Oposisi Neptunus 27 Agustus 2013

Assalamualaikum.... Menjelang akhir bulan Agustus ini, atau lebih tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2013 ada satu lagi peristiwa astron...

Assalamualaikum....

Menjelang akhir bulan Agustus ini, atau lebih tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2013 ada satu lagi peristiwa astronomi yang akan terjadi.

Peristiwa astronomi apakah itu? yukk, ikuti penjelasan berikut yaa...

Sesuai dengan judul yang saya tulis diatas, pada tanggal 27 Agustus 2013 nanti akan terjadi Oposisi Neptunus. Sebelum membahas tentang apa itu Oposisi Neptunus, terlebih dahulu akan saya jelaskan mengenai pengertian dari Oposisi.

Dalam ilmu Astronomi, yang disebut dengan istilah Oposisi adalah ketika suatu Planet berada dalam satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Sudut Elongasi sebuah planet saat terjadi Oposisi adalah 180 derajat. Adapun yang dimaksud dengan sudut elongasi adalah sudut yang dibentuk oleh Matahari, Bumi, dan Planet.
Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan gambar berikut :

Konfigurasi saat terjadi peristiwa Oposisi
dimana Matahari - Bumi - Planet
berada pada satu garis lurus.
sumber gambar : www.nakedeyeplanets.com
Peristiwa seperti itu pulalah yang akan dialami oleh planet Neptunus.
Dengan kata lain, Planet Neptunus akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada hari Selasa, 27 Agustus 2013 sekitar pukul 08:00 WIB. Dengan jarak 28.9729 AU (atau kira-kira 4334.3 juta kilometer) dan saat itu Planet Neptunus akan berada di konstelasi Aquarius.

Saat berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi
pada tanggal 27 Agustus nanti,
Planet neptunus akan berada di konstelasi Aquarius.
(Potongan gambar dari aplikasi simulasi langit Stellarium)
Namun sayang, planet Neptunus yang termasuk kedalam kelas Superior planet ini saat oposisinya nanti tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

Itu karena jarak Neptunus jauh dari Matahari sehingga membuatnya terlihat redup jika diamati dari Bumi. Selain itu saat oposisi nanti, Neptunus hanya akan memiliki magnitudo +7,8 itu artinya hanya bisa dilihat dengan teleskop yang canggih. Dan walaupun mengamatinya dengan menggunakan teleskop, yang akan terlihat hanya sebuah titik kecil berwarna biru saja.

Planet Neptunus dan satelitnya, Triton.
Saat Oposisi 27 Agustus 2013,
Planet Neptunus akan terlihat sebagai titik kecil berwarna biru
Meskipun untuk mengamati planet Neptunus saat berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada tanggal 27 Agustus nanti tidaklah mudah, tapi semoga saja tulisan ini bisa menambah pengetahuan kamu.

Oh iya... saat terjadi peristiwa oposisi Neptunus yakni ketika Matahari - Bumi - Planet Saturnus berada pada satu garis lurus dipastikan tidak akan ada dampak negatif atau bencana yang terjadi.

Jadi, jangan percaya ya dengan isu-isu yang menyebutkan bahwa ketika Matahari - Bumi - Planet berada pada satu garis lurus akan menimbulkan bencana.

Wassalamualaikum... Wr, Wb.



Referensi :

You Might Also Like

14 Comments