Wednesday, May 22, 2013

Keterlihatan Bintang di Luar Angkasa

35 comments
Assalamualaikum...

Setelah di postingan sebelumnya kita membahas tentang "pengisi" di Luar Angkasa, yaitu yang berupa partikel dan gelombang yang disebut gelombang elektromagnet. Nah pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai keterlihatan atau kenampakan Bintang di Luar Angkasa.

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).


Gambar ilustrasi langit malam
yang bertabur bintang berkelap-kelip
Pada saat kamu melihat langit di malam hari dan kamu cukup beruntung, akan terlihat bintang yang sangat banyak. Lalu bagaimana dengan keterlihatan bintang di luar angkasa, apakah akan terlihat lebih jelas atau justru malah sebaliknya? Untuk lebih jelasnya mari kita cari tahu...


Sejak zaman dahulu kala, para astronom telah berusaha membuat teleskop yang memiliki kemampuan untuk melihat bintang-bintang dengan lebih jelas. Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang. Sebagai contoh, silahkan perhatikan gambar animasi dari Rasi Bintang Orion dibawah ini :



Di manakah tempat yang bagus untuk melihat bintang? Kamu akan melihat bintang dalam jumlah yang banyak jika kamu tinggal jauh dari kota besar. Kamu akan melihat bintang bercahaya lebih terang saat musim dingin dibandingkan pada saat musim panas.

Penjelasan mengenai bintang yang terlihat berbeda-beda adalah karena lokasi dan musim dalam suatu tahun yang mempengaruhi kondisi udara. Lapisan udara memang melindungi kita, tetapi ia juga menghalangi cahaya bintang yang masuk ke bumi.
Dari gambar dibawah ini dapat diketahui bahwa keterlihatan bintang dari satelit ISS terlihat lebih jelas dibandngkan dengan keterlihatan bintang dari Bumi.



Sebelum cahaya dari bintang masuk ke bumi, ia akan melalui debu-debu dan lapisan tipis air di atmosfer. Akibatnya, cahaya bintang dapat terbiaskan atau terpantulkan kembali. Lapisan udara yang berubah-ubah juga menjadi alasan mengapa bintang terlihat kelap-kelip dari bumi.

Di daerah yang sangat terang, seperti di perkotaan, kita tidak dapat melihat cahaya bintang karena cahayanya terlalu redup dibandingkan cahaya dari lampu-lampu dikota yang misalnya bersumber dari lampu di gedung-gedung tinggi, lampu taman, lampu-lampu jalan dan lampu kendaraan.

Itulah pembahasan mengenai keterlihatan bintang di luar angkasa yang ternyata bisa terlihat lebih jelas dibandingkan dengan keterlihatan bintang dari Bumi. Semoga bermanfaat yahh...


Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan,
yaitu bintang-bintang,
(Q.S. Ash-Shaaffaat : 6)

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Diterjemahkan dari What's Outer Space Like? 
(Stars not easily seen from the Earth can clearly be observed), dengan perubahan.
Referensi lain :
Wikipedia/Bintang
Wikipedia/Rasi Bintang

35 comments :

  1. byutipul banget mbak... saya suka memandang bintang,.. dan coba menghitungnya :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya? byutipul? hwahh terimakasiiih.... hehe :D
      sama, aku juga suka banget liatin langit malam apalagi kalau saat ada kelap-kelip bintangnya, tapi sayang sekarang-sekarang ini hujan terus, wuihh rajin ya... hitungin bintang ^_^

      Delete
    2. Miz ,,menghitung hari saja sudah susah,gimana ngitung bintang hahaha

      Delete
    3. tau tuh miz tia ada2 aja.. haha

      Delete
    4. Miz Tia gitu lhoo... udah cantik, rajin lagi... *switswiiiw :D

      Delete
  2. Cantik... Indah kerlip Bintang dilangit
    Sayaaang, disini seminggu ini hujan terus hehehehehe


    Sukses yaw....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa... ditempat saya juga hujan terus, jadinya gak bisa nongkrong depan jjendela mandangin langit deh, ngeri liat petirnya :)

      TErima kasih sukses selalu juga untuk Bip Media :D

      Delete
  3. kalau di fisika dulu saya mengenal jarak tahun cahaya apa itu juga berpengaruh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya malah nggak dapet pelajarannya tuh

      Delete
    2. kalau saya cuma dapat pelajaran ramalan bintang aja :D

      Delete
    3. wahh... rame nih, ngerumpii :)

      Agus Setya : iiya berpengaruh, terutama untuk pergerakannya... maksudnya begini, letak atau jarak bintang itu bisa mencapai jutaan tahun cahaya, kalaupun misalnya saat ini ada bintang yang bergerak, maka akan terlihat bergeraknya jutaan tahun cahaya yang akan datang... kira-kira begitu :D

      Agus bg : hmm... iya sih waktu ibu guru ngajarin itu mas Agus kan lagi izin, gak masuk ya...? hehehe...

      Wewengkon sumedang : oh iyaa belum baca ramalan bintang minggu ini, hihi, padahal katanya gak boleh yah baca-ramalan-ramalan gitu, tapi kita ambil positipnya aja deh ya...

      Delete
  4. indah dan menawan bintang yang bersinar menghiasi langit,kita patut untuk mensyukurinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... setuju... salah satu bentuk kekuasaan Allah SWT :)
      Terima kasih sekali kunjungannya,

      Delete
  5. bintang kecil dilangit yang biru... amat banyak .... menghiasi angkasa ..... Kunjungan pertama mamang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh mamang nyanyi... jadi ingat waktu kecil, kadang sebelum tidur suka dinyanyiin itu sama ibu, hehe... terima kasih kunjungannya, mamang.... :)

      Delete
    2. hadeuuhhh Mang yono malah nyanyi hihihi

      Delete
    3. hihii... iya merdu banget yahh XD

      Delete
  6. terlihat sangat indah jika bintang bertaburan di langit, seindah adminnya *haiyeehhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihh... terima kasih ^_^
      bisa ajaa....

      Delete
  7. Replies
    1. Terima kasih, mas... semoga hari ini menyenangkan buat Mas Nazar :)

      Delete
  8. bersyukurlah hai orang-orang yang masih bisa menyaksikan bintang di langit,,,,,

    Nice post De,,,,,terus berkarya and tetap semangatttttttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...

      TErima kasih Chef, Insya Allah :)

      Delete
  9. Kenapa bintang bisa bersinar? Kenapa bintang tempatnya dilangit? Dan kenapa rata2 orang pengen meraih bintang? Padahal bintang itu kan bebatuan yg menyala, berarti klo pengen meraih bintang, pengen gosong dong. Hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang tertulis diatas ada dua jenis bintang yaitu, Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Dan Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

      Kenapa dilangit? karena Bintang memang salah satu benda langit, hehe...

      "Meraih bintang" itu hanya ungkapan aja, bintang berada jauh dilangit, seandainya kita ingin meraihnya butuh usaha keras (meskipun munfkin akan mustahil) tapi jika diterapkan dalam dunia nyata, bisa berarti sebagai usaha untuk meraih kebahagiaan, kemakmuran dan kesuksesan, dan tentunya butuh usaha dan kerja keras.... :)

      Delete
  10. Saya jadi teringat pelajaran sekolah pas baca yang bintang semu yang menerima caraha dari pantulan bintang nyata, dan bintang nyata bersinar sendiri, tapi kapan ya pelajaran itu di bahas dulu :D

    ReplyDelete
  11. kalo saya sih suka sama bulan sabit, knapa karena saya suka sailormoon, hahahaa #masa kecil yang terbawa sampai sekarang#

    Mba.... folbek dah Done

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh,... sama dong mbak... saya juga suka banget Sailormoon, hehe

      Dengan Kekuatan Bulan, Aku Akan Menghukummuuuu.....

      Asikk terima kasih yaa mbak FollBacknya :)

      Delete
    2. kalo saya suka sailor venus sama mars nya xixixi :D..

      Delete
    3. Aku sebenarnya sukanya sama Tuxedo Bertopeng nya, namanya kalau gak salah Mamoru yaa, hehee

      Delete
  12. Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan,
    yaitu bintang-bintang,
    (Q.S. Ash-Shaaffaat : 6),...mantab sob hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaa sob, hehe... terima kasih udah mampir :)

      Delete
  13. indahnya melihat bintang jikalau di temani sang kekasih, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyee.... yang punya kekasih... xixixii :D

      Delete