Tuesday, July 2, 2013

Selamat Hari UFO Sedunia, 2 Juli 2013

8 comments
Assalamualaikum...

Horee... Juli sudah tibaaa.... Semoga, segala sesuatunya lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya. Dan khususnya untuk teman-teman muslim, ingat yahh jaga kesehatan. Karena sebentar lagi kita akan segera memasuki bulan  suci Ramadhan. Jangan sampai dong, awal Ramadhan-nya gak ikut puasa karena sakit. Bakalan gak asik banget tuh...

Omong-omong tentang hari ini, yapzz, 2 Juli 2013. Ada yang tahu gak ini hari apa? Hari Selasa?? Pintaar.... hahaha.... Bukan itu yang saya maksud, tapi today's history of July 2nd maksudnya. Apa? Apa? Balon Udara Zeppelin? hmmm.... betul-betul, memang pada tanggal 2 Juli 1900, Penerbangan pertama kapal udara Zeppelin dilakukan di atas Danau Konstanz, Jerman. Selain itu, apa lagi coba...? Hari lahir kamu?, ihh gak penting tahuuu.... hehehehh *peace*. 

Memang benar, 2 Juli 2013 hari ini bertepatan dengan hari Selasa. Tapi yang saya maksud dengan peristiwa bersejarah yang pernah terjadi pada tanggal 2 Juli, bukan tentang balon udara Zeppelin ataupun hari ulang tahun kamu, hehe... Hayoo, apa? ada yang tahu gak...? Oke deh, saya kasih clue, ROSWELL.

Iya betul, itu yang saya maksud... Insiden Roswell (Roswell Incident) atau dikenal juga dengan istilah Roswell Crash, sebuah insiden (peristiwa atau kejadian) yang terjadi pada tanggal 2 Juli 1947 di Roswell, New Mexico, Amerika Serikat. 

Jadi begini, pada malam hari tanggal 2 Juli 1947, sebuah piring terbang jatuh di wilayah itu dan ditemukan oleh pemilik peternakan bernama William “Mac” Brazel. Sejumlah sumber mengatakan bahwa mereka melihat sebuah pesawat asing beserta makhluk asing didalamnya. Serpihan yang dianggap sebagai serpihan kapal ruang angkasa ditemukan di sebuah daerah peternakan setelah badai menerjang. Serpihan-serpihan tersebut dikumpulkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat tanpa meninggalkan bekas.

Grady Barnett dan tim arkeologinya menemukan BETA (Benda Terbang Aneh) berbentuk cakram yang jatuh beserta empat alien berupa manusia berkepala besar dan berwarna abu-abu. Pesawat dan mayat alien disita dan dibawa untuk penelitian rahasia tingkat tinggi, melalui sebuah komite yang disebut Majestic Twelve, yang diorganisir oleh Presiden Truman. Komandan di pangkalan Angkatan Udara Roswell mengatakan pada wartawan bahwa ada cakram terbang yang ditemukan di tempat itu.

Dua konferensi pers diadakan pada tanggal 8 Juli dan menyatakan bahwa serpihan yang menjadi penyebab masalah bukan berasal dari BETA, melainkan dari balon cuaca. Namun menurut Roswell Daily Record, serpihan di Roswell berasal dari BETA yang jatuh, asal dari empat alien yang tertangkap.

Surat kabar Roswell Daily Record,
yang terbit pada tanggal 8 Juli 1947

Untuk Lebih Lengkapnya, Berikut Kronologis Insiden Roswell Juli 1947 :
1. Selasa, 1 Juli 1947
Sebuah Objek asing terdeteksi oleh radar di Roswell (New Mexico), White Sands dan Alamogordo. Benda itu mempunyai kecepatan yang mengagumkan dan pergerakan yang tidak biasa, yang mengindikasikan bahwa benda tersebut adalah sebuah pesawat atau meteor.



2. Rabu, 2 Juli 1947
Sebuah objek berbentuk oval ditemukan oleh Mr. dan Mrs. Dan Wilmot. Objek tersebut terbang melewati rumah mereka di Roswell, New Mexico.



3. Kamis, 3 Juli 1947
Seorang operator radar bernama Steve Mackenzie, dikirim ke White Sands untuk menelusuri objek tersebut selama 24 jam.



4. Jumat, 4 July 1947
- Aparat setempat Robert Thomas dan sebuah team dari Washinton telah tiba di Roswell untuk melaksanakan operasi pelacakan.
Beberapa kesaksian pada hari itu :
  • Mac Brazel mendengar suara ledakan yang sangat keras
  • William Woody dan ayahnya mengamati sebuah objek yang terbakar yang jatuh ke bumi di utara Roswell
  • Jim Ragsdale dan Trudy Truelove melihat sebuah cahaya yang menyilaukan yang jatuh dekat perkemahan mereka
- Objek yang terdeteksi di radar kemudian tiba-tiba menghilang dalam waktu 3 hari. Tim yang ditugaskan mulai menuju ke tempat kecelakaan untuk melakukan penelitian.


5. Sabtu, 5 Juli 1947
- Peternak domba mencari sisa-sisa dari kecelakaan tersebut tetapi tidak melaporkannya sampai bertahun-tahun berikutnya.


- Sebuah grup dari para arkeolog juga berusaha mencari objek tersebut. Sherrif George Wilcox berpikir itu adalah kecelakaan sebuah pesawat. Kemudian Wilcox melaporkan ke department pemadam kebakaran setempat.

- Sebuah team khusus yang tidak diketahui kapan tiba di lokasi kecelakaan, meminta penduduk yang hadir di lokasi untuk menjauhi lokasi tersebut dan lokasi itu segera dibersihkan dan di amankan dalam waktu 6 jam dan 5 jasad di pindahkan.

- Mac Brazel menemukan sebuah sisa-sisa pesawat aneh di halaman rumahnya. Sisa-sisa tersebut mengandung bahan foil yang aneh, Balsawood yang seperti laser, dan beberapa bahan material aneh lainnya. Tidak ada satu pun dari domba-domba milik Brazel yang mau mendekati sisa-sisa tersebut.

- Lydia Sleppy, seorang reporter untuk KSWS mencoba melaporkan laporan spekulasi tentang kecelakaan tersebut. Namun, laporannya di cegah oleh pihak FBI dengan memblok jalur komunikasi dia.

- Melvin Brown yang merupakan penjaga keamanan, mengantarkan sebuah jasad yang di klaim memiliki badan yang kecil dengan kepala yang besar dan kulit makhluk tersebut berwarna orange atau kuning.

- Glenn Dennis yang bertugas sebagai petugas pengurus jenasah dimintai keterangan yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengawetkan mayat, membuat peti mayat kecil, dan bagaimana memperlakukan jasad yang telah terbakar oleh sinar matahari.
Dennis kemudian dipanggil ke pangkalan Roswell untuk merawat seorang pilot yang terluka dan disana dia melihat beberapa ambulan dan beberapa sisa-sisa pesawat. Dennis kemudian diancam oleh 2 petugas untuk tidak menceritakan apa pun yang dia lihat.


- Mac Brazel kembali ke lokasi sisa-sisa pesawat di dekat rumahnya dan mengambil beberapa dan membawanya ke tetangganya, Flyod dan Loretta Proctor. Mereka menyarankan melapor ke Sherrif.


6. Minggu, 6 Juli 1947
- Brazel berkendara sejauh 75 mil menuju kota Roswell dan menunjukan beberapa sisa-sisa pesawat ke sheriff Wilcox yg kemudian menghubungi pihak militer. Wilcox juga kemudian mengirim 2 deputinya ke peternakan.


- William Woody dan ayahnya mencoba untuk mendekati lokasi dimana mereka melihat objek aneh terjatuh. Tetapi mereka dihentikan oleh tentara kelas berat yang melarang mereka untuk memasuki lokasi tersebut.

- Kolonel William Blanchard, petugas "509th Bomb Group", mengirim Jesse A. Marcel ke kantor sheriff untuk menyelidiki sisa-sisa yang dilaporkan oleh Brazel. Marcel bertemu dengan Brazel dan setelah melihat sisa-sisa tersebut memutuskan untuk pergi ke lokasi sisa-sisa tersebut. Dia ditemani oleh Kapten Sheridan Cavitt dan Mac Brazel, yang kemudian menyuruh sheriff menyegel semua sisa-sisa tersebut dan menerbangkannya ke Fort Worth Army Air field yang akan diterima oleh kolonel Thomas DuBose.

- Marcel dan Cavitt tiba terlalu malam untuk melihat sisa-sisa tersebut, sehingga mereka memutuskan untuk menginap di kediaman Brazel. Mereka juga melihat beberapa sisa-sisa yang Brazel bawa kembali ke rumahnya. Tak seorang pun dari mereka pernah melihat benda-benda tersebut. Benda tersebut tidak akan bisa terbakar atau tergores, tetapi benda itu sangat ringan sekali.


7. Senin, 7 Juli 1947
- Beberapa sisa-sisa pesawat dan jasad dari lokasi kejadian dikirim ke Andrew AAF.


- Brazel, Marcel, dan Cavitt tiba di lokasi sisa-sisa pesawat tersebut. Lokasi kejadian tsb mempunyai panjang 1/3 mil dan lebar nya 300 kaki. Mereka menghabis waktu seharian untuk mengambil semua sisa-sisa ke mobil Marcel dan kemudian kembali ke Roswell.

- Jendral Nathan Twining, seorang Air Material Command commander, tiba-tiba membatalkan semua rencana dia dan terbang menuju Alamogordo.

- Rumor dengan cepat menyebar sekitar Roswell bahwa telah ditemukan sebuah piring terbang.


8. Selasa, 8 Juli 1947
- Marcel memutuskan untuk memperlihatkan beberapa sisa-sisa kepada keluarganya sebelum sisa-sisa tersebut menjadi classified (rahasia pemerintah). Dia memberitahu anakanya bahwa itu adalah bagian dari piring terbang.


- Marcel dan Cavitt bertemu dengan Kolonel Blanchard untuk melaporkan apa yang telah mereka temukan. Kemudian Blanchard memerintahkan beberapa penjaga untuk ditempatkan di sekitar sisa-sisa tersebut dan melarang siapa pun untuk mengakses tempat tersebut.

- Brazel yang semalam sebelumnya bermalam di Walt Whitmore’s (KGFL radio), di wawancarai dan direkam, kemudian Washington menyuruh Whitmore untuk tidak menyiarkan wawancara dengan Brazel tersebut ke publik.

- Brigade Jendral Roger Ramey memerintah kan Blanchard untuk mengirim Marcel ke Fort Worth.

- Mac Brazel di wawancarai oleh petugas militer dan berlangsung selama beberapa hari.

- Letnan Walker Haut mengadakan telekonferensi press bahwa “The Army Air Forces here today announced that a flying disc had been found” (Pihak angkatan udara mengumumkan bahwa sebuah piring terbang telah ditemukan).
Dalam beberapa jam, pangkalan udara dibanjiri telepon dari seluruh dunia.


- Marcel tiba di Fort Worth dan bertemu Jendral Ramey. Marcel memperlihatkan sisa-sisa tersebut kepada Ramey, yang kemudian membawa Marcel ke map room untuk memberi tahu dimana lokasi kejadiannya. Saat Marcel kembali ke tempat dia menaruh sisa-sisa tersebut, dia kaget, sisa-sisa tersebut menghilang dan tampaknya di tukar dengan peralatan weather baloon.

- Ramey kemudian memerintahkan sisa-sisa yang asli dikrim ke Wright Field, Dayton.

- Pihak militer kemudian membersihkan lokasi kecelakaan di peternakan Brazel dan mengirim semua sisa-sisa ke Wirght Field.

- Sebuah konferensi Press diadakan, petugas Irving Newton menyatakan bahwa sisa-sisa yang ditemukan adalah sisa-sisa dari weather Baloon. Marcel diperintahkan untuk tidak mengatakan apa-apa dan Ramey mengkonfirmasikan bahwa orang-orang di Roswell telah melakukan kesalahan. Marcel kemudian di foto dengan sisa-sisa weather balon.

Cerita tentang piring terbang tersebut itupun kemudian sirna dikarenakan adanya konfirmasi pihak militer bahwa itu hanya sebuah weather baloon.


9. Rabu 9 Juli 1947
- Halaman rumah Brazel telah benar-benar bersih dari sisa-sisa pesawat. Sisa-sisa pesawat yang tersisa telah dikirim ke Los Alamos Via Kirtland AFB.

 

- Teman Brazel melihat dia di antar oleh pihak militer dari pangkalan udara ke kota. Mereka mengatakan bahwa Brazel terlihat shock dan stress. Brazel memberitahu ke salah satu temannya, Frank Joyce, bahwa dia harus mengganti ceritanya untuk melindungi keluarganya.
 

- Beberapa grup personil di Wright Field menyatakan telah melihat sisa-sisa pesawat yang aneh yang sedang dikeluarkan dari pesawat tidak resmi. Beberapa mengaku telah melihat jasad di Andrew AFB.
Marcel bertemu dengan Sheridan Cavitt, yang sekarang, mengaku tidak pernah pergi bersama Marcel ke lokasi sisa-sisa pesawat di Peternakan Brazel.



10. Kamis, 10 Juli 1947
- Sheriff Wilcox menelepon Ayah Glenn Dennis dan menginformasikan bahwa anaknya sedang bermasalah dengan pihak militer dan menyarankan dia untuk berbicara kepada Dennis agar tetap tutup mulut.


- Kemudian penjelasan tentang weather baloon muncul di koran setempat.


11. Jumat, 11 Juli 1947
- Glenn Dennis mencoba menghubungi perawat yang menurut kabar telah ikut membantu dalam autopsi dari jasad asing tersebut. Tetapi, saat dia menelepon pangkalan dimana terakhir perawat tersebut terlihat, tidak ada seorang pun yang tahu dimana perawat itu berada.


- Semua anggota militer yang terlibat dalam pembersihan dan pemeriksaan sisa-sisa pesawat tersebut di perintahkan untuk melupakan apa yang telah dilihat atau diketahui.

Polisi militer mulai mengunjungi rumah-rumah penduduk disekitar lokasi kejadian, mereka diperingatkan untuk tidak mengatakan apa pun atau mereka atau sanak famili mereka akan hilang.


12. Saturday, 12 Juli 1947
- Anak Mac Brazel, Bill, membantu mengurus peternakan sementara Mac Brazel masih ditahan oleh pihak militer.


13. Selasa, 15 Juli 1947
- Mac Brazel akhirnya dibebaskan. Dia mengatakan bahwa pihak militer terus - menerus menanyakan hal yang sama berulang kali. Brazel menyadari bahwa dia harus mengambil sumpah untuk tidak menyebarkan apa yang dia lihat.


14. November 1947
- Arthur Exon, seorang pilot yang ditugaskan di Wright Field, menyatakan bahwa dia terbang di atas lokasi kejadian, dan masih bisa melihat bekas-bekas kecelakaan yang ditimbulkan dari atas udara.



15. Desember 1947 - Dr. W. Curry Holden dan Dr. C. Bertrand Schultz menhadiri sebuah pertemuan di Albuquerque. Mereka mendiskusikan peristiwa yang terjadi di Roswell dan Holden berkata kepada Schultz bahwa dia telah melihat sebuah objek berbentuk pesawat dan jasad kru pesawat asing tersebut.

Insiden Roswell kemudian tenggelam untuk waktu 30 tahun sampai Jesse Marcel, mengizinkan beberapa peneliti mewawancari dia, termasuk Leonard Stringfield dan Stanton Friedman.

Dari kejadian ini digunakanlah istilah "UFO" pertama kalinya menggantikan penggunaan istilah "Piring Terbang" pada tahun 1952 oleh Kapten Edward J. Ruppelt. Ruppelt menceritakan pengalamannya dengan Proyek Buku Biru dalam catatannya, "The Report on Unidentified Flying Objects" (laporan mengenai objek terbang tak dikenal) (1956), juga merupakan buku pertama yang menggunakan istilah UFO.

Nah, itu pulalah yang menjadi alasan WUFUDO (World UFO Day Organization) mencetuskan tanggal 2 Juli, sebagai Hari UFO Sedunia atau World UFO Day. World UFO Day ini pertama kali diperingati pada tahun 2001. Jadi, sampai hari ini, baru 13 kali World UFO Day diperingati.

Ada beberapa tokoh yang 'menguatkan' kebenaran tentang Insiden Roswell ini, dimana hasil penyelidikannya mereka tuangkan dalam buku-buku yang mereka tulis, mereka adalah diantaranya :
Charles Berlitz
Beliau adalah seorang penulis yang terkenal dengan buku-bukunya mengenai UFO. Salah satu bukunya yang terkenal ialah “The Roswell Incident: The Classic Study of UFO Contact”, yang ia tulis bersama William L. Moore.

William L. Moore atau Bill Moore
Pada tahun 1979 Bill Moore, pernah melakukan investigasi kasus jatuhnya UFO di New Mexico pada bulan juli 1947. Hasil investigasi ia tuangkan dalam buku yang ia tulis bersama Charles Berlitz “The Roswell Incident: The Classic Study of UFO Contact”.

Dr. Kevin D. Randle
Dr. Kevin D. Randle ini adalah seorang Kapten Angkatan Udara Amerika Serikat. Ia juga penulis dan peneliti tentang fenomena UFO. Ia pernah melakukan penyelidikan insiden Roswell dan mewawancarai sejumlah saksi mata. Buku yang ia tulis berjudul “The Truth About the UFO Crash at Roswell”

Philip J. Corso
Mantan staf intelijen Angkatan Darat Amerika ini, dikenal sebagai penulis buku “The Day After Roswell”, sebuah buku tentang insiden UFO di Roswell.

Stanton T. Friedman
Beliau adalah seorang Fisikawan nuklir, dosen dan penulis yang juga mempelajari ufologi. Ia dikenal sebagai investigator pertama dari kalangan sipil yang menyelidiki kasus insiden Roswell, New Mexico, Amerika Serikat pada tahun 1947.

Ragu dengan kebenaran UFO yang jatuh di Roswell tersebut?. Percaya atau tidak, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Karena pastinya, setiap keputusan ada alasannya tersendiri.

Sebagai seorang yang tertarik dengan fenomena Alien dan UFO, seperti biasa, tidak banyak yang saya harapkan pada setiap peringatan World UFO Day. Saya hanya ingin mengajak, khususnya kepada orang-orang yang juga punya ketertarikan yang sama dengan saya terhadap fenomena Alien dan UFO, untuk terus berusaha menjadi pengamat dan penylidik UFO yang teliti dan cerdas.

Terakhir... saya cuma pengen bilang, kepada seluruh penggemar dan pengamat UFO di seluruh dunia, khususnya di Indonesia...

Selamat Hari UFO Sedunia, 2 juli 2013

Sumber : wikimedia.org
Terima kasih yaa sudah baca, jangan lupa gabung juga ya bersama kami di Facebook group : BETA-UFO Indonesia, UFONESIA On-Line, Indonesian UFO Hunters dan kunjungi Official Site World UFO Day di www.worldufoday.com.

Wassalamualaikum... Wr. Wb.



Referensi :

8 comments :

  1. Hari Ufo sedunia? Hm, brt mereka mmg yakin ada yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyuph... Hari UFO Sedunia atau World UFO Day...
      Dipastikan ada, hanya belum ada kesepakatan tentang tempat asalnya, masih misteri :)

      Delete
  2. baru tau saya kalo ada hari UFO sedunia setelah baca Blog ini. terima kasih boss sudah berbagi, ijin share ya boss. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih banyak sudah baca dan mampir disini, sukses selalu ya... :)

      Delete
  3. saya sih sejauh ini percaya kalau memang ada yang namanya UFO, karena memang Al-Quran menyinggung makhluk ini secara samar2 dan masih belum bisa dipastikan juga sih. But, i love UFO :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih komentarnya... saya juga tertarik dengan fenomena UFO dan Alien :)

      Delete
  4. Wah ada hari Ufo sedunia juga ya. Yakin Donk Mereka tentang UFo

    ReplyDelete