Friday, January 11, 2013

13 Peristiwa Astronomi Pilihan Sepanjang Tahun 2013 yang Tidak Boleh Dilewatkan

22 comments

Assalamualaikum...

Dari sekian banyak peristiwa astronomi yang telah dan akan terjadi sepanjang tahun 2013 ini, berikut adalah peristiwa-peristiwa astronomi pilihan yang tidak boleh kamu lewatkan.

21 Januari 2013 :
Konjungsi Jupiter Oleh Bulan

Gambar : Screenshot dari Stellarium
(pengaturan waktu, 21 Januari 2013 pukul 18:10:02 WIB)
Konjungsi merupakan peristiwa yang terjadi saat jarak sudut suatu benda langit berada pada jarak sangat dekat dengan benda langit lainnya. Inilah yang akan terjadi dengan Jupiter oleh Bulan.
Kedua benda langit ini akan membuat pendekatan terdekat mereka di langit malam untuk dilihat dengan mata telanjang di langit sebelah utara.

02-23 Februari 2013 : 
Saat Terbaik Mengamati Merkurius di Sore Hari

Planet Merkurius
Sumber Gambar : nationalarchives.gov.uk
Merkurius memang sangat sulit diamati dengan mata telanjang. Namun pada tanggal-tanggal tersebut, Merkurius akan melakukan perjalanan yang cukup jauh dari silau matahari dan tentu akan mudah terlihat di langit barat, segera setelah matahari terbenam.
Merkurius akan terlihat cukup cerah dengan magnitudo sekitar -1.2 sampai -0.6 sebelum tanggal 16 Februari 2013 dan akan memudar dengan cepat ke magnitudo +1.2 besarnya sesudahnya.

10-24 Maret 2013 :
Komet PANSTARRS Melintas!

Penemuan pertama citra komet C/2011 L4 (PANSTARRS),
diambil oleh
teleskop Pan-STARRS Hawaii 1.
Credit
: Institut Astronomi / University of Hawaii / Pan
-STARRS
Sumber gambar : www.space.com
Gambar pertama komet PANSTARRS C/2011L4
yang diperkirakan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi
pada tanggal antara 8 - 11 Maret 2013
Copyright : Getty Images
Sumber Gambar : www.kypost.com
Komet ini ditemukan pada bulan Juni 2011 dengan menggunakan Pan-STARRS 1 Telescope di Haleakala,Hawaii. Komet PANSTARRS adalah objek yang sangat redup dan jauh pada saat penemuannya. 
Pada malam tanggal 12 Maret 2013, komet akan terletak 4 derajat ke kanan dari sebuah bulan sabit tipis. Komet PANSTARRS akan menempati titik terdekatnya dengan Bumi antara tanggal 8-11 Maret 2013 dengan jarak sekitar 45 juta kilometer, di langit barat setelah matahari terbenam.

25 April 2013 :
Gerhana Bulan Parsial

Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan parsial bisa disebut juga gerhana bulan sebagian. Gerhana pada tanggal tersebut hanya akan membuat kurang dari 2% diameter bulan akan gelap.

9 Mei 2013 :
Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari cincin
Gerhana ini sebagian besar akan terlihat di atas Samudera Pasifik, segera setelah matahari terbit, di bagian utara Australia (dimana itu akan menjadi tanggal 10 Mei 2013), dan ujung timur ekstrim dari Papua Nugini.
Sayangnya, masyarakat Indonesia tidak dapat menyaksikan gerhana matahari cincin ini.
Pada titik puncaknya, fase cincin akan berlangsung selama 6 menit. Hawaii akan melihat gerhana Matahari Cincin ini sebagai gerhana Matahari parsial/sebagian pada pukul 03.48 PM waktu Hawaii. Bulan akan mengaburkan sekitar 32% dari piringan matahari.

24 Mei-3 Juni 2013 : 
Planet-Planet Menari

Gambar dari Stellarium (pengaturan waktu, 26 Mei 2013 pukul 18:15 WIB)
Merkurius, Venus dan Jupiter akan memberikan pertunjukan menarik yang rendah di langit barat laut saat senja segera setelah matahari terbenam. Mereka akan terus mengubah posisinya setiap malam berikutnya seakan mereka menari-nari di langit.
Kedua planet terang Venus dan Jupiter, akan dipisahkan oleh lebih dari 1 derajat pada tanggal 28 Mei 2013. Dan Venus akan bersinar 6 kali lebih terang dari pada Jupiter

23 Juni 2013 : 
Bulan Purnama Terbesar 2013

Perbandingan ukuran kenampakan bulan saat terjadi peristiwa Supermoon pada 6 Mei 2012
Credit : Jogja Astro Club
Pada tanggal tersebut, bulan mengalami fase purnama pada pukul 11.32 GMT, dan hanya 32 menit sebelumnya akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi dengan jarak sekitar 356.991 km. Bulan purnama besar ini biasa disebut Supermoon.

12 Agustus 2013 : 
Hujan Meteor Perseid

Credit : Sky and Teleskop
Hujan meteor perseid dianggap sebagai hujan meteor terbaik setiap tahunnya, karena dapat menghasilkan 90-an meteor per jam. Hujan meteor ini sangat difavoritkan oleh orang-orang yang berkemah pada saat musim panas.

18 Oktober 2013 : 
Gerhana Bulan Penumbra

Gambar gerhana Bulan penumbra
Pada pertengahan gerhana, 76% dari diameter bulan akan tenggelam dalam penumbra, mungkin cukup dalam untuk menyebabkan gelap samar pada permukaanya. Wilayah yang dapat digunakan untuk mengamati peristiwa astronomi ini meliputi sebagian besar Asia, Eropa dan Afrika.

3 November 2013 :  
Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana Matahari sebagian, di Teluk Manila di Filipina.
awal tahun 2009
Credit & Copyright:
Armando Lee
(Astron. League Philippines),
F. Naelga Jr., 100 Hours of Astronomy (IYA2009)
Dimulai di Atlantik sekitar 545 mil (875 km) barat daya dari Bermuda.
Jalur gerhana akan melewati selatan Kepulauan Tanjung Verde, maka kurva arah tenggara sejajar dengan garis pantai Afrika. 
Jalur bayangannya kemudian akan menyapu Afrika tengah, melewati bagian dari Gabon, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Kenya, sebelum berakhir saat matahari terbenam di perbatasan Ethiopia-Somalia.

Pertengahan bulan November sampai dengan bulan Desember  2013: 
Komet Ison

Komet ISON pada pagi tanggal 10 Desember 2013.
Chart via Dave Eagle at www.eagleseye.me.uk.
Komet Ison akan berjarak paling dekat dengan matahari, kurang dari 1,2 juta kilometer di atas permukaan matahari. Komet ini akhirnya bisa cukup terang dan akan terlihat di siang bolong sekitar waktu pendekatan terdekat dengan matahari. Komet ini melakukan perjalanan menuju Bumi, melewati jarak 40 juta mil (64 juta km) dari planet kita sebulan kemudian.
Komet Ison akan menjadi sangat baik jika diamati di langit pagi dan malam dari belahan bumi utara selama beberapa minggu berikutnya, Komet Ison ini bisa menjadi salah satu komet yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

Sepanjang Bulan Desember 2013 : 
Venus Akan Terlihat Mempesona

Venus, Planet kedua terdekat dengan Matahari
Penampakan planet Venus di langit barat
pada tanggal 26 Desember 2013
Gambar :screenshot Stellarium
Venus, planet yang terlihat paling terang dari semua planet ini, akan mencapai puncak kecemerlangannya selama disepanjang bulan Desember 2013 dan akan menghiasi langit malam barat daya sebanyak tiga jam setelah matahari terbenam pada awal bulan, dan 1,5 jam setelah matahari terbenam dengan Malam Tahun Baru 2014 nanti. Dan tidak akan terlihat seterang ini lagi sampai tahun 2021

13-14 Desember 2013 : 
Hujan Meteor Geminids

Winter Milky Way Geminids on December 12, 2012.
Credit: John Chumack
sumber gambar : www.universetoday.com
Hujan meteor ini adalah hujan meteor terindah di tahun 2013. Hujan meteor ini dapat menghasilkan 120 meteor per jam.


Selamat mengamati langit ya...



Referensi :
Astrobob.areavoices.com
www.space.com

22 comments :

  1. perlu di catat nih tanggalnya biar gak lupa..hehehe saya paling suka lihat hujan meteor.

    terimakasih infonya kawan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicatat, bang... tapi kalaupun gak dicatat tinggal balik lagi aja kesini, hehe... Iya sama-sama, :D

      Delete
  2. Info yang sangat jelas dan bagus Mba Dee,,harus sering mampir disini biar ga ketinggalan peristiwa langka,selama masih bisa disaksikan dengan mata biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, yaa sering-sering ya mampir kesini :D
      heheh...

      Delete
  3. keren,, nih fenomena nya,, Tapi itu yg akan datang tahun 2013 nanti, atau sudah kelewat tahun 2012 lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, yang akan terjadi tahun 2013 ini... kalau gambarnya memang dari gambar dari peristiwa astronomi yang udah terjadi, kan yang akan terjadi nanti belum ada gambarnya :D

      Delete
  4. nice post..tambah wawasan nich....

    ReplyDelete
  5. gerhana matahari....
    pingin mahu lihatnya..

    terima kaseh atas infomasinya ya dee..

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. iya.. akan bisa dilihat di siang hari juga,
      terimakasih ya... :D

      Delete
  7. cocok bnget dengan suasana templatenya, penuh bintang ulasannya tentang astronomi.

    saya bacanya seperti ada di luar angkasa aja, heeee, makasih atas ilmunya, sukses selalu dan aselamat sore :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay... selamat malam :)

      Heheh... matching berarti ya, :D
      Iya sama-sama... terimakasih juga udah mampir disini, sukses dan semangat terus yaaa :)

      Delete
  8. wa'alaikum'salam..
    info yang sangat menarik nih perlu untuk disimak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih....
      ya, semoga informasinya bisa bermanfaat,, :)

      Delete
  9. wah semoga sesuai prediksi ya sis ..
    jadi ga sabar pengen cpet" tanggal itu . hehe

    maksih infonya :)
    salam kenal ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, Sist....

      Iya sama-sama... salam kenal juga yahh :)

      Delete
  10. selanjutnya menunggu gerhana bulan penumbra,apa di indonesia dapat dinikmati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. informasi detailnya saya belum dapat... tappi diatas tertulis "sebagian besar Asia...", mudah-mudahan Indonesia kebagian... supaya kita bisa ikut mengamati peristiwa ini :)

      Delete
  11. Aku malah takut kalo kalo hujan meteor nya nyampe ke Bumi -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama intensitas jatuh meteornya masih dalam batas yang wajar, tidak akan membahayakan bagi bumi... malah itu kesempatan kita untuk menikmati keindahan hujan meteor :)

      Delete