Friday, February 15, 2013

Download Stellarium Versi 0.12.0

8 comments
Assalamualaikum...

Bagi para pencinta astronomi atau pengamat langit, mungkin sudah tidak asing lagi yaa ketika mendengar Stellarium.

Yuph... Stellarium.
Secara bahasa, Stellarium berasal dari dua kata, yaitu Stellar yang artinya bintang dan Ium yang menandakan suatu tempat.

Stellarium merupakan aplikasi open source yang menampilkan langit dan lengkap dengan benda-benda langitnya.

Atau lebih jelasnya, Stellarium adalah sebuah software yang dapat mensimulasikan bintang-bintang, planet, satelit, galaksi, nebula, cluster, dan objek-objek astronomi lainnya dilangit, baik itu siang maupun malam secara realtime atau seperti pada keadaan sesungguh-nya.

Stellarium ini juga memiliki fitur-fitur lainnya, seperti simulasi waktu. Pada fitur simulasi waktu ini, ketika kita sedang mengamati sebuah objek astronomi, kita dapat mengatur kapan waktu pengamatannya, bisa diatur ke waktu yang telah lalu atau bahkan ke waktu yang akan datang.
Fitur lainnya yaitu titik mata angin, rasi bintang, seni rasi bintang, garis khayal (yaitu garis equatorial dan garis azimuth) dan pembesaran terhadap objek astronomi sehingga kita bisa melihat lebih jelas bentuk objek yang sedang kita amati tersebut. Seperti yang terlihat pada beberapa gambar hasil screenshot berikut ini :

Rasi bintang
Seni rasi bintang
Garis khayal (Ekuator dan Azimuth)
Dengan menekan tombol "/" di keyboard pada objek langit terpilih, maka kita akan dapat melihat objek tersebut dalam tampilan lebih besar, seperti tampilan planet Venus berikut :


Maka tampilan hasil pembesaran planet Venus menjadi seperti pada gambar di bawah ini :


Selain itu.... melalui Stellarium, kita juga dapat mengetahui nama satelit yang sedang melintas di langit dengan syarat, pengaturan waktu pada komputer dan program Stellarium nya ini harus benar-benar tepat.

Wuihh... keren banget kan software yang satu ini?
Buat yang di komputer atau laptopnya belum dipasangin software Stellarium, pasti penasaran kan...? hehehhh.... buruan deh pasang Stellarium nya, apalagi sekarang sudah ada versi terbarunya lho, yang dirilis pada tanggal 31 Januari 2013 yang lalu.

Aplikasi Stellarium ini bisa diperoleh secara Gratis.  Dan gak usah khawatir, karena pengoperasiannya mudah kok. Kalau misal ada yang tidak dipahami, boleh kok tanya sama saya, Insya Allah saya bantu....
Langsung download aja di www.stellarium.org atau di www.stellarium.org/id.

Oh iya... buat kamu pengguna smartphone (android 2.2 keatas (Android GingerBread), Symbian 3 (N8, C7) dan Nokia N900), kamu juga bisa pasang aplikasi Stellarium mobile di smartphone kamu.Selengkapnya bisa kunjungi stellarium-mobile.org.
Namun, aplikasi Stellarium untuk hanphone ini berbayar, kamu diharuskan membayar sejumlah yang tertera pada Google Play. Tidak gratis seperti aplikasi Stellarium untuk komputer.

Nah... semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu. 
Dan selamat bersenang-senang dengan Stellarium, selamat menjelajah dan mengamati langit.

Wassalamualaikum.... Wr. Wb.

8 comments :

  1. Wah,, kyaknya kreen nih,, coba download ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku emang keren lho... silakkan do download :D

      Delete
  2. wih.. keren nih. boleh dicoba biar bisa tau nih..:D

    tak download dulu ya kawan.
    terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan...
      sama-sama, semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Replies
    1. silahkaaan.... :)
      dan rasakan penjelajahan seperti di luar angkasa, hehee

      Delete