Saturday, July 27, 2013

27-29 Juli 2013, Puncak Hujan Meteor Delta Aquarids

8 comments
Assalamualaikum...

Ahaa... sudah memasuki akhir Juli nih, Alhamdulillah yaa. Nah, berkaitan dengan fenomena alam yang terkait dengan astronomi, pada akhir bulan Juli ini kita akan dapat menyaksikan salah satu fenomena hujan meteor lagi. Yaitu hujan meteor Delta Aquarids.

Sebelumnya, saya jelasin dulu ya, tentang apa itu hujan meteor.... siapa tahu aja ada yang lupa. Jadi begini...  

Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.

Nah, kalau Hujan meteor Delta Aquarids merupakan hujan meteor yang berasal dari pecahan komet Marsden dan Kracht Sungrazing. Nama delta Aquarid muncul karena hujan meteor yang satu ini memiliki radian di arah konstelasi Aquarius.

Hujan meteor Delta Aquarids
akan menghasilkan 20 meteor per jam saat puncaknya
Titik radiant ada di konstelasi Aquarius
(Stellarium)
Hujan meteor Delta Aquarid pertama kali teramati pada tahun 1870 saat G.L. Tupman di Lautan Mediterania melakukan plot 65 meteor di sepanjang tgl 27 Juli – 6 Agustus. Hujan meteor Delta Aquarids yang biasa mencapai puncaknya pada sekitaran 27 hingga 29 Juli disebut juga dengan Hujan meteor Delta Aquarids selatan.

Waktu dan Pengamatan Hujan Meteor Delta Aquarids 27 - 29 Juli 2013
Puncak hujan Delta Aquarids Selatan ini mulai dapat diamati pada tanggal 27 Juli 2013 pukul 21:00 waktu setempat, hingga menjelang Subuh. Waktu terbaik untuk mengamatinya adalah tengah malam. Arahkan pandanganmu ke arah Tenggara hingga Selatan. Pastikan langit bebas polusi, cahaya lampu-lampu kota dan tidak mendung.

Hujan Meteor Delta Aquarids ini dapat diamati di seluruh Indonesia.

Dalam satu jam, diprediksi akan ada sekitar 20 meteor. Jadi rata-rata pada setiap 3 menit akan ada 1 meteor yang melintas dan bisa diamati dengan mata telanjang. Sayangnya agak tidak mudah mengenali meteor yang lewat dengan cepat karena malam puncak hujan meteor, sinar bulan masih sangat terang.

Banyak yang beranggapan, bahwa hujan meteor merupakan suatu peristiwa yang menyeramkan dan akan memiliki efek yang buruk terhadap bumi dan manusia. Perlu dicatat, Hujan meteor seperti ini sama sekali tidak berbahaya.

Jadi, Sebelum dan sesudah sahur jangan lupa untuk menyaksikan pertunjukan langit ini dalam episode hujan meteor Delta Aquarids. Semoga langit cerah...

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :

8 comments :

  1. Replies
    1. Silahkan, Mas... gratiss, hehe :)
      terimakasih pertamaxnya >_<

      Delete
  2. gak ngerti ama yg namnya meteor-metoerid tp boleh jugalah dipelajari... kreen nih postingan diakhir Juli.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dong dipelajari, hal-hal kayak gini tuh menarik banget lho, hihi maksa yaa.... terima kasih ya,

      Delete
  3. wow...jadi ingat film armageddon nich..... :-)

    ReplyDelete
  4. Kebetulan cuacanya mendung jadi ga bisa liat bintang jatuh eh... meteor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut prediksi, nanti malam masih bisa dilohat hujan meteornya... nah, mudah-mudahan aja, nanti cuaca cerah :), happy watchiiing the sky.!!

      Delete