, 

Orbit planet berbentuk elips karena interaksi gravitasi antara planet dan matahari beserta dengan benda langit lainnya.

Johannes Kepler pada tahun 1600-an adalah orang pertama yang membahas bentuk orbit planet. Kepler juga merumuskan serangkaian hukum untuk menjelaskan bentuk dan karakteristik orbit planet.

Isaac Newton dan Albert Einstein lantas memberikan kontribusi beserta teori tambahan perihal pergerakan planet.
Kepler menyatakan dalam hukum pertamanya bahwa orbit planet berbentuk elips dengan matahari di salah satu fokus elips. Orbit elips diukur dalam hal eksentrisitas, semakin eksentrik orbit, semakin memanjang bentuk orbit tersebut.

Banyak planet, seperti Bumi, memiliki orbit yang menyerupai lingkaran, sementara planet lain seperti Merkurius, memiliki orbit yang lebih eksentrik. Kepler tidak menjelaskan mengapa orbit planet berbentuk elips, tetapi dasar-dasar penemuannya digunakan oleh fisikawan lain untuk menyempurnakan pemahaman kita atas orbit dan pergerakan planet

Newton memberikan kontribusi atas faktor gravitasi, menunjukkan bagaimana planet dan matahari saling tarik-menarik. Teori relativitas Einstein juga memainkan peran dalam menjelaskan mengapa planet-planet mengorbit matahari dengan bentuk elips.

Menggunakan perhitungan matematika yang dirumuskan oleh sejumlah fisikawan dan astronom, saat ini kita mampu secara akurat menghitung orbit planet serta benda langit lain seperti komet. Lebih jauh lagi, ilmuwan modern dapat pula melacak perubahan orbit benda langit tersebut dari waktu ke waktu.

Informasi ini berguna untuk sejumlah aplikasi, dari pemrograman teleskop untuk observasi hingga menentukan tingkat ancaman yang ditimbulkan oleh sebuah komet atau asteroid yang mendekati orbit bumi.

Adalah penting untuk menyadari bahwa deskripsi orbit planet merupakan realitas yang disederhanakan, yaitu dengan menempatkan matahari sebagai objek tetap dengan planet-planet yang bergerak mengelilinginya.

Kenyataannya, matahari juga bergerak bersama dengan planet-planet lain mengitari galaksi bima sakti sehingga bentuk orbit planet juga akan terus berubah.


Kesimpulan:
Bukan hanya orbit bumi saja yang berbentuk elips, tapi semua benda di tata surya memiliki bentuknya elips karena banyaknya benda yang ada di tata surya. 
Semua benda tersebut memberikan pengaruh gravitasi satu sama lain sehingga bentuk orbit tidak bisa lingkaran. Karena orbit lingkaran baru terbentuk apabila terpenuhi dua syarat berikut :
1. Kondisi idealnya adalah hanya ada dua benda dalam satu sistem dan tidak ada benda lain pada jarak yang cukup jauh sehingga tidak ada gravitasi yang mempengaruhi kedua benda tersebut.
2. laju orbit benda harus pada nilai tertentu dan tidak boleh kurang ataupun lebih dari itu.

Di tata surya kita, kedua syarat tersebut tidak bisa dipenuhi.
Saat terbentuk, material di tata surya kita terdistribusi di bagian piringan akresinya saja. Selain itu banyak sekali terjadi tumbukan antar benda. tumbukan-tumbukan itu akan mengubah kecepatan orbit (besarnya laju dan arahnya) benda yang bertumbukan sehingga kemungkinannya kecil untuk mendapatkan nilai laju yang pas agar orbitnya lingkaran. oleh karena itu, orbit benda-benda di tata surya pun berbentuk elips.

Nah, itulah penjelasan sekaligus jawaban untuk pertanyaan Kenapa Bentuk Orbit Planet Dalam Tata Surya Kita Berbentuk Elips?

Sekian, semoga bermanfaat...



Referensi:
Dunia Astronomi

20 comments:

  1. Sudah lama nda blogwalking ke tempat sobat yang satu ini dan ternyata ada bacaan yang tak boleh dilewatkan sebelum beranjak ke halaman yang lain. Makasih atas informasinya sob sekalian mau tunaikan kewajiban saya di blog ini. Smile 6^_^9 khusus untuk admin blog ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. .hai.. iya nih kemana aja, udah lama gak mampir, apakabar?

      Iya sama-sama, terimakasih juga untuk 6^_^9 nya, salam semangaaatt >_<

      Delete
  2. Jelas ya.. Nur lihat, Dee minat dengan lama semesta ya..
    mungkin suatu hari nanti dee bakal ahli sains yang berjaya..
    insyaALLAH..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. Insya Alah, Terimakasih Cik Nur :)
      Salam sukses untuk Cik Nur :)

      Delete
  3. Kalo menurut saya, orbit planet tdk elips.
    Tapi bujur telur.

    Lihat bujur telur, dari situ lah mengapa dalam 1 kali putaran planet memiliki titik terdekat dan titik terjauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk kunjungan dan komentarnya :)

      Lintasan Bumi mengelilingi Matahari memang disederhanakan dalam bentuk lintasan elips dengan Matahari berada di salah satu titik fokusnya. Dengan asumsi bahwa Matahari dan Bumi dipandang sebagai 2 titik bermassa (simetris)
      Titik perihelion (titik terdekat) dan titik Aphelion (titik terjauh)terjadi pada orbit bentuk elips tsb

      Kalau telur itu masuk ke dalam bentuk Oval, (Elips bagian dari bentuk Oval dan oval ada yg simetris dan ada yg tidak simetris)

      tapi mmng iya bentuk dari oval dan elips memang tidak jauh berbeda, yg membedakannya Oval memiliki satu atau lebih sumbu, sedangkan
      Elips memiliki tepat dua sumbu simetri.

      Delete
  4. begitu ya.....

    thank lah udah kasi tau,wakakkakak

    ReplyDelete
  5. wah pelajaran pas SMP nih..:)
    mantap mbak..:) lanjutkan memberikan ilmu bermanfaat..:)

    ReplyDelete
  6. salam
    Mencari widiani di ptg isnin.
    Pekabar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam untuk TiranaAduka... :)
      Alhamdulillah sehat, apakabar...?

      Delete
    2. waalaikumsalam sahabtku
      Khabar baik
      Terima sahabt sudi mampir dan komen.

      Delete
  7. Bagus nih tulisannya..

    Sukses terus ya Dee. Ditunggu kunjungan balknya.. :D

    Blogwalking, Salam Najibblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih...
      oke-okee, sipp :)

      Salam sukses untuk Najibblog :)

      Delete
  8. Mengapa di titik aphelion bumi bergerak kembali ke arah matahari? Apakah di titik aphelion ini bumi masih terkena gravitasi matahari? Bentuk orbit yg elips secara teori seolah2 bumi mengitari dua titik benda, sedangkan sebetulnya hanya mengitari matahari saja, jadi apakah titik yg satu lagi itu yah?

    ReplyDelete